Bahas bareng yuk tips meningkatkan viewers Instagram Live

Mau tau banget ga gimana cara meningkatkan viewers Instagram Live??

Hai, Bro, Sis! Kita udah yakin banget deh kalau kamu pasti sering banget liat pengguna Instagram melakukan Live. Kamu juga udah pasti ngerti kalau mendapatkan jumlah viewers terbanyak dalam masalah Instagram Live ini adalah hal yang sangat sulit dan bahkan impossible buat beberapa orang. Tapi, jangan berkata impossible dulu kalau belum coba cara meningkatkan viewers Instagram Live berikut ini ya!

Kita tanya lagi, Bro, Sis! Apakah kamu mau meningkatkan viewers Instagram Live kamu? Mau tau banget ya tips untuk video Instagram Live biar audience dan viewers kamu bisa banyak?

Untuk mengeksplorasi cara membuat dan menggunakan kembali video Instagram Live, kita kasih kamu hasil wawancara dengan Todd Bergin. Hasil ini kita peroleh dari sumber kredibel, yaitu Social Media Examiner.

Social Media Marketing Popcast memang dirancang untuk membantu marketer yang jadwal jobnya padat, pemilik bisnis, dan pembuat konten untuk menemukan hal yang cocok dan berhasil untuk diterapkan di media sosial marketing.

Dalam episode ini, acara ini mendatangkan narasumber bernama Todd Bergin, yang juga dikenal sebagai Todd.LIVE. Dia adalah seorang pakar video Live dan video Instagram. Kursus miliknya disebut Instagram Live Podcaster. Dia juga adalah pemilik Grammer School Podcast dan Live Entrepreneur Podcast.

Todd berbagi tips untuk meningkatkan viewers Instagram live dengan menggunkaan kualitas konten, video, audio, dan pencahayaan kamu.

Kamu juga pasti menemukan taktik untuk membangun viewers dan menentukan tujuan video Instagram Live.

Instagram Live

Kisah Todd

Todd memulai bisnis pertamanya dan mengembangkan selera untuk berwirausaha ketika dia baru berusia 13 tahun. Seseorang telah mencuri sepedanya, dan orang tuanya tidak mampu untuk membelikan yang baru. Untuk mendapatkan uang, Todd mulai dengan pekerjaan berat seperti memotong rumput, menyapu daun, dan pekerjaan perawatan kebun lainnya.

Setelah kuliah, Todd mencoba beberapa karier dan bisnis yang berbeda. Di South Carolina, ia memiliki marketplace baru dengan jumlah 14 karyawan. Tapi dia segera menyadari bahwa jenis bisnis itu bukan passion yang dia punya. Ketika ia di sekolah jurusan hukum sekitar tahun 1998, ia mulai menjual barang di eBay dan Amazon, dan mengikuti siklus berita untuk menentukan apa yang akan trend dan berhasil untuk dijual.

Pada tahun 2009, Todd telah berlatih hukum selama beberapa tahun dan memulai bisnis berbasis Internet pertamanya di luar eBay atau Amazon. Setelah tertarik dengan senjata api, dia membutuhkan onderdil bekas untuk pistol yang udah tidak berfungsi dengan baik dan mencari seseorang untuk membuat bagian yang rusak itu untuknya dan teman-temannya. Usaha itu berubah menjadi bisnis yang dia masih jalankan sendiri. Dan, kerennya dia berhasil mengirim barang-barang itu sekitar 2 kali per minggu.

Karena bisnis itu telah berjalan dengan baik, Todd dapat berhenti dalam masalah hukum dan mencoba hal-hal lain. Istrinya juga bisa berhenti dari karirnya yang cemerlang. Todd memulai beberapa bisnis online lainnya yang tidak berhasil. Akan tetapi, dia mendapatkan pengalaman belajar yang baik. Bahkan, sekitar tahun 2015, salah satu bisnis dari tersebut, sebuah perusahaan pelatihan bisnis, secara alami membimbingnya untuk live video dan mengajar orang tentang bagaimana cara melakukannya.

Dalam video Live yang dibuat Todd untuk memasarkan keterampilan bisnis kursusnya, dia menemukan bahwa dia bicara lebih banyak tentang bagaimana melakukan video live daripada bagaimana menjadi wiraswasta penuh waktu. Dia juga menyadari bahwa mengajari orang tentang cara mendirikan studio lebih mudah. kamu bisa membangun studio di akhir pekan, tetapi bisnis yang sukses bisa memakan waktu bertahun-tahun.

