Update 2018! Panduan Bisnis di Instagram

Rahasia! Update 2018! Panduan Bisnis di Instagram

Hai, Bro, Sis! Bisnis online di Instagram bagi pemula memang bukan hal yang mudah. Semudah mebalikkan kata-kata yang menyakitkan. Perlu adanya koordinasi yang bagus antara kenyataan dan plan. Jika sudah memulai bisnis, akan lebih baik jika kamu membaca Update 2018! Panduan Bisnis di Instagram ini.

Sebelum masuk ke Update 2018! Panduan Bisnis di Instagram ini, lebih baik kamu mengerti dulu kenapa harus memilih bisnis online daripada konvensional. Berikut adalah pertimbangan para pengusaha kelas dunia dalam memilih bisnis online.

Kenapa harus bisnis online

Seorang enterpreneur adalah individu yang sangat unik. Dia secara konstan selalu gigih dalam mengeksplorasi peluang baru dalam berbisnis.

Sebagian dari para interpreneur ini merupakan orang-orang yang senantiasa gigih dalam mencari peluang-peluang baru dalam berbisnis. Sementara sebagian dari mereka merupakan orang-orang yang selalu diburu oleh peluang baru itu sendiri.

Kebanyakan dari setiap kesempatan tersebut, tidak perduli sebagus apapun kedengarannya, semua berakhir dengan mimpi buruk yang berupa uang atau modal yang harus terbuang dengan sia-sia yang biasanya disebabkan oleh tiga faktor utama yakni, mulai dari ongkos yang terlampau mahal, skalabilitas yang lemah, hingga margin yang terlampau rendah.

Sementara itu, bisnis online bisa terlihat sangat menggiurkan dikarenakan tidak menimbulkan berbagai masalah yang biasa dialami oleh perusahaan yang baru merintis bisnis. Secara umum terdapat 4 keuntungan dalam menggunakan dalam melakukan bisnis online di banding dengan bisnis yang dilakukan secara konvensional.

4 Keuntungan Bisnis Online

1. Menawarkan Skalabilitas yang Luar Biasa

Tidak semua bisnis online secara otomatis memberikan hasil luar biasa dengan perkembangan expotensial yang cepat. Banyak dari para interpreneur berpikir bahwa para pembeli atau konsumen akan menemukan mereka dengan mudah dan penjualan akan meroket hanya dengan sedikit jejak di internet. Mereka berpikir hanya dengan beberapa postingan di Facebook dan beberapa tweet di Twitter sudah lebih dari cukup untuk mendatangkan pendapatan yang berlipat bagai bola salju dan menjadikan internet sebagai ATM virtual mereka.

Memperluas suau bisnis, entah apapun bentuknya, tidak akan pernah mudah. Baik bisnis konvensional maupun online. Namun, terdapat kelebiahan tersendiri dalam berbisnis secara online. Sebagai cntoh, bisnis retail dengan cara konvensional memiliki batasan audiens yang jelas, khususnya pada jarak dari lokasi bisnis itu sendiri. Bisnis online tidak terbatas pada jarak jangkauan maupun lokasi dari perusahaan itu sendiri, melainkan dapat mencakup audiens yang sifatnya secara global atau world-wide.

Setelah strategi pemasaran dan periklanan yang sukses diidentifikasi, bisnis online dapat dengan mudah menarik pelanggan dandengan cepat meningkatkan anggaran.

2. Keleluasaan Tak Terbatas

Para enterpreneur beralih dari metode bisnis tradisional kepada bisnis online tidak lain adalah karena keleluasaan yang mereka dapakan dari berbisnis dengan basis online tersebut. Ditunjang dengan berbagai teknologi praktis yang juga dapat dibawa kemanapun seperti laptop, tablet dsb menambah daya tarik dari berbisnis online ketimbang berbisnis dengan cara konvensional.

Tidak terbelenggu pada satu tempat adalah kelebihan yang paling menonjol dari bisnis berbasis online. Sebagai contoh bisa kamu rasakan saat kamu berada di Starbucks atau cafe yang sejenisnya, sempatkan diri kamu untuk menengok ke sekelilingmu. Pasti salah satu dari mereka ada yang sedang melakukan bisnis lewat laptop atau smartphone mereka  sambil nongkrong bersama teman dll.

3. Low Overhead and High Margin

Dengan keleluasaan yang tak terbatas dari bisnis online memungkinkan para enterperneur untuk selalu diuntugkan dengan margin atau pendapatan yang besar tanpa harus mengeluaran biaya overload yang relatif besar seperti biaya overload untuk sewa gedung dan lain sebagainya. Selain itu tidak seperti bisnis konvensional, bisnis online relatif lebih aman dalam mencegah resiko finansial bagi penjual barang atau jasa.

4. Akses yang Global

Keuntunga  yang lain dalam mengguanakan bisnis online adalah kamu bebas bekerja 7×24 jam dengan tidak adanya batasan geografis dan waktu operasi yang spesifik dalam melakukan bisnis. Seorang pegusaha bisnis online dapat memperoleh keuntungan kapanpun, bahkan saat sedang tidur sekalipun.

Kunci dari semua itu adalah dangan perencanaan media sosial , SEO (search engine Optimization), serta strategi media pembayaran yang baik.

Simak Benar-bener Update 2018! Panduan Bisnis di Instagram

Kenapa Harus Instagram??

Benar, Instagram.

Apakah efektif jika membuat akun bisnis di Instagram?

Ya. Jawabannya sangat mutlak. YA. Beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan adalah dengan melihat pengguna Instagram dan aktifitasnnya.

Panduan Bisnis di Instagram
Bisnis Instagram

Tidak dapat dipungkiri lagi jika Instagram memiliki pengguna yang jumlahnya mencapai dan lebih dari 300 juta!

Selain itu, berdasarkan survey dan penelitian dari salah satu perusahaan aplikasi skala Internasional, ada kebiasaan yang dilakukan oleh para pengguna. Yaitu mereka hanya sekedar menghabiskan waktu untuk upload dan melihat post orang lain!

So, Instagram adalah pilihan terbaik untuk memulai bisnis online.

Adapun alasan lengkap mengapa Instagram menjadi salah satu dan bahkan satu-satunya platform yang paling efektif untuk trading.

Baca: 7 Alasan Utama Instagram untuk Bisnis Online

Keuntungan Akun Bisnis Instagram

Seperti yang dijelakan di atas bahwa bisnis adalah salah satu alternative untuk menjadi sukse, ada baiknya kamu berpikir untuk maju. Artinya adalah jangan menyia-nyiakan kesempatan yang datang ini. Ubah sekarang akun Instagram kamu ke akun Instagram bisnis!

Jika masih ragu, ini adalah beberapa statistik yang perlu kamu tau tentang keuntungan akun bisnis Instagram.

1. Engagement

Apakah maksud dari engagement? Dalam bahasa Inggris, kita tahu bahwa engagement adalah pertunangan. Tetapi, satu hal yang harus diketahui adalah beda bidang, beda juga arti sebuah kata.

Suatu contoh kata “beton”. Dalam istilah teknik, kita mengerti bahwa arti dari beton ini adalah suatu barang yang terbuat dari campuran semen dan material bangunan lainnya. Akan tetapi, jika kita perhatikan lebih lanjut, kata ini juga merujuk ke sesuatu yang berbeda.

“Apakah beton itu sudah dikukus oleh ibumu?” Dalam konteks ini, apakah beton disini tetap apa yang ada dipkiran kita? Apakah tetap material dan sement yang dicampur?

Bukan. Beton disini berarti isi dari nagka atau durian.

Sama halnya dengan kasus di atas. Dalam bidang bisnis ini, kita menyebut engagement adalah interaksi kita dengan target kita. Dalam artian, seberapa deket kita dengan customers kita.

Instagram sendiri dalam hal ini sangat membantu dengan beberapa fiturnya. Salah satunya adalah dengan Instagram’s Insight.

Fitur ini berguna sekali untuk pemilik bisnis. Alasannya adalah fitur ini menyediakan dan berfungsi sebagai tracker. Artinya, semua yang terjadi dengan bisnis kamu bisa kamu cari dan temukan disini. Mulai dari pengunjung (impression), reach dan engagement.

Kalau kamu mau yang lebih bagus lagi, beberapa fitur bisa kamu jadikan acuan. Butuh pembahasan tersendiri untuk membahas tentang fitur dan aplikasi ini. Untungnya, followersindo sudah menyediakannya. Langsung saja ke blog-blog website utama kita.

2. Link Sisipan

Kalau sudah terjadi engagement yang baik dengan customer, perusahaan akan lebih mudah memperkenalkan produk dan jasa. Salah satu cara yang paling viral adalah dengan menyisipkan link suatu web atau blog di Instagram.

Beberapa sumber mengatakan bahwa semakin terkenal suatu perusahaan, semakin perusahaan itu menyediakan kemudahan dan eksistensinya. Dalam hal ini, bukan berarti perusahaan akan mengeluakan biaya yang sangat banyak untuk sekedar menunjukkan eksistensinya.

Tetapi, cara yang paling efisien dan praksis adalah dengan membagun beberapa jaringan di Internet, yaitu dengan website. Tentunya, perusahaan dengan website yang bagus akan mendapat impression atau kesan yang juga sangat bagus.

Setelah membuat content yang sangat berkualitas di website atau blog, perusahaan bisa langsung mengiklankannya di Instagram.

Apakah alasan menggunakan link sisipan di Instagram ini?

Sudah sangat jelas alasannya. Dalam faktanya, jika seorang pembeli menginginkan sesuatu, maka mereka akan langsung browse di Internet. Hal ini mereka lakukan karena mereka menyadari jika cara ini adalah yang paling efektif jika dibandingkan dengan mencari manual di masing-masing pasar.

Tentunya, ada syarat yang perlu diperhatikan dalam usaha menyisipkan link ini. Suatu sumber menyatakan bahwa sebuah perusahaan harus memiliki setidaknya 10.000 followers aktif untuk melakukan usaha menyisipkan link ini.

Alasannya adalah pertimbangan konversi. Jika kita memiliki setidaknya 10.000 followers, dan anggap saja 10% akan menjadi konversi, setidaknya kita sudah mempunyai target sebanyak 1000 orang.

Langkah selanjutnya adalah meng-eksekusi. Jika sudah tercatat berapa persen konversi yang positif, maka dorong customers ini untuk membeli produk atau jasa. Caranya adalah dengan mengirimkan diskripsi prduk dan jasa melalui email, dan media sosial.

Baca: Cara Mudah Tambah Link Bio Instagram Tanpa Ngubah Bio URL

3. Iklan

Bicara mengenai iklan, pasti yang terbayang di otak adalah iklan di pinggir jalan, di TV, Radio dll. Betul, mereka adalah beberapa bentuk dari iklan.

Tapi, dalam kenyataannya, kebiasaan ini telah berubah drastic. Dengan biaya yang sangat mahal jika memasang iklan di TV, perusahaan beralih ke Instagram sebagai sarana iklan.

Panduan Bisnis di Instagram
Iklan di Instagram

Mengapa?

Karena Instagram bisa memancing viewers dan followers untuk melakukan engagement dengan perusahaan ini.

Salah satu sumber menyatakan, 75% pengguna Instagram telah menidaklanjuti iklan di Instagram. Hasilnya adalah berupa mengunjungi website perusahaan dan melakukan pembelian produk dan jasa.

Akan tetapi, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Salah satu yang paling dominant adalah konten.

Fakta tentang pengguna akun bisnis di Instagram

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi jika pengguna aktif Instagram sekarang ini lebih dari 300 juta per hari. Ini bisa dibilang kesempatan emas bagi siapapun yang mau mengembangkan bisnis online. mengapa demikian? Karena bisnis online di Instagram adalah salah satu trend dan strategi yang paling efektif saat ini.

Beberapa perusahaan dan personal telah menjelaskan kisah sukses bisnis online di Instagram mereka. Juga, mereka menjelaskan langkah awal yang perlu dilakukan oleh setiap pengguna akun bisnis di Instagram. Salah satunya adalah tentang penelitian tentang akun bisnis Instagram itu sendiri.

Inilah beberapa hasil penelitian yang sangat penting untuk diperhatikan.

1. 70% pengguna Instagram mencari sebuah brand di Instagram untuk melakukan pembelian (Sumber: Iconosquare)

2. Dengan Instagram, ada 4% engagement yang dicapai perusahaan setiap harinya. (Sumber: Iconosquare)

3. Hanya ada sekitar 36% marketer di Instagram; sedangkan di Facebook terdapat sekitar 93%. (Sumber: Selfstartr)

3. 62% pengguna aktif Instagram mengikuti atau follow brand perusahaan di Instagram.

Dari hasil penelitian di atas, beberapa marketer terkenal dari perusahaan top dunia telah mengemukakan pendapatnya mengenai Instagram ini.

a. Digital Marketer dari perusahaan Ben & Jerry’s, Mike Hayes, berpendapat bahwa Instagram adalah senjata paling efektif untuk menjalin hubungan (Engagement) dengan customer. Pihak perusahaan juga bisa mengetahui bagaimana customer menggunakan produk dan jasa mereka. Juga, Instagram mempermudah customer untuk terinspirasi melakukan pembelian produk dan jasa karena konten grafis.

b. Rachel J. Silver, Direktur social marketing dari Brichbox juga berpendapat bahwa Instagram adalah alat paling efektif untuk melakukan dan memperbanyak eengagement.

Jadi, dengan data statistic dan pendapat dari pengguna sukses akun bisnis Instagram ini, jelas sekali bahwa Instagram adalah alternative terbaru dalam dunia marketing.

Akan tetapi, sangat sulit untuk membangun bisnis online di Instagram ini. Sehingga, beberapa tips memulai bisnis online di Instagram sangat perlu untuk diperhatikan. Berikut adalah beberapa tips memulai bisnis online Instagram untuk pemula.

Hal Basic Strategi Marketing di Instagram

a. Tujuan atau Goal

Goal adalah hal dasar yang palinh utama yang harus diperhatikan.

Mengapa? Karena dengan menentukan goal, pastinya perusahaan akan dapat mencapai target yang ditentukan. Tanpa adanya goal, sudah barang pasti suatu perusahaan tidak akan memiliki target.

Panduan Bisnis di Instagram
Goal Bisnis

Jadi, sebelum membuat akun bisnis di Instagram, sangat perlu untuk diperhatikan apakah tujuan atau goal yang ingin dicapai dengan memakai akun bisnis online Instagram.

Dikutip dari suatu sumber, ada 7 goal yang palling umum dipilih oleh perusahaan raksasa di dunia.

=> Pengenalan produk atau jasa
=> Membangun komunitas
=> Peningkatan kesadaran akan produk dan jasa perusahaan
=> Pengenalan karakter bisnis perusahaan
=> Iklan untuk customer
=> Peningkatan kesetiaan terhadap brand
=> Membagi pengetahuan tentang update dan berita terbaru

Dari 7 tujuan atau goal di atas, suatu perusahaan akan memilih 1 saja tujuan sebagai fokus mereka. Jangan sampai dalam suatu bisnis terdapat beberapa tujuan yang akan dicapai sekaligus.

Mengapa demikian?

Ya. Karena disamping akan memecah konsentrasi perusahaan, tujuan yang akan dicapai tidak akan maksimal. Hasilnya, lebih baik 1 tujuan yang maksimal daripada 2 atau 3 tujuan tapi berantakan.

Betul?

Nah, dalam menentukan goal atau tujuan, kamu harus menjawab beberapa pertanyaan dibawah ini:

  1. Kenapa kamu menggunakan Instagram untuk bisnis online?
  2. Bagaimana Instagram akan membantu bisnis online kamu untuk mencapai goal?
  3. Berapa budget yang mungkin kamu keluarkan ke Instagram?
  4. Bagaimana Instagram menawarkan suatu platform yang berbeda sekali dengan aplikasi lain?

b. Pentingnya Demografi

Setelah melakukan beberapa step diatas untuk menentukan goal, maka kamu harus melanjutkannya dengan menentukan buyer persona. Buyer persona adalah suatu customer yang kamu jadikan target! Nah, dalam hal ini, sangat penting untuk mengetahui demografi penduduk di Indonesia dan dunia berdasarkan statistic pengguna aktif Instagram.

Menurut Pew Research, Instagram telah digunakan oleh pengguna yang beragam. Dalam artian bahwa pengguna memliki perbedaan umur, gender, status, penghasilan, dll.

Ini adalah hasil penelitian selengkapnya:

Jika kita breakdown, detailnya akan tertera seperti dibawah:

Panduan Bisnis di Instagram
Instagram User In Indonesia 2018

Sumber: Hootsuite

Umur dan Gender

Menurut sumber, 53% pengguna Instagram adalah dari kalangan remaja dan dewasa produktif. Berikut adalah statistik lengkapnya:

  • 53% pengguna umur 18-29
  • 25% pengguna umur 30-49
  • 11% pengguna umur 50-64

Dalam segi gender, juga terdapat sedikit perbedaan dalam jumlah:

  • 49% adalah pengguna perempuan
  • 51% adalah laki-laki
Lokasi
  • 28% pengguna Instagram aktif tinggal di perkotaan
  • 26% di penggiran kota
  • 19% di daerah pedesaan
Tingkat Pendidikan
  • 31% mahasiswa universitas
  • 24% lulusan universitas
  • 23% lulusan SMA dan SMP
Pendapatan
  • 28% berpenghasilan rendah
  • 49% penghasilan menengah
  • 26% berpenghasilan tinggi

Dari statistic di atas, apaka sudah tergambar tujuan yang akan kamu capai?

Jika sudah, langkah selanjutnya adalah mengoptimasi profile bisnis online di Instagram kamu.

Kunci utama peningkatan profile bisnis online di Instagram

Bisa dikatakan kalau cara sukses bisnis oline di Instagram, terutama bisnis online shop Ig, dimulai dari pengenalan brand perusahaan.

Alasannya?

Ya. Instagram bukanlah aplikasi untuk personal. Instagram adalah homepage platform bisnis online kamu. Jadi, pasti ada bagian yang khusus menjelaskan perusahaan apa yang kamu pimpin dan beberapa informasi penting lainnya.

Kunci yang paling penting dan dasar adalah memaksimalkan akun Instagram di Bio Profile. Ini adalah beberapa cara yang bisa dijadikan sebagai referensi.

1. Bio/Diskripsi Perusahaan

Diskripsi/Bio adalah hal paling dasar di Brand. Apa yang kamu tawarkan harus mewakili perusahaan kamu dan apa yang kamu lakukan di perusahaan. Sebagian besar perusahaan sukses di dunia menerapkan dua strategi sekaligus.

  • Slogan atau Tagline (Nike “Just Do It”)
  • Diskripsi singkat tentang perusahaan dan produk atau jasa yang ditawarkan.

2. Foto Prolife

Jangan pernah berpikir kalau memasang foto profile yang bagus di Instagram adalah suatu hal yang alay. Justru, foto profile perusahaan kamu adalah suatu hal yang sangat berguna dan penting sekali.

Dalam menentukan sebuah foto profile, kamu perlu mencampur beberapa element (kayak avatar aja :D). inilah yang harus diperhatikan dalam menetukan foto profile bisnis online.

  • Logo
  • Logomark (Logo tanpa teks)
  • Maskot

3. Link

Link adalah suatu yang umum dipasang di beberapa social media seperti Facebook dan Twitter. Tapi, Instagram memiliki algoritma yang berbeda. Instagram sama sekali tidak mengizinkan untuk memasang tiap link dalam tiap post.

Baca: Lengkap Update! Perubahan Algoritma Instagram 2018

Jadi, alternative yang bisa dipakai adalah dengan memanfaatkan pemasangan link di profile.

Panduan Bisnis di Instagram
Link Bio Profile

Mengapa?

Faktanya, perusahaan raksasa di dunia telah berhasil mengumpulkan traffic yang begitu besar ke homepage mereka hanya dengan memasang link di profile. Tidak berhenti disitu, link yang dipasang juga bisa merujuk ke salah satu konten yang ditawarkan dan menjadi andalan.

Baca: Bagaimana Cara Banyak Link di Bio Profil Instagram Kamu??

Setelah melakukan optimasi dalam aspek profile, sekarang pembahasan akan masuk konten sebenarnya! Yaitu langkah pertama dalam membuat iklan di Instagram, dengan menentukan Strategi Konten.

Membuat Strategi Konten di Instagram

Bisnis online di Instagram tidak banyak berbeda dengan bisnis konvensional. Salah satunya mengenai konten.

Maksudnya disini adalah bagaimana para pengusaha atau pemilik perusahaan mengatur konten yang mereka jual. Dan di Instagram, cara bisnis oline yang paling ampuh adalah memperbagus kuallitas konten.

Mengapa?

Karena konten adalah jantung dari Instagram. Dalam kenyataannya, kesan pertama sebuah perusahaan akan tergantung oleh bagaimana konten yang di post. Jika konten tersebut bisa menarik perhatian pembaca, maka hasilnya aka nada konversi yang masuk sebagai pembeli.

Jika kamu konsisten memberikan konten yang terbaik, maka viewers atau pembaca akan cenderung follow akun bisnis kamu. Dengan demikian, langkah awal yang patut diperhatikan dan tidak beoleh dianggap sepele adalah konten yang berkualitas!

Faktanya, ada sekitar 95 juta foto yang di-upload tiap hari. Inilah yang menjadi alasan Instagram telah dibuka 300 juta penggunanya tiap hari. Alasannya adalah hanya untuk upload foto atau video dan pastinya melihat upload pengguna lain. Terlebih post-post menarik suatu perusahaan.

Kita ambil salah satu contoh konten berkualitas, Nike. Pastinya kamu tidak asing lagi dengan perusahaan besar ini. Dan faktanya, perusahaan ini juga sangat konsisten dalam memberikan post dengan kualitas yang bagus. Ini adalah salah satu contohnya.

Panduan Bisnis di Instagram
Update 2018! Panduan Bisnis di Instagram

Masalah yang mungkin kamu hadapi adalah kamu belum tau bagaimana cara membuat konten yang berkualitas. Akan tetapi, akan terlalu panjang jika harus dijelaskan disini. Sehingga, kita sarankan untuk membaca article lainnya.

Baca: Memilih Content yang Pas untuk Bisnis di Instagram

Nah, jika telah menemukan strategi yang tepat untuk konten, yang perlu kamu perhatikan sekarang adalah tema. Karena tema adalah suatu dasar yang akan membedakan perusahaan kamu dengan lainnya.

a. Bangun Tema

Mengapa bisa sebuah tema akan menjadi dasar dari sebuah perusahaan?

Pertanyaan ini kerap kali muncul dalam setiap perusahaan. Sebenarnya tidak perlu dijelaskan lebih lanjut mengapa. Karena bisa dipikir dengan logika sederhana.

Bagaimana kamu akan menulis konten jika kamu sendiri tidak tau apa yang akan kamu jadikan konten. Dalam artian, kamu tidak mengerti topic yang akan kamu jadikan konten.

Panduan Bisnis di Instagram
Sport Content on Instagram

Nah, dari gambaran tersebut, secara jelas tema disini bukan berarti wallpaper seperti di HP atau PC. Tapi, topic dari sebuah perusahaan.

Beberapa alternative yang dapat dikatakan topic atau tema yang paling populer adalah sebagai berikut:

  • Demo produk
  • Edukasi
  • Hiburan
  • Budaya

Perlu diingat bahwa daftar diatas hanya referensi. Jadi, kamu bisa memilih topis atau tema yang lain. Tidak terbatas pada daftar diatas saja.

Kamu juga tidak perlu hanya milih salah satu sebagai topic atau tema. Beberapa tema juga bisa kamu angkat. Asalkan, semuanya terkait satu dengan yang lainnya.

Karena perusahaan ini (followersindo) adalah salah satu perusahaan jasa di Instagram, maka beberapa topic telah diangkat. Sebagai contoh adalah lifestyle, Instagram trick, dan fitur update Instagram. Tetapi, fokus utama adalah dalam bidang bisnis online di Instagram.

Salah satu contoh artikel yang bisa menjadi rujukan untuk masalah lifestyle adalah artikel tentang Ayu Ting Ting.

Baca: Ayu Ting Ting Punya Followers 24 juta? Intip Rahasianya!

b. Maksimalkan dengan Insta Story

Konten yang telah dibuat akan tidak akan berfungsi jika tidak dikenalkan ke customer. Kebanyakan perusahaan besar dan raksasa akan memperkenalkan produk atau jasa mereka melalui iklan.

Betul, iklan.

Kita semua sudah tau kalau iklan biasa dipasing di TV atau media elektronik lainnya. Dengan tujuan untuk memperluas jangkauan iklan tersebut.

Akan tetapi, memasang iklan di suatu TV atau media elektronik membuatuhkan biaya yang tidak sedikit. Dalam sekali tayang dengan durasi dihitung per 30 detik, biaya yang harus dikeluarkan pihak perusahaan adalah sekitar 5-35 JUTA rupiah!

Wow!

Jadi, untuk bisnis kecil dan menengah, jumlah yang sekian banyak tidak akan mampu dialokasikan. Salah satu strategi yang paling efektif untuk menjadi alternative adalah dengan Instagram Story.

Jadi, bagaimanakah cara agar post di Insta Story bisa dilihat banyak viewers?

Pertanyaan bagus! Pembuatan Instagram untuk akun bisnis ini tak lain adalah untuk memperkenalkan produk atau jasa kepada viewers. Dengan adanya target mengenai jumlah viewers, kamu bisa memaksimalkan hasil tersebut! Adapun beberapa hal yang harus dilakukan dalam pembuatan Insta Story yang dapat menarik perhatian viewers!

=> Memaksimalkan Konten

Sudah dijelaskan diatas bahwa konten adalah jantung dari Instagram untuk bisnis online. terkenal dan tidaknya perusahaan tergantung banyak dari post dan konten. Semakin berkualitas konten suatu post, semakin menarik pembaca untuk mengikuti.

=> Behind-the-scene

Kegiatan di perusahaan juga tak kalah menarik untuk dijadikan sebagai Insta Story. Dengan adanya behind-the-scene, viewers akan mengetahui apa yang kamu lakukan di perusahaan kamu.

Dengan kata lain, sebuah post yang mengangkat keadaan dan kegiatan di perusahaan akan meningkatkan jumlah viewers karena perasaan penasaran.

Sebagai contoh, inilah salah satu brand terkenal yang mengkombinasikan post dengan tema behind-the-scene dan konten.

Panduan Bisnis di Instagram
Update 2018! Panduan Bisnis di Instagram

=> Pengalihan Akun Instagram

Strategi terakhir dalam penggunaan Insta Story adalah dengan mengalihkan akun bisnis Instagram. Maksudnya adalah membiarkan seseorang untuk mengatur akun bisnis suatu perusahaan tersebut.

Mengapa demikian?

Pemngambilalihan ini bukan semerta-merta ditujukan kepada pengguna biasa. Perusahaan tentunya tidak akan pernah mempercayai akun pribadi dengan mudah.

Jadi, akun yang dipilih untuk menjadi pengelola akun bisnis perusahaan adalah dia yang memiliki konten cerdas dan inovatif.

Alasannya?

Gampang saja. Ingat, perusahaan yang menggunakan Instagram memiliki tujuan yang tak lain adalah meningkatkan omset mereka. Tujuan ini hanya bisa didapat jika terjadi engagement yang besar. Sehingga dengan engagement skala besar, konversi penjualan produk atau jasa juga akan semakin besar.

Salah satu akun pribadi yang dipercaya perusahaan raksasa dunia, Buffer, adalah Brian Fanzo. Perhatikan baik-baik bagaimana si Fanzo membuat Insta Story.

Panduan Bisnis di Instagram
Update 2018! Panduan Bisnis di Instagram

Sekalipun terlihat sangat simple, bukan berarti dia tidak professional. Justru dengan konten kesederhanaan dan kejelasan tentang apa yang di post, itu akan menjadikan suatu post semakin bagus.

Jika telah melakukan beberapa step diatas, akan sangat dianjurkan untuk kamu mengoptimasi hasil dari usaha keras kamu. Beberapa hal berurutan yang kamu bisa lakukan adalah menyeleraskan konten.

Berikut ini adalah step membuat konten yang selaras:

Penyerasan Konten untuk Hasil Luar Biasa

Seperti yang dijelaskan di atas, konten adalah jantung dan pusat dari kehidupan suatu bisnis online. terutama di Instagram. Dalam hal ini, konten haruslah bisa menentukan style dan nilai keindahan post-post di Instagram.

  • Style Guidelines

Apakah maksud dari Style Guidelines?

Style guidelines adalah suatu perencanaan yang ditujukan untuk mencapai goal bisnis online. Maksudnya, apa saja yang akan dilakukan oleh suatu perusahaan mulai dari awal hingga akhir.

Apakah penting untuk menentukan style guidleines?

Ya. Jawaban mutlaknya adalah YA. Style guidelines ini bukan hanya mengatur tentang kegiatan suatu perusahaan untuk menjadi sukses. Tetapi lebih dari itu!

Aspek yang termasuk dalam optimasi style guidelines ini adalah design dan hashtag juga. Sebenarnya butuh penjelasan yang sangat panjang dan khusus untuk membahas topic ini. Jadi, kita sarankan untu  membaca artikel kita tentang topic ini.

Baca: Cara Membuat Style Guidelines Sosial Media Untuk Bisnis Online

Salah satu yang paling signifikan untuk diperhatikan dalam pembuatan style guidelines ini adalah design. Jadi, hal vital pertama adalah menentukan komposisi.

  • Komposisi

Komposisi bukan berarti bahan-bahan yang digunakan untuk membuat makanan atau minuman saja ya. Di dalam bisnis online, komposisi ini berarti penataan visual post.

Faktanya, bukan semua perusahaan itu adalah fotografer yang professional. Tidak juga semua menyewa jasa khusus fotografi untuk menangani post dan konten.

Tapi, dengan merujuk pada beberapa brand terkenal dalam membuat post, kamu bisa menganalisa pattern atau polanya. Coba perhatikan gambar dari salah satu akun Instagram berikut.

Panduan Bisnis di Instagram
Update 2018! Panduan Bisnis di Instagram

Dalam gambar tersebut terlihat jelas kombinasi yang dipakai oleh perusahaan tersebut. Jadi, inilah rahasianya:

  • Warna background
  • Gambar utama
  • Text diskripsi singkat

So, mulai sekarang, coba pikirkan ketiga hal ini. Jika telah menemukan ide, bisa langsung Tanya kita di kolom comment ya.

Baca: Mengundang Customer dengan Kreativitas Konten Bisnis di Instagram

  • Color Palette

Penggunaan warna dalam post adalah bukan suatu yang alay. Justru, warna juga menjadi indicator jelas tentang post dan konten.

Dalam artikel kreativitas tema visual diatas, dijelaskan bahwa penggunaan warna akan membuat kamu terlihat konsisten. Tetapi, untuk terlihat konsisten, bukan berarti bahwa kamu dibatasi harus memakai 1 warna saja.

Kombinasi warna juga menjadi alternative. Alasannya adalah post jadi berwarna yang mengambarkan bahwa post dan konten telah sangat dipilih secara hati-hati untuk mewakili suasana.

Perhatikan post dari perusahaan trading minuman rasa buah dari India di bawah:

Panduan Bisnis di Instagram
Update 2018! Panduan Bisnis di Instagram

Yes, apa yang kamu dapatkan. Coba buat kreasi kamu sendiri.

  • Jenis Font

Jangan pernah menganggap bahwa font itu tidak penting! Ingat, konsistensi dalam suatu post adalah suatu keharusan!

Konsistensi ini tidak hanya masalah konten yang berupa gambar, termasuk juga didalamnya adalah Font! Artinya, dalam membuat dan menentukan post, gunakan juga jenis font yang konsisten.

Mengapa?

Dengan konsistensi ini, brand kamu akan semakin dikenal. Tujuannya adalah menunjuukan fokus suatu post.

Perhatikan gambar dari post perusahaan terkenal dibawah ini

Panduan Bisnis di Instagram
Update 2018! Panduan Bisnis di Instagram

Apakah yang sama?

Yap! Font. Tentu saja dengan membaca sekilas post tersebut, viewers dapat langsung mengambil kesimpulan bahwa post ini adalah milik Headspace. Hanya karena konsistensi dalam penggunaan fonts!

Wow!

  • Caption

Caption juga sangat penting untuk dipertimbangkan.

Mengapa?

Algoritma Instagram hanya membatasi sekitar 2.200 huruf untuk caption. Ini juga merupakan kesempatan yang tidak boleh disia-siakan!

Fungsi caption sendiri sangat beragam. Mereka bisa digunakan untuk micro-blogging atau story, headline, dll.

Perhatikan salah satu post dari Mailchimp dibawah.

Panduan Bisnis di Instagram
Update 2018! Panduan Bisnis di Instagram

Disamping gambar yang telah di plan dengan sangat bagus, terdapa caption yang juga sangat menarik! Terkesan bahwa perusahaan ini konsisten dengan penulisan tema yang menggemaskan.

  • Hashtag

Langkah optimasi terakhir suatu post adalah menggunakan hashtag. Fungsi hashtag sendiri adalah seperti keyword atau anchor text dalam bahasa blogging.

Maksudnya adalah ketika orang mencari di search, maka kata kuci atau keywords itu akan langsung ditembakkan ke hashtag sebelum ke pengguna pribadi.

Akan tetapi, penggunaan hashtag ini juga tidak bisa sembarangan. Perlu dilakukan plan yang sesuai antara 1 hashtag dengan post.

Dan faktanya, dalam menentukan hashtag di bisnis online, sangat sulit. Sehingga butuh panduan tersendiri cara membuat hashtag bisnis online.

Baca: Cara Membuat Hashtag Ampuh Untuk Marketing Online di Instagram

Tambahan, gunakan hashtag sebagai comment. Perhatikan post dibawah ini!

Panduan Bisnis di Instagram
Update 2018! Panduan Bisnis di Instagram

Hashtag dijadikan sebagai comment untuk sebuah post foto! Keren kan.

Setelah melakukan optