Lengkap Update! Perubahan Algoritma Instagram 2018

perubahan algoritma instagram - Followersindo.com

Simak Perubahan Algoritma Instagram 2018 !

Hai, Bro, Sis! Apakah kamu tau, Instagram udah sangat berubah. Perubahan ini bisa dikeyahui dari banyak hal. Salah satu yang paling dasar adalah secara teknik. Yaitu perubahan algoritma. Kira-kira bagaiman kah algorima ini berubah?? Simak baik-baik Perubahan Algoritma Instagram 2018 ini!

Apa itu Algoritma?

Algoritma sering kita dengar. Apalagi sewaktu masih SMA. Istilah ini adalah istialh dalam matematika yang sangat dibenci kebanyakan siswa. Mungkin kamu diantaranya! Haha..

Secara umum, algorima bisa diartikan sebagai suatu alat pemecahan masalah tertentu. Begitupun di dunia komputer dan aplikasi. Algoritma adalah formulasi yang digunakan untuk mengatasi dan mengatur suatu sistem.

Dalam hal ini, algoritma merupakan logika khusus yang sangat teknis. Aspek utama dalam algoritma sendiri adalah Start, Input (code), Output (hasil), dan Goal (tujuan/pemecahan masalah). Jadi, jika suatu hal masuk dalam algoritma, jika input tidak sesuai, maka hasil juga tidak akan maksimal.

Semua aspek dalam komputer menggunakan algoritma. Temasuk juga produk dari komputer itu sendiri. Seperti software dan aplikasi.

Instagram, sebagai salah satu media sosial juga sudah barang tentu menggunakan algoritma. Perlu diinget secara seksama, penggunaan algoritma 1 aplikasi dengan aplikasi lainnya sangat berbeda. Walaupun mereka sama-sama aplikasi atau sama-sama software.

Contoh saja Snapchat dan Instagram. Walau mereka itu identik sekali, tapi algoritma mereka sangatlah berbeda. Tapi, kita tidak akan lebih jauh membahas perbedaan ini. Karena fokus utama kita kali ini adalah Perubahan Algoritma Instagram 2018 saja!

Perubahan Algoritma Instagram 2018

Seperti yang dijelakan di atas, perubahan dalam Instagram mencakup banyak hal. Salah satu yang paling dasar adalah algoritma.

Lengkap Update! Perubahan Algoritma Instagram 2018
Algoritma Instagram

Algoritma sendiri juga mencakup banyak sector. Beberapa sector penting yang diubah oleh pihak Instagram adalah sebagai berikut.

Instagram Sukai Post dan Engagement yang Banyak

Engagement. Istilah ini selalu muncul setiap behasan yang kita bahas. Sekalian itu istilah yang benar-benar baru untuk kamu!

Engagement disini buka berarti pertunangan. Tapi, engagement adalah jumlah interaksi yang terjadi pada suatu akun.

Dalam hal ini, banyak hal yang menjadi tolak untuk. Yaitu jumlah likes, comment, DM, viewers, saves, dll. 1 hal paling mudah diingat, engagement adalah Ineteraksi suatu akun dengan akun lainnya.

Udah ngerti?

Mengapa banyak sekali sector yang diperjelas dalam masalah ini? Like, comment, DM, dll??

Yaap. Kita ga akan menjawabnya! Kita gunakan logika bareng saja ya!

Jika kamu post suatu foto atau video yang berkonten, apakah jumlah viewer, like, comment itu penting? Jika banyak like, comment, apakah artinya?

Yap. Bener banget!

Itu mengindikasikan bahwa apa yang kamu post, konten yang ada di post, adalah konten yang berkualitas! Semakin bagus kualitas post dan konten kamu, semkain banyak orang yang mau melihat konten itu.

Benar??

Suatu sumber menyatakan, foto dan apapun yang kamu upload di Insta Story akan menjadi landasan dan dasar untuk menjadikan konten yang berkualitas. Konten yang demikian ini telah menunjukkan hubungan kamu dengan masing-masing viewer.

Lebih jauh lagi, pihak Instagram juga mengatakan bahwa prioritas utama mereka dalam membangun Instagram ini adalah meningkatnya pengalaman antar pengguna.

Bagaimanakah meningkatkan engagement ini??

Yap! Tentunya sangat banyak cara yang bisa dilakukan guna meningkatkan jumlah dan presentase engagement ini. Berikut adalah ulasan secara lengkap.

Perubahan Algoritma Instagram 2018 # Optimasi Keseluruhan Profile

Yes! Bro, Sis! Sangat banyak cara yang bisa kamu gunakan untk meningkatkan jumlah atau kantitas engagement ini. Pertama ini, kita akan kasih tahu tentang Perubahan Algoritma Instagram 2018 yang menganjurkan pemaksimalan profile suatu akun.

Akun profile akan banyak meliputi hal dan aspek. Beberapa diantaranya bisa kamu gunakan untuk menambah jumlah engagement. Berikut adalah penjelasan lengkapnya!

1. Jenis Konten (Niche)

Haha. Lagi-lagi konten kan, Bro, Sis! Kenapa?? Karena konten adalah nyawa dari akun Instagram.

Jadi sebelum membuka binsis online Instagram, perlu dicatat bahwa lebih baik kamu menentukan niche atau konsentrasi. Tujuannya, agar setiap post atau feed yangkamu berikan ke viewer dan follower itu sepsifik mengenai suatu bidang.

Sebenarnya, system ini digunakan oleh Google untuk website. Tapi, dengan fakta yang sangat unik mengenai Instagram ini, system ini diadopsi Instagram. Bahkan Instagram menjadikannya sebagai salah satu focus algoritma.

Untuk sekedar bukti saja, jika kamu penah mengikuti atau follow suatu akun tentang niche atau akun spesifik, Instagram akan menampilkan result yang lebih lengkap jika kamu mencari di explore.

Contoh saja, kamu adalah follower akun dengan niche Real Madrid. Mungkin kalau kamu explore, konten lain yang menarik juga akan muncul. Entah itu tentang transfer terbaru, keputusan manager, dll. Padahal yang kamu cari adalah hasil pertandingan terakhir Real Madrid.

Gambar dibawah ini adalah contoh niche tentang Real Madrid di akun Instagram.

Perubahan Algoritma Instagram 2018
Real Madrid Instagram Indonesia

2. Post

Sekali lagi, post sangat berperan vital dalam menentukank elangsungan bisnis online. Jika diibaratkan, konten adalah jantung dan nyawa, post adalah kerangka tubuh. Wujud fisik dari suatu konten akan terlihat sempurna di post yang berkualitas!

Wah alayy bahasanya!

Lho bukan begitu Bro, Sis! Memang kenyataannya seperti itu. Logika sederhana saja. Kamu adalah bisnis online dengan fokus ke penjualan jersey. Bagaimana orang tahu produk terbaru kamu? Bagaimana orang tahu hal spresifik yang kamu jual dan berbeda dari penjual lainnya??

Semua itu akan berhasil jika ada post. Keterangan di Bio Profile tidak akan mewakili post. Ingat! Instagram lebih mengutamakan kesan pertama. Bukan lama post dan panjang deskripsi yang digunakan!

Perubahan Algoritma Instagram 2018
Perbandingan Post dan Insta Story Engagement

Sebelum kita lanjutkan, apakah kamu tahu hubungan antara Facebook dan Instagram??

Sebenarnya, algoritma ini diambil dari algoritma Facebook. FB sangat mengutamakan penilaian konten sama persis dengan Google. Yaitu time-spending. Maksudnya, seberapa lama viewer itu membaca konten kamu.

Lho, katanya first impression? Katanya kesan pertama. Bukan panjang atau deskripsi detail! Sekarang tambah waktu yang dihabiskan untuk membaca? Tambah bingung nih!

Baca begini pas puasa juga ya Bro, Sis! Haha. Udah laper, materinya sulit, dan cukup buat bingung.

Lagi, kita gunakan logika sederhana saja.

Mengapa berita di koran itu menyadikan judul yang buat orang penasaran?? Mengapa iklan itu bukan diskripsi lengkap?

Ya untuk menarik perhatian pembaca dan viewer.

Lho kan sudah dijawab sendiri, Bro, Sis! Jawaban kamu itu betul banget! Instagram juga menggunakan itu Bro, Sis!

Maksud dari first impression ini adalah sebagai pemikat. Jika viewer udah merasa tertarik dengan judul dan tampilan visual post yang kamu upload, apa kelanjutan aksi mereka?? Pasti mereka akan merasa panasaran dan membaca konten itu!

Betul ga??

Bandingkan saja! Ada 1 post yang visual yang menarik dan menggunakan headline atau judul yang bikin penasaran. 1 lagi, ada post yang menjual barang kualitas export, dengan post yang menjelaskan secara lengkap di diskripsi. Mana yanglebih membosankan??

Jawab sendiri ya!

Pertanyaannya, bagaimana sih biar bisa membuat post yang menarik??

Gampang Bro, Sis! Tapi sulit juga. Haha!

Gampang disini berarti bahwa Instagram udah menyediakan fitur-fitur untuk memaksimalkan post. Fitur-fitur tersebut antara lain adalah hashtag dan caption. Hashtag berguna untuk memudahkan post kamu di explore oleh pengguna lain. Sedangkan caption digunakan untuk menjelaskan diskripsi singkat dari post yang kamu upload.

Baca: Memilih Content yang Pas untuk Bisnis di Instagram

3. Waktu Post

Kalau tadi kita hanya bahas tentang post saja, sekarang kita akan masuk pembahasan tentang strategi waktu. Yep. Tentang kapan post kamu upload setiap harinya!

Apa sih yang kmau tahu tentang algoritma Instagram yang berhubungan banget soal waktu post? Seberapa durasi yang kamu tahu setiap post akan keganti sama yang lain.

Yep! Sepertinya kamu sudah tahu semua tentang ini. Okay kita perlu perjelas lagi.

Algoritma Instagram menganggap bahwa konten yang berkualitas akan dapat memikat dan menarik perhatian viewer dalam hitungan detik. Konsekuensinya, setiap post akan diberi waktu yang sangat sedikit untuk ditampilkan di feed Instagram.

Mengapa??

Selain faktor kualitas, faktor jumlah pengguna juga sangat menentukan. Bayangkan saja, sekarang ada lebih dari 800 juta pengguna Instagram di seluruh dunia. Indonesia sendiri menempati urutan ke 5, dengan jumlah yang bombastis. Yaitu 45 juta pengguna.

Lebih lanjut lagi, dalam bahasan kita sebelumnya, sudah kita jelaskna bahwa pengguna Instagram di seluruh dunia bisa saja meng-upload post dalam waktu yang bersamaan. Data menunjukkan bahwa ada sekitar 19 juta post yang di upload setiap harinya!

Untuk itulah, Instagram dengan algoritmanya yang dulu mengatur waktu yang cukup sebentar untuk menampilkan suatu post di feed.

Masalahnya, bagaimana jika follower setia kamu ada yang membuka Instagram hanya beberapa kal dalam waktu yang cukup lama. Contohnya, 2 hari dalam seminggu.

Bagaimana kamu bisa menampilkan post tentang produk dan jasa kamu biar bisa dilihat mereka? Belum tentu juga follower setia yang lain sangat jarang untuk membuka Instagram. Ada juga yang setiap hari menghabiskan waktu beberapa jam hanya untuk melihat Instagram.

Pertanyaanya, bagaimana kamu bisa mengatur strategi yang seperti ini??

Tentang, Bro, Sis! Instagram yang sekarang sudah meng-update lagi algoritma-nya. Artinya, pihak Instagram telh melakukan revisi terhadap algoritma yang dianggap tidak efektif. Salah satunya adalah tentang waktu post ini.

Menyadari akan adanya fakta pengguna yang jarang membuka akun Instagram, algoritma Instagram di-update dengan menambahkan rentan waktu setiap post. Jadi suatu post akan dapat bertahan beberapa hari untuk dilihat para viewer.

4. Gunakan DM (Direct Message)

DM (Diredct Message) ini adalah fitur Instagram ayng digunakan sebagai alat untuk mengirim pesan. Yap. Sama dengan messenger dan media sosial lainnya yang berfungsi untuk mengirim pesan.

Jika telah meng-upload post, tidak ada salahnya jika kamu mau menggunakan DM ini sebagai alat broadcast!  Maksudnya, broadcast atau sekedar kirim saja pesan tentang konten dari post yang barusan kamu upload.

Jika diperhatikan lagi, ada mungkin kecurigaan apakah hal ini benar-benar aman. Seperti yang kita ketahui, Google akan memblokir website jika mereka bersekongkol. Salah satu caranya adalah salaing mengubungi dan mendukung satu sama lain dengan meninggalkan unsur natural.

Begini, Bro, Sis! Memang benar jika algoritma Instagram telah beberapa sector meniru dan menerapkan system algoritma Google. Tapi, pemblokiran dengan jalan DM ini tidak berlaku. Jadi, bisa dipastikan cara ini aman dan halal. Haha.

Justru, Instagram menganggap ‘persekongkolan’ ini adalah bentuk dari engagement. Dengan begini, Instagram akan menganggap para pengguna suka dengan konten post tersebut.

Jadi, kalau kamu bisa membuat konten yang keren banget, dan dilihat banyak viewer, pastikan mereka juga DM kamu dan akun lain. Entah itu post-post yang baru atau yang lama.

5. Akun Terdekat

Maksudnya akun terdekat adalah pengguna lain yang ada hubungan dengan akun kamu. Bisa jadi orang tua, teman, pacar, mantan, gebetan, dll. Haha. Ko jadinya kemana-mana.

Lengkap Update! Perubahan Algoritma Instagram 2018
Akun Terdekat di Instagram

Keunggulan algoritma Instagram update ini adalah Instagram menyadari kalau semakin sering menggunakan DM, maka akun tersebut dianggap menyukai akun kamu. Dalam artian, semakin banyak kamu DM dengan akun akun lainnya, akun-akun itu akan dianggap menyukai semua konten yang kamu upload.

Perlu bukti??

Sekarang please check akun pribadi kamu, Bro, Sis! Siapa aja yang sering DM’an sama kamu. Catat akun-akun itu jika perlu.

Sekarang waktunya pembuktian. Dari akun-akun yang hubungannya dekat banget sama kamu tadi, perhatikan feed kamu. Apakah post-post mereka yang paling pertama muncul di feed kamu??

Yap! Itulah buktinya, Bro, Sis!

Sebagai akun bisnis juga, seringlah DM konten kamu ke akun-akun follower kamu! Instagram akan menganggapnya sebagai suatu engagement!

Simple banget kan??

Perubahan Algoritma Instagram 2018 # PERLU BANGET OPTIMASI POST

Jika sudah memaksimalkan aku dengan beberapa bab di atas, maka saatnya membahas hal yang tak kalah menarik dan penting di Instagram. Yap! Posting!

Perubahan Algoritma Instagram ini juga lebih menitik beratkan pada post. Itu artinya, dulu Instagram tidak seketeat sekarang dalam penilaian post.

Menilik sejarahnya secara singkat, pada 2016 lalu, Instagram tidak begitu memperhatikan aspek post. Jadi, pelaku bisnis, khususnya bisnis online ini, sangat bebas melakukan post. Mereka tidak perlu memikirkan terlalu rumit tentang strategi membuat post.

Alasannya, Instagram telah mengatur post-post tersebut agara kelihatan lebih rapi dan terorganisir. Mengapa? Karana saat itu, pengguna Instagram tidaklah sebanyak dan semassive sekarang ini. Jadi, semua hal, termasuk post juga masih bisa di control oleh pihak Instagram sendiri.

Lain waktu, lain cerita. Di 2018 ini, algoritma yang semacam ini telah dihapus. Jadi, siapapun yang ingin sukses di Instagram, terutama bisnis online, haruslah mneganlisa dan memikirkan strategi yang pas untuk post ini.

Kesimpulannya, bisnis sekarang ini sangat challenging untuk bisa berkembang secara bebas. Terutama denganketatnya system algoritma Instagram baru ini.

Jalan keluarnya, para pelaku bisnis online harus mengambil insiatif yang cerdas untuk menghadapi dan berteman dengan algoritma semacam ini.

Menurut beberapa penulis marketer International, ada seunting aspek yang perlu dipikir dalam-dalam. Aspek itu meliputi pertanyaan berikut ini
  • Apakah CTA sudah cukup kuat??
  • Apakah feed post ksudah bisa menjadi pemikat??
  • Apakah post sudah dijadwalkan dengan waktu terbaik??
  • Apakah suda menggunakan kombinasi text dan hashtag??

Dengan memperhatikan kesemuanya ini, diharapkan kamu bisa membuat post yang sangat berkualitas. Bukan hanya mampu menangani masalah dengan produk dan jasa, tetapi juga friendly menurut Instagram.

Ini adalah contoh post di Instagram yang telah di optimasi dengan varian hashtag dan CTA.

Perubahan Algoritma Instagram 2018
Complete Post with Hashtag & CTA

Jadi, nambah lagi dong pekerjaannya??

Yap! Sudah barang pasti, Bro, Sis! Kita mau tekankan lagi 1 hal. Bisnis bukan seperti apa yang ada di bayangan mimpi siang bolong kamu! Jika sudah menawarkan jasa dan produk, kita tinggal duduk santai, menikmati kopi, dan membaca koran. Uang akan datang sendiri.

JANGAN PERNAH HARAP ITU TERJADI!!

Binis, terutama bisnis online di Instagram, adalah mengatur akun untuk menjadikan Brand dikenal viewer dan menjadi customer.

Benar?

Kalau kamu meragukan perkataan kita ini, kta buktikan dengan survey.

Menurut survey terbaru, 78% pembelian atau konversi adalah melalui Instagram. Maksudnya, orang sekarang tidak lagi browse di Google tentang suatu produk dan jasa.

Mereka lebih mengandalkan Instagram untuk mencari apa yang mereka mau. Alasannya, Brand di social media, terutama Instagram, sudah sangat dikenal oleh masyakat luas.

Perubahan Algoritma Instagram 2018 # Sadari Pilih Kasih Instagram untuk Engagement

Seperti yang kita bilang di atas, engagement meliputi banyak dan aspek yang sangat luas. Like, comment, share, dll.  Masing-masing dari mereka menyumbang jumlah engagement.

Tapi jangan segitu saja. Bro, Sis! Tentunya Instagram juga menggunakan algortima yang berbeda untuk perhitungan dan bobot tiap aspek ini.

Dari beberapa sumber, disimpulkan bahwa comment dan share menempati urutan pertama untuk kontribusi ke engagement. Sedangkan aspek lain seperti like dan DM, mereka masih tetap vital, tapi dengan bobot dan konversi yang sedikit saja.

Jika dipikir lebih dalam lagi, pola algoritma yang seperti ini mengacu pada algoritma Google. Suatu website dengan artikel berkualitas dan akhirnya artikel itu di-share, mendapatkan perhatian yang jauh lebih penting di mata Google.

Menurut kamu sendiri, apakah hal semacam ini adil?

Untuk mendapatkan like dan DM saja sangat sulit, tetapi konversi dan presentase kontribusinya cukup sedikit di Instagram.

Kalau dipikir lagi, memang begitu, Bro, Sis! Like dan DM itu sangat mudah dicari. Misalkan, teman-teman dan akun yang paling dekat dengan kamu, kemungkinan besar akan like dan DM kamu. Sekalipun post itu tidak begitu berkonten berkualitas.

Lengkap Update! Perubahan Algoritma Instagram 2018
Engagement di Instagram

Cukup dengan tampilan yang menarik saja, kamu sudah bisa mendapat like dan DM dari pengguna terdekat. Bukankah begitu??

Jika menurut aspek bisnis, bobot yang diberikan ke dua aspek tersebut sangatlah tepat. Logika sederhana. Suatu post dengan mengadalkan kerennya tampilan saja, pasti akan mendapat like. Tapi, belum tentu viewer mau share atau comment.

Benar?

Yap! Jika suatu konten yang sangat berkualtas dan menarik dari segi visual dan text, kamungkinan besar akan dapat di-share oleh viewers. Maksudnya, jika post tersebut mempunyai manfaat untuk menyelesaikan masalah beberapa orang spesifik, pastilah viewer akan dengan penuh semangat share konten itu.

Mengapa?

Karena mereka menganggap konten tersebut sangat diperlukan oleh beberapa orang lainnya.

Jadi, kedua aspek tersebut, comment dan share adalah aspek paling berpengaruh dalam engagement. Tapi, kamu jagan hanya terpancing disini. Tetap berpikir bahwa like dan DM juga sangat penting. Karena walaupun kontribusi dinilai hanya sedikit, tetap saja tanpa like dan DM, engagement tidak akan bisa maksimal.

Perubahan Algoritma Instagram 2018 # Ketahui Pola Penilaian Explore dan Insta Story

Alogritma Instagram adalah keseluruhna system operasi dasar Instagram untuk mengendalikan penggunanya. Baik dari profile, post dan aspek lainnya. Aspek yang tak kalah penting yang justru harus dimaksimalkan oleh pengguna akun bisnis Instagram adalah pola explore dan Insta Story.

Begini, Bro, Sis! Explore adalah seperti mesin pencari yang ditandai dengan icon sperti kaca pembesar di feed paling atas. Fungsinya sudah pasti untuk mencari akun, dan post yang kamu inginkan.

Nah, tentunya kamu mikir juga. Apa hubungannya system pencarian dengan konten yang kita buat?? Sudah barang pasti kan kalau orang itu ngetik nama akun kita, mereka akan menemukannya dengan mudah. Dan kalau sudah menemukan, mereka kan juga langsung bisa melihat post-post kita.

Haha. Ga segampang itu, Bro, Sis! Logika sederhana. Ada berapa akun yang aktif memakai Instagram?? Berapa jumlah user yang aktif di Indonesia saja??

45 juta pengguna aktif Instagram. Itu di Indonesia saja. Bayangkan, nama-nama orang Indonesia ga mungkin semuanya beda. Pasti ada yang sangat sama persis! Kalau ga percaya, ambil saja nama Slamet Riyadi. Berapa orang Indonesia yang bernama Slamet Riyadi?? 1 saja? Ga mungkin kan, Bro, Sis!

Kan nama profile juga sudah dioptimasi menggunakan beberapa nama samaran. Masak masih mau ketuker sih??

Yap! Bener banget. Banyak pengguna Instagram yang namanya jauh dari nama aslinya. Banyak yang dikasih embel-embel di depan atau dibelakang. Contohnya, Fitry Chayang qmu Celamannyaa. Uhuk, haha. Baca aja sudah kesedak Bro, Sis!

Apakah kalau orang yang mau cari tahu nama kamu di Instagram akan bertanya dulu nama pengguna yang kamu pakai? Apakah mereka ga langsung menuliskan nama panjang asli kamu??

Nah, disinilah gunanya konten yang berkualitas. Tanpa harus tahu nama pengguna kamu, orang pasti bisa menemukan kamu. Jika kakmu punya post yang berkualitas dan diingat banyak orang!

Instagram juga sangat sensitive dengan masalah explore ini.

Mengapa? Karena dalam explore, yang akan ditampilkan hanyalah top 9. Dan mereka, si top 9, ini adalah akun dengan kualitas konten yang terbaik.

Perubahan Algoritma Instagram 2018
Instagram Explore

Jadi jangan pernah menganggap remeh konten ya, Bro, Sis!

Terus, masalah hashtag. Kan di explore juga menyediakan pencarian dengan hashtag. Apakah hashtag ga berguna disini??

Memang benar. Hashtag juga kunci utama dalam explore. Tapi, kembali lagi. Dalam upload post, apakah kamu saja yang menggunakan hashtag? Kalau tidak, apakah hashtag itu benar-benar berbeda dengan hashtag akun lainnya??

Jika kamu yakin banget kalau hashtag itu benar-benar berbeda, dari mana kamu mendapat ide hashtag itu?? Jika ide pribadi kamu, apakah orang akan familiar dengan hashtag itu? Artinya, apakah kamu bisa menggaransi dan pastikan kalau hashtag itu benar-benar diketahui orang?

Benar kan, Bro, Sis? Hashtag itu perlu yang namanya research. Untuk research itu sendir, hashtag yang dipakai adalah hashtag yang banyak dicari orang lain. Bukan hashtag yang menjadi ide pribadi kamu.

Jika ingin lebih maksimal salam menggunakan dan membuat hashtag, kamu bisa langsung loncat ke artikel kita lainnya. Khusus membahas masalah hashtag dan bagaimana membuatnya.

Baca: Cara Membuat Hastag Ampuh Untuk Marketing Online di Instagram

Rahasia! Perubahan Algoritma Instagram 2018 # Kalahkan Algoritma Instagram

Sudah panjang lebar kita jelaskan tentang Perubahan Algoritma Instagram 2018 ini secara lengkap dan detail. Termasuk aspek-aspek yang sangat vital dalam algoritma.

Sekali lagi, Perubahan Algoritma Instagram 2018 ini sangat mengedepankan yang namanya organic. Kecenderungan suatu akun bisnis Instagram untuk melakukan transaksi dengan tanpa adanya kecurangan sedikitpun. Yaitu dengan menerapkan strategi penjualan secara alami.

Inilah kunci utama yang akan kita serang, Bro, Sis! Manfaatkan ini sebagai satu-satunya celah untuk bisnis online kamu biar bisa menembus target.

Mungkin sebagian dari kamu bertanya, bagaimana cara mengalahkan algoritma yang seperti ini. Sangat ketat dan butuh alami. Sedangkan bisnis sendiri adalah bagaimana cara mendapatkan keuntungan tanpa peduli caranya. Baik itu cara yang alami ataupun jalan pintas!

Yap! Kita tekankan lagi, jangan panik, Bro, Sis! Dengarkan dan simpan baik-baik peribahasa di bawah ini;

No system is safe! Ga ada sistem yang benar-benar aman!

Artinya, seketat apapun sistem itu, pasti ada kelemahan untuk menyerang. Dan kita udah buka tadi, kelemahan yang paling menonjol dari Instagram adalah mereka sangat bergantung pada organic.

So, inilah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengalahkan algoritma itu, Bro, Sis!

1. Waktu Terbaik Post

Kita sudah berbicara banyak hal mengenai post sendiri kan, Bro, Sis! Nah, sekarang, jika sudah ada konten yang bagus dan siap untuk di post, apakah kamu langsung saja post waktu itu juga?

Apakah kamu post konten sewaktu-waktu kamu mendapat ide dan selesai membuat konten itu?? Dengan tujuan konten itu segera dibaca viewer dan menjadikan mereka sebagai target konversi akhir??

Salah! Se-salah salahnya, Bro, Sis! Logika sederhana. Apakah kamu tahu viewer itu mempunyai kesibukan sendiri-sendiri? Apakah kamu juga memikirkan kalau mereka tidak punya waktu yang cukup dan santai untuk membaca konten dalam waktu-waktu tertentu??

Apakah target yang kamu incar akan membaca post yang kamu upload sebelum post itu discroll post-post dari akun lain?

Lengkap Update! Perubahan Algoritma Instagram 2018
Waktu Post

Ini adalah masalah utama kita, Bro, Sis! Saat konten berkualitas sudah siap luncur, jangan langsung di upload. Kenali dulu kesibukan buyer persona kamu. Kenali siapa mereka dan kapan kesibukan mereka berlangsung!

Pasti sangat berbeda buyer persona 1 dengan yang lainnya. Walau mereka 1 golongan. Contoh, ibu rumah tangga.

Walau 1 golongan, mereka pasti mempunyai kesibukan sendiri yang tidak sama 1 sama lainnya. Ada yang kesibukannya berakhir sampa jam 1 siang. Ada yang sudah nganggur jam 10 pagi. Tapi, jam 1 siang kembali aktif mengurus rumah tangga!

Kalau sudah begini, bagaimana jalan keluarnya??

Ya! kamu butuh strategi khusus, yaitu kapan waktu upload post yang tepat. Dalam hal ini, ada 2 macam pilihan.

Pertama, kamu bisa post minimal 1 post per hari. Untuk waktunya, silakan kira-kira. Jika produk kita bertarget siswa SMA, jangan pernah post konten pada jam-jam saat siswa di sekolah! Jadwal post yang paling tepat adalah sore hari, yaitu menjelang maghrib.

Kedua, jadikan post lebih dari satu dengan panjang interval waktu yang berbeda. Hal ini terjadi jika produk dan jasa yang ditawarkan adalah untuk orang kerja dan ibu rumah tangga. Contohnya, produk teh pelangsing untuk ibu rumah tangga. Seperti yang kita jelaskna tadi, ibu rumah tangga memiliki waktu luang yang berbeda-beda. Jadi, strategi yang paling tepat adalah menjadwal post lebih dari 1 kali per hari.

Contoh, berdasarkan survey yang kamu lakukan, ibu rumah tangga di daerah A memiliki waktu luang rata-rata jam 10 pagi. Ternyata di lain wilayah, ibu rumah tangga lebih umum memiliki waktu luang sekitar jam 1 siang.

Dari kenyataan di atas, post konten itu pada 2 waktu itu, yaitu 15 menit sebelum jam 10 pagi dan 15 menit sebelum jam 1 siang.

Supaya tidak ribet dan lupa, dibutuhkan seorang khusus yang bertanggung jawab untuk melakukan tugas ini. Untungnya, sekarang ada aplikasi yang gratis khusus untuk mempermudah tugas ini.

Baca: Fitur Terbaru Instagram Auto Post untuk Bisnis Online

2. Gunakan CTA (Call-To-Action)

Dalam post, kita juga sudah menjelaskan untuk selalu menggabungkan unsur text dan visual. Visual saja tidak akan pernah bisa maksimal tanpa ada keterengan berupa text. Text saja akan terkesan membosankan karena tidak ada unsur penariknya!

Text ini kita pasang di diskripsi. Jika post sudah oke secara visual, perlu adanya penarik agar pembaca mampu merasa penasaran tentang post kamu! Inilah fungsi utama dari disripsi.

Ya! Dalam diskripsi, boleh kamu jelaskan apa yang ada di post kamu. Ingat, jangan terlalu panjang dan jangan terlalu singkat. Kuncinya adalah jelas!

Sekarang, jika pembaca sudah merasa tertarik dengan tulisan dan konten itu, sudah barang pasti mereka akan mengambil tindakan selanjutnya. Mereka akan terhipnotis untuk melakukan apa yang kamu mau. Entah itu subscribe email, download, atau bahkan membeli produk dan jasa kamu!

Terus, sebagai bisnis online, apa yang kamu bakal lakukan untuk menjaga kenyamanan mereka?? Apakah kamu mau membantu dan mempermudah mereka?? Dengan cara apa kamu bisa mewujudkannya??

Pasti! Bisnis online akan menyediakan fasilitas guna membantu dan mempermudah pelanggan. Cara yang biasa dilakukan untuk menjaga kenyamanan dan praktis adalah dengan memasang CTA di diskripsi.

Jadi, sistemnya adalah ketika seorang pelanggan ingin melakukan eksekusi akhir, mudahkan mereka. Pasang CTA tentang apa yang kamu mau. CTA tersebut adalah tombol yang langsung menuju ke halaman yang kamu inginkan.

Contohnya, jika kamu menjual produk dan jasa, maka CTA harus langsung mengarah pada halaman penjualan dan informasi mengenai bagaimana pelanggan atau customer ini melakukan pembelian.

Perubahan Algoritma Instagram 2018
Call To Action

Perubahan Algoritma Instagram 2018 # Kecepatan Mendapat Engagement

Perlu diingat juga, ada faktor lain yang masih berhubungan dengan engagement ini. Kalau tadi kita bahas terus mengenai kualitas untuk mendapatkan banyak engagement, yang berarti kuantitas engagement, Instagram juga sangat memperhatikan seberapa cepat sih post-post itu mendapat reaksi.

Perbedaannya disini, Bro, Sis! Jumlah atau kuantitas engagement sangat perlu dan penting banget. Tapi, kecepatan ini lebih penting lagi.

Berbeda dengan logika kita, bahwa semakin lama post itu di upload, akan semakin bagus jika menghasilkan engagement yang luar biasa. Instagram, di sisi lain, memperhitungkan, setiap post yang di upload akan mudah sekali tergeser dengan upload yang terbaru.

Untuk itulah, jika semakin lama post itu d upload, Instagram sendiri khawatir kalau post itu tidak akan terbaca. Karena algortima Google untuk penilaian kualitas sangat berbeda dengan algortima Instagram untuk setiap post.

Jika Google butuh merayapi artikel dengan waktu yang lama untuk menentukan kualitas artikel di segala aspek, Instagram lebih mengutamakan kesan pertama. Jika kesan tesebut sudah bisa menarik perhatian dalam hitungan detik, maka post itu berkualitas tinggi.

Yap! Kita ngerti banget kamu mulai bertanya-tanya. Kira-kira dengan algoritma yang semakin ruwet begini, bagaimana kamu bisa menyusun strategi agar memperoleh kuantitias dan kecepatan dalam mendapatkan engagement.

Beberapa pendapat dari marketing bisnis online terkemuka di dunia udah kita baca dan kita kumpulkan menjadi 1. Dari beberapa pendapat, secara garis besar, mereka sepakat, melakukan post yang terjadwal dan waktu yang pas adalah strategi utama. Seperti yang kita jelaskan di atas, Bro, Sis. Tepatnya di Perubahan Algoritma Instagram 2018 # Kalahkan Algortima Instagram

Kesimpulan

Benar, bisnis online bukan bisni yang semata-mata dibuat. Bukan semata-mata menunggu hasil konversi dari post-post yang di upload. Tetapi, butuh optimasi secara periodic untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Dengan memperhatikan strategi ini, kita bisa tahu bahwa hal-hal yang mempengaruhi pendapatan dan kenaikan Brand di Instagram itu sangat banyak. Ditambah adanya Perubahan Algoritma Instagram 2018 yang cukup membuat pusing kepala.

Algoritma ini lebih mementingkan adanya persaingan organic, dimana segala tindak kecurangan akan dianggap sebagai pelanggaran. Untuk memaksimalkan hasil penjualan yang tidak melawan algoritma ini, diperlukan strategi yang tepat. Beberapa bentunya adalah:

  • Memaksimalkan Profile
  • Meng-optimasi Post
  • Meningkatkan Strategi Kecepatan Engagement

Okay, Bro, Sis! Kita rasa pembahasan kita masalah Perubahan Algoritma Instagram 2018 ini cukup ya! Semoga bisa menjadi acuan ke-depan untuk kesuksesan bisnis online kamu di Instagram.

Inget ya, kunci utama yang bisa kamu berikan dalam hal bisnis dan algortima Instagram ini adalah peningkatan engagement. Jadi, kamu perlu banget yang namanya like, followers, dan comment. Untuk itu, kita sarankan banget buat kamu yang pengen bener-bener cepet berhasil, kamu kunjungin website utama kita untuk mendapatkan informasi khusus tentang followers di Followersindo.com.

Jika kamu suka konten-konten tentang Instagram dan bisnis online d Instagram, kamu bisa temukan referensi yang lengkap di website utama kita. Cukup click disini ya, Bro, Sis!

Bye, and Thanks, Bro, Sis!