Usaha Todd dalam marketing

Beberapa perintis video live semakin menginspirasi Todd untuk beralih ke pelatihan video live. Ketika Todd sakit di tempat tidur karena flu, dia melihat Gary Vaynerchuk Do Super 8 (melakukan live di delapan platform sekaligus) selama 8 jam untuk hanya untuk melakukan promosi bukunya, Ask Gary V. Todd melihat keseluruhannya dan terinspirasi oleh bagaimana Gary menjangkau orang-orang di semua tempat, bersenang-senang, dan mengubah hidup dengan cepat.

Bahas bareng yuk tips meningkatkan viewers Instagram Live

Vincenzo Landino adalah sumber inspirasi lain. Awalnya, video siarannya menampilkan lower third video (teks di sepertiga bagian bawah layar). Dia juga menggunakan layar terpisah untuk membawa orang-orang di acaranya.

Todd belajar sendiri tentang cara mengatur studio yang memungkinkannya untuk live di berbagai platform dan menggunakan banyak komputer menggunakan Wirecast dan Switchboard Live. Dia juga mengambil kelas untuk mulai membangun keterampilan produksi audionya. Pada saat Instagram Live muncul, Todd menyadari kalau ternyata menggunakan video itu tidak bosen karena Instagram membuatnya sangat mudah untuk ditayangkan sebagai penyiar dan untuk viewers untuk menemukan kamu.

Sejak Todd mulai melakukan video live, ia menemukan bahwa orang menghabiskan lebih banyak waktu di Instagram daripada YouTube atau Facebook. Orang-orang memeriksa Instagram saat mereka masih antri di toko atau bahkan ke mana pun mereka pergi. Selain itu, Instagram telah melakukan keberhasilan yang brilian sehingga bisa memudahkan semua orang yang terlibat untuk membuat dan menemukan video di platform ini. faktanya, kamu hanya perlu menekan tombol untuk melakukan broadcast live Instagram.

Keterbatasan Instagram Live

Bagian dari apa yang membuat Instagram Live mudah digunakan adalah keterbatasannya. Broadcast tanpa embel-embel membuat Instagram Live menjadi platform favorit untuk kebanyakan pengguna Instagram. Di banyak platform video live lainnya, kamu bisa menambahkan grafik dan membagikan screen kamu. Instagram Live kini juga punya fitur yang memungkinkan kamu buat melakukan hal-hal tersebut. Juga, untuk live di Instagram, kamu harus menggunakan ponsel atau tablet kamu.

Untuk menunjukkan sesuatu yang ada di luarnya, kamu harus mencari cara penyelesaiannya. Untuk membantu visualisasi keadaan ini, Todd pernah menunjukkan screen untuk tutorial dengan menempatkan dua iPad menghadap satu sama lain. Satu menunjukkan bagaimana caranya, dan yang lainnya broadcast video live.

Video Instagram Live juga terbatas hingga satu jam. Pada tanda 2 menit, hitungan mundur muncul di bagian atas screen kamu dan kemudian ada penutupan yang sulit. Namun, Instagram telah membuat perubahan yang buat menonton video live menjadi lebih mudah. Pada awalnya, kamu hanya bisa melihat video broadcast live. Sekarang, video bisa langsung muncul dalam story kamu selama 24 jam.

Terkadang, kamu juga bisa menyimpan video langsung ke highlight Instagram kamu. Tapi, fitur penyimpanan tidak selalu berfungsi. Ketika Todd ditayangkan sebagai penyiar solo selama 15-20 menit, dia melihat opsi untuk menyimpan video. Tapi, saat dia membawa tamu ke video live miliknya, dia tidak pernah memiliki opsi untuk menyimpan. Dan ketika Todd telah menyimpan video, kualitasnya tidak bisa diragukan lagi bagusnya.

Kelebihan Instagram Live

Instagram Live adalah tempat yang luar biasa untuk membuat koneksi yang kuat. Tidak seperti di platform lainnya, di platform Instagram, video live sesuai dengan waktu yang sesungguhnya. Saat viewers kamu ada yang comment, kamu bisa langsung segera memberikan respons. Juga, tidak seperti foto dalam feed Instagram dan story, Instagram Live memungkinkan orang untuk mendengar kamu bicara dan melihat ekspresi wajah kamu sehingga mereka dapat mengenal kamu lebih jauh.

Instagram Live menawarkan cara yang bagus untuk meningkatkan viewers Instagram dan menjadi followers prospek yang berharga. Hal ini tak lain adalah karena Instagram memiliki tingkat partisipasi yang fantastis, dan pengguna cenderung melakukan percakapan dan menghabiskan waktu mereka di platform keren ini. Selain itu, saat kamu melakukan live, followers kamu akan menerima pemberitahuan atau notifikasi (jika mereka memiliki pemberitahuan yang diaktifkan), dan avatar kamu muncul di bagian atas screen seluler mereka.

Jika kamu memang menjadi host tamu (atau tamu) selama video live, kamu juga bisa memperluas jangkauan kamu lebih jauh karena baik host dan followers akan menerima pemberitahuan atau notifikasi. Dengan cara ini, sekelompok orang yang mungkin ga tau siapa kamu bisa bertemu dengan kamu dan belajar dari kamu juga. Sehingga mereka bisa menjadikan Instagram Live tempat yang bagus untuk mendapatkan koneksi.

Tips Membuat Video Instagram Live

Untuk memulai Instagram Live video ini, Todd memberikan rekomendasi untuk sering Live dan konsisten. Pilih topik yang menurut kamu akan menarik banyak orang dan terhubung dengan mereka secara rutin. Di luar itu, Todd merekomendasikan menggunakan tripod, memastikan audio kamu jelas, dan menemukan tempat dengan pencahayaan yang baik.

Bahas bareng yuk tips meningkatkan viewers Instagram Live

Tripod:

Menstabilkan ponsel kamu dengan tripod sangat penting untuk kesuksesan video live kamu. Untuk video live stasioner, kamu bisa mengatur tripod di atas meja. Tripod mini mudah untuk dimasukkan ke dalam ransel atau kursi depan mobil kamu kalau kamu butuh. Sebagai contoh, Cowboy Studio membuat mini tripod kecil yang bagus.

Ketika Todd berjalan, dia meletakkan ponselnya di klem dan memegangnya agak jauh dari wajahnya sehingga viewers bisa melihat backgroundnya. Tripod dari Arkon Mounts adalah favorit Todd karena dilengkapi dengan penjepit pegas yang menahan smartphone kamu di tempatnya. Penjepit bisa berputar sehingga kamu bisa menggunakannya untuk video landscape dan vertical. (Instagram Live biasanya terformat dengan vertikal.)

Ketika kamu mengatur smartphone kamu pada tripod, kamu harus cukup dekat untuk bisa baca comment. Jika lokasi kamu punya detail yang menarik, kamu bisa memberikan arahan pada kamera untuk menangkap beberapa detail itu.

Jika kamu mengundang tamu ke video live kamu, kamu harus tau bahwa frame kamu akan berubah. Dan kamu harus sering menyesuaikan smartphone kamu sehingga kamu bisa muncul dalam frame ini. Tripod meja kecil membuat pengaturan ini mudah. Jika smartphone kamu bersandar pada kaleng sup atau bahan lainnya, maka kamu akan kesulitan untuk menyesukan sudutnya.

Audio:

Meningkatkan audio kamu bisa membantu video live kamu menjadi menonjol. Kadang-kadang mic onboard di smartphone juga udah oke ko. Untuk memberikan ilustrasi tentang ini, ketika Todd ada di depan rumahnya dan tidak ada lalu lintas, mic onboard terdengar bagus. Tapi, kalau dia di depan umum, dia banyak banget menggunakan headset Apple-nya atau mic lavalier untuk meningkatkan kejelasan audio.

Ketika Todd menggunakan peralatan audio di studio podcasting untuk video Instagram Live-nya, dia menerima banyak pujian di audio. Jadi kualitas audio adalah sesuatu yang sangat penting. Popcasting milik Todd ini bener-bener profesional yang dihubungkan langsung dengan mic sehingga audio dan kualitas yang diberikan menjadi sangat keren dan tidak mengecewakan.

Pencahayaan:

Pencahayaan yang baik adalah kunci pada setiap video live, termasuk Instagram. Cahaya yang kamu butuhkan dalam siang hari sudah cukup. Di dalam ruangan, kamu bisa aja menggunakan area dekat jendela kalau itu ga buat kamu silau. Untuk memeriksa pencahayaan kamu, lihat preview sendiri sebelum kamu bener-bener melanjutkan video live Instagram ini. Jika pencahayaan terlihat terlalu gelap, pergilah ke tempat lain yang menyediakan jumlah cahaya yang lebih intens. Pencahayaan hanya sesederhana itu.

Cara menambah viewers Instagram Live video

Todd membagikan beberapa cara untuk meningkatkan viewers Instagram live. Sebagai host dari dua podcast harian, Todd udah menggunakan Instagram Live untuk merekam wawancara untuk podcastnya. Untuk melakukan ini, Todd merekam wawancara secara eksternal dengan perekam suara digital. Untuk mendapatkan efek yang luar biasa pada audio saat menjalankan aksinya, Todd harus mencari tau dulu tools yang tepat dan cara mengatur koneksi dengan cara yang benar.

Kamu juga bisa banget untuk memberikan audio dengan pengaturan dasar. Misalnya, kamu bisa menyalin file audio dari rekaman layar dari video Instagram Live. Untuk record atau merekam screen di iPhone atau iPad, gunakan fitur perekaman layar bawaan. Aplikasi record screen untuk Android juga udah tersedia. (karena adanya upgrade security di Android, kita masih belum tau betul apakah fitur mic ini masih berfungsi atau ga ya, Bro, Sis.)

Untuk bisa menangkap rekaman screeb yang bagus setelah video live, pertama-tama letakkan buatlah smartphone kamu dalam keadaan silent. Lalu mulai merekam screen di tools dan gadget kamu. Selanjutnya, mainkan video live yang udah kamu rencanakan. Kamu punya waktu 24 jam sebelum video live ini hilang. Kalau udah selesai, kamu bisa menggunakan aplikasi untuk copy file audio dari rekaman screen kamu itu.

Trik video Instagram Live

Jika kamu bisa menyimpan video Instagram Live ke smartphone kamu ini, kayak yang dibahas sebelumnya, kamu bisa menggunakan kembali video itu dalam beberapa cara berbeda. Pertama, bisa upload kembali video ke channel Instagram TV (IGTV).

Untuk menggunakan kembali video yang kamu simpan untuk YouTube, kamu bisa mengubah format dan size video vertikal dan menambahkan latar belakang. Kalau kamu hobby banget menggunakan aplikasi Adobe Premiere, crop dan edit video dengan pengguna atau followers yang kamu undang, sehingga satu orang muncul di sebelah kiri, dan yang lainnya di sebelah kanan.

Kalau kamu mengubah video yang disimpan menjadi video persegi, kamu bisa upload poosting di platform media sosial apa pun. Untuk mengubah video vertikal menjadi video persegi, Todd menyukai aplikasi seluler Squaready for Video. Dengan editor video terpisah, kamu bisa membuat klip 1 menit dari video live yang kamu buat, gunakan Squaready untuk membuat klip persegi, lalu bagikan klip di feed Instagram kamy ya, Bro, Sis!

Baca: Temukan Rahasia IG TV untuk Bisnis Online kamu Tersukses 2018

Cara Berbeda untuk Melakukan Talking Head Live Videos

Untuk membantu orang memulai dengan video yang udah kita bahas tadi, Todd share beberapa ide dan contoh. Chris Strub, salah satu pembuat konten favorit Todd, melakukan banyak video live. Todd menyadari bahwa video walk-and-talk membuat beberapa viewers sangat terlibat. Hasil dari banyaknya engagement inilah yang membuat video berlangsung hingga satu jam.

Untuk melakukan video walk-and-talk, kamu bisa berada di mana saja dan berbicara tentang pengalaman. Misalnya, Chris melakukan sebuah video Instagram live ketika ia mengalami hari yang buruk dan kemudian memiliki masalah dengan bannya. Saat itu juga, orang-orang yang di dealer ban langsung membantu dan memperbaiki bannya. Videonya terjadi di tempat parkir dealer, dan dia berbicara tentang bagaimana para karyawan membuatnya merasakan terharu yang luar biasa. Pada akhirnya, dia menangis.

Video itu sedang bergerak dan merupakan salah satu videonya yang paling sukses. Video ini akhirnya menjadi bahan diskusi Todd dan Chris pada salah satu podcast milik Todd.

Bagi orang-orang yang tidak yakin apa yang harus didiskusikan pada video langsung, Todd menekankan bahwa menjual bulu. Orang suka mendengar kegiatan rutin sehari-hari, selain comment dan diskusi tentang misi dan minat kmau. Kalau kamu tengah berada di restoran yang hanya menyajikan Pepsi dan kamu padalah mau Coke, kamu bisa aja mendapatkan apa yang kamu mau dari percakapan yang kamu lakukan dengan teman kamu di restoran ini.

Di Social Media Marketing World tahun lalu, Todd menghabiskan banyak waktu di tabel video live dan orang-orang terus mengatakan mereka tidak tahu apa pesan yang seharusnya mereka sampaikan. Ketika seorang peserta bertanya-tanya tentang topik, dia tau kalau dia belum pernah berkunjung ke San Diego atau konferensi sebelumnya. Jadi dia menyarankan orang itu untuk berbicara tentang San Diego, pembicara yang dia dengar di konferensi, dan bahkan pikirannya tentang makan siang.

Todd menekankan bahwa video live Instagram kamu ga perlu menjadi proyek penelitian yang direncanakan. Kamu hanya butuh menekan tombol dan mulai berbicara dengan teman-teman Anda. Setelah kamu menggunakannya beberapa kali, maka kamu akan mulai memahami itu.

Penemuan Minggu Ini

Dengan Crop Video, Anda bisa upload video landscape ke editor video yang berbasis browser, cropping dengan sempurna untuk video vertikal atau persegi, dan export video yang udah kamu crop.

Untuk hasil copping yang bener-bener keren, Crop Video bisa menjadi penghemat waktu yang sangat besar ketika kamu perlu membuat video vertikal untuk IGTV. Setelah kamu upload video, Crop Video menggunakan kemampuan pengenalan wajah dan objeknya untuk secara otomatis membagi video menjadi bidikan. Kemudian kamu bisa menyesuaikan bidikan pemotretan dengan pemotretan sehingga video vertikal atau persegi kamu bisa kelihatan paling keren sebelum kamu mau mengekspornya.

Crop Video juga merupakan tools yang bagus untuk membuat video untuk Instagram Stories, yang dibatasi hingga 15 detik. Dari pada kamu eksport seluruh video sebagai satu video yang panjang, kamu bisa mengatur titik-titik masuk dan keluar sehingga kamu bsia mengekspor klip setiap 15 detik dari video yang dipotong. Dengan cara ini, kamu bisa menghindari masalah Instagram story dengan memotong video yang kurang dari 15 detik.

Kita saranin buat mencoba Crop Video secara gratis, tetapi versi gratis membatasi kamu untuk satu bidikan tanpa watermark dan membatasi ukuran, panjang, dan kualitas ekspor. Di tingkat berikutnya, kamu musti membayar sekitar $ 9 dan mendapatkan akses ke tools tersebut selama 24 jam tanpa batasan apa pun yang ditempatkan pada versi gratis. Jadi kamu bisa banget melakukan banyak pekerjaan dalam jangka waktu 24 jam. Akses penuh ke tools kapan saja hanya membutuhkan biaya sekitar $ 50 per bulan.

Kesimpulan

Dalam membuat viewers Instagram live ini bisa sangat bersemangat dan menantikan apa yang kamu mau, kamu harus bisa menemukan strategi yang paling tepat. Ada beberapa strategi yang sudah kita bahas langsung dengan narasumber Tood.

Jadi, kamu harus bisa memberikan kualitas video live ini agra viewers Instagram live kamu bisa makin percaya kalau kamu menyajikan konten terbaik yang mereka mau.

Nah, mungkin segini aja ya bahasan kita tentang cara meningkatkan viewers Instagram live ini. Semoga bisa menjadi referensi. Kalau kamu ada ide lain, coba kasih kita comment di bawah ini ya, Bro, Sis!

Oh iya, buat kamu yang masih bingung untuk cari referensi tentang Instagram, kamu bisa langsung ke halaman utama blog di website kita. Ada banyak banget referensi yang bisa kamu temukan tentang fitur, update terbaru, hingga trik dan tips bisnis!

Caranya? Kamu cukup klik link ini ya, Bro, Sis! Okee deh, bye!