7 Update Instagram: Fitur & Safer Internet Day 2020

Update Instagram: Safer Internet Day 2020
Update Instagram: Safer Internet Day 2020

Setuju nggak sih kalau kita bilang internet dan update Instagram itu merugikan?

Kalau setuju, apa alasannya? Kalau nggak setuju, kenapa kok bisa kayak gitu?

Perlu kamu tau, hampir atau bahkan semua instansi pemilik social media selalu mengadakan update terbaru buat memperbaiki sistem yang ada. Termasuk Instagram.

Bahkan di Hari Safer Internet Internasional kemarin, Instagram mengaku kalau ada beberapa usaha yang mereka lakukan buat menjamin kesehatan penggunaan social media.

Kira-kira, apa yang dilakukan Instagram buat bikin platform social medianya jadi nongkrong anak muda yang positif?

Yuk check selengkapnya biar nggak bingung dengan tampilan dan update terbaru ini.

Tentunya, ada tampilan dan fitur Instagram yang sengaja dirilis dalam usaha untuk meningkatkan kenyamanan kamu sebagai user Instagram.

Update Instagram selalu berubah-ubah!

So, jangan sampai update ini mengubah segala strategi yang udah kamu pakai selama ini.

Pantau terus perkembangan Instagram dan social media di Blog Followersindo!

Mumpung akses gratis masih kita buka!

Saya Mau

Update Instagram: Safer Internet Day 2020

Instagram sendiri mengaku kalau bakal meningkatkan komunitas yang lebih aman dan mendukung untuk semua user Instagram. Untuk mewujudkannya, ada beberapa update yang dirilis sebagai bentuk realisasi dari cita-cita ini.

Mencegah Cyber Bullying dan Kekerasan

Udah ada banyak banget kasusu bullying online yang dilakukan dan dialami oleh user Instagram di usia muda. Kita pikir sih kamu juga tau kasus ini ya?

Jadi, Instagram beberapa waktu lalu merilis fitur dengan nama Restrict. Fitur ini nggak sama dengan Block, tapi bisa dikatakan semi block.

Update Instagram: Safer Internet Day 2020
Update Instagram: Safer Internet Day 2020

Cara kerjanya simple banget. Kalau ada user yang kamu Restrict, apapun notifikasi dari akun itu nggak bakal sampai ke kamu. Meski begitu, mereka masih bisa comment dan berinteraksi dengan akun Instagram kamu.

Tapi, comment mereka nggak bakal bisa dilihat orang umum. Cukup kamu dan dia aja yang bisa melihatnya.

Terus, kalau mereka DM ke kamu, otomatis pesan itu bakal masuk dengan label Requested Message. Kerennya lagi, kamu nggak usah takut mau bukan DM itu karena mereka nggak bakal bisa melihat apakah pesan itu udah kamu lihat atau belum.

Bahkan, Instagram juga udah menanamkan AI khusus buat mendeteksi tone dari comment yang dikirim oleh user. Kalau comment itu mengadung unsur kebencian dan hoax, dan pasti bakal langsung auto notif kalau comment itu sama dengan comment yang dilaporkan sebagai bullying.

Mereka punya kesempatan buat edit caption atau comment itu. Jadi, mereka bisa berpikir dua kali biar nggak pakai kata-kata kasar yang merusakan privacy dan ketentuan Instagram.

Konten Tak Pantas

Gimana sikap kamu kalai melihat ada konten yang nggak pantas ada di Instagram?

Tentu cara yang paling ideal dan terbaik adalah melaporkan ke Instagram.

Bener nggak?

Untungnya, sekarang pelaporan ini udah dipermudah. Bahkan, Instagram juga mengumumkan kalau team developer mereka bekerja 24 jam non-stop untuk melakukan review dengan cepat kalau ada kasus tentang pelanggaran kebijakan Instagram.

Update Instagram: Safer Internet Day 2020
Update Instagram: Safer Internet Day 2020

Nah, kalau kamu merasa ada yang nggak pas tentang suatu konten atau bullying, langsung aja lapor di Help Center ya.

Instagram bakal langsung menghapus konten yang kurang pas. Nggak cuman gara-gara ada banyak laporan tentang konten itu, tapi juga gara-gara konten dan melindungi kebijakan official Instagram.

Sistem Keamanan Ganda

Perlu kamu tau, keamanan dalam media sosial itu penting banget. Kalau sampai nggak dijaga, semua data yang kamu punya bakal disalahgunakan.

Salaha satunya, Instagram udah menerapkan AI Strong Password Analyzer dan Two-Factor Authentification. Saran kita sih, gunakan fitur ini semaksimal mungkin ya.

Update Instagram: Safer Internet Day 2020
Update Instagram: Safer Internet Day 2020

Nggak sampai disitu aja, kamu juga dipermudah buat login akun kamu kalau dihack. Jadi, kamu bisa langsung claim akun kamu nggak pakai ribet.

Kalau kamu masih kesulitan buat login gara-gara password udah diganti sama hacker, klik aja tombol ‘Need More Help’ di bagian bawah screen. Instagram bakal otomatis membantu kamu login ke akun kamu itu.

Pertama, Instagram bakal kirim kode aktivasi ke nomor HP atau email sesuai dengan info yang kamu isi di bio profile.

Setelah itu, kamu bakal diminta Instagram untuk update email dan nomor telefon yang kamu pasang di Instagram.

Kalau ini berhasil kamu lakukan, semua device yang login ke Instagram kamu bakal dihapus, kecuali device milikmu yang asli.

Dengan begini, kamu bisa mengembalikan akun yang kena hack meski beberapa informasi yang ada udah diganti oleh hacker. Bahkan, Instagram juga menjamin kalau akun kamu dihack, maka username kamu itu nggak bakal bisa diclaim oleh orang lain.

Terakhir, Instagram juga kasih tindakan keras tentang aksi phishing yang dilakukan via email. Fitur ini bisa Anda lihat di Menu Email from Instagram.

Jadi, fitur ini bakal memperjelas dan kasih tau kamu mana email yang asli dari Instagram dan mana yang palsu atau phising.

Transparan dalam Report / Pelaporan

Apa kamu pernah mengalami kalau melaporkan sesuatu ke Instagram itu ribet banget dan nggak praktis?

Kita sih pernah merasakannya. Tapi untungnya, sekarang Instagram udah melakukan inovasi penting biar proses pelaporan ini makin lancar.

Update Instagram: Safer Internet Day 2020
Update Instagram: Safer Internet Day 2020

Salah satu caranya adalah dirilisnya fitur Support Request. Fitur ini mencatat semua history atau riwayat request yang pernah kamu ajukan. Plus, kamu juga bisa melihat statusnya loh!

Selain itu, kamu juga bisa klik pilihan ‘More Option’ buat memilih aksi yang direkomendasikan. Contohnya kayak mute, unfollow, restrict, bahkan block akun yang jadi biang keroknya.

Kalau seandainya kamu nggak setuju sama apa yang dilakukan Instagram, kamu bisa langsung klik ‘Request a Review’. Jadi, Instagram bakal melakukan review ulang dan melalukan tindakan yang kamu mau.

Ada banyak banget user Instagram yang nggak tau kebijakan dan update terbaru ini.

So, yuk bantu share konten ini biar kamu dan teman-teman bisa jadi user Instagram yang cerdas dan selalu terdepan dalam urusan update Instagram.

Selain itu, jadikan postingan kamu sebagai top post sehingga info penting yang kamu share di Instagram ini bisa dilihat dan dibaca oleh semua user!

Lihat yuk trik menambah likes Instagram cuman dengan sekali klik aja!

Rahasianya ada di tombol di bawah ini ...

Saya Mau

Melindungi Privacy

Apapun yang kamu share di Instagram adalah hak kamu sepenuhnya. Kamu bisa pilih jadi akun private yang mana cuman bisa berinteraksi dengan mereka yang follow kamu dan kamu follow aja.

Kamu juga bisa membatasi siapa aja yang bisa komen di posting kamu. Atau bahkan, me-non-aktifkan Show Activity Status yang artinya nggak bakal ada yang bisa melihat status online kamu.

Update Instagram: Safer Internet Day 2020
Update Instagram: Safer Internet Day 2020

Untuk melakukan itu semua, cukup masuk ke menu Setting > Privacy.

Kalau ada konten foto atau video yang nggak mau kamu lihat lagi, cukup klik tombol Delete atau Archive aja, beress!

Selain itu, kamu juga bisa memilih siapa aja yang bisa melihat story kamu. Tinggal klik aja icon 3 titik yang ada di pojok kanan atas story dan pilih Story Setting. Terus, pilih siapa aja yang ingin kamu sembunyikan.

Bahkan, kamu juga bisa sharing dengan beberapa orang tanpa harus pilih satu per satu. Pakai aja fitur Close Friends dan share konten Instagram story kamu dengan mereka.

Kerennya lagi, kamu bisa bikin limit ke siapa yang boleh dan nggak kamu bolehkan kirim DM. Jadi, cuman orang yang kamu follow aja yang bisa kirim DM dan masukkan kamu ke thread Group chatting.

Akun Blokir (Disabled)

Pernah nggak mengalami kejadian satu ini? Atay akun kamu tiba-tiba diblok waktu mau login?

Yaps, emang dulunya sih notifikasi blokir ini cuman bisa diakses di Help Center. Tapi sekarang beda banget.

Instagram langsung menyajikan di halaman waktu kamu mau login ke akun yang udah di disabled atau diblokir.

Update Instagram: Safer Internet Day 2020
Update Instagram: Safer Internet Day 2020

Nah, kalau kamu merasa nggak melakukan pelanggaran tapi akun dihapus, tenang aja. Kamu bisa klik tombol Tell us we’re wrong.

Setelah itu, kamu harus mengisi nama lengkap, email, dan alasan kenapa tindakan Instagram itu salah. Terakhir, pencet aja tombol ‘Request a Review’ maka pihak Instagram bakal langsung melakukan review ulang.

Kalau emang nggak terbukti bersalah, akun kamu bakal bisa kembali atau di-restore.

AI Content Detector

Masih ingat tentang Virus Corona yang viral di Facebook? Karena potensi yang berbahaya yang disebabkan oleh hoax itu, Instagram udah mengambil tindakan keras.

Instagram mengaku kalau udah bekerjasama dengan aplikasi pihak ketiga independent untuk melakukan checking, review, dan labeling tiap konten yang tersebar di Instagram.

Update Instagram: Safer Internet Day 2020
Update Instagram: Safer Internet Day 2020

Kalau konten itu mengandung unsur hoax, otomatis bakal ada label di konten itu. Terus, terserah kamu dan nitizen nih. Mau percaya konten itu, menyebarkannya, membacanya, atau apalah.

Fitur ini juga udah diaplikasikan cross app, yaitu konten dari Instagram ke Facebook atau sebaliknya.

Kalau label ini udah dipasang, maka semua orang di seluruh dunia bakal bisa melihat di semua channel Instagram, termasuk Feed, Story dan DM.

Bahkan, kamu juga bisa melakukan laporan manual kalau melihat konten yang kamu rasa nggak sesuai kenyataan atau hoax. Caranya sama persis kayak melaporkan konten biasa.

Cukup pilih konten yang mau dilaporkan > klik 3 titik di pojok kanan atas konten itu. Pilih It’s inappropriate > False Information.

Laporan ini justru bakal bantu Instagram untuk mengidentifikasi konten-konten yang sama dan menindaklanjutinya.

Bahkan nggak tanggung-tanggung lagi, Instagram juga udah bekerjasama dengan Poynter Institute untuk merilis program media literasi baru. Program ini dikenal dengan nama MVP atau MediaWise Voter Project.

Project ini bakal diadakan di kampus-kampus di Amerika dengan tujuan untuk mengajarkan para pemuda biar makin up-to-date tentang segala info seputar media yang mereka gunakan sehari-hari.

Fitur Instagram udah keren banget. Sekarang saatnya kamu maksimalkan buat jadi populer.

Cuman dengan konten yang bagus dan interaksi atau engagement Instagram yang banyak, kamu bisa jadi selebgram cuman dengan sekali tekan aja.

Yaps, Followersindo bakal bantu kamu buat populer dan sebarkan konten bermanfaat di Instagram sehingga banyak nitizen yang teredukasi dan jadi up-to-date tentang dunia social media.

Klik tombol ini ya untuk menambah followers, likes, dan views Instagram hanya dengan sekali tekan aja.

Saya Mau

Kesimpulan

Instagram, Facebook, dan hampir semua social media udah mengerahkan semua kemampuan terbaik untuk suksesnya generasi kita.

Bahkan cuman dengan social media, semua hal yang kayaknya nggak mungkin kamu lakukan dulu kini jadi possible dan nggak ribet.

Contoh kayak bisnis online, endorse dan lain-lain bisa kamu lakukan dengan tanpa modal. Artinya, cuman mereka yang mengerti dan mampu paham cara main Instagram aja yang bisa sukses.

So, stay up-to-date tentang info terbaru seputar dunia social media dan marketing ya biar makin sukses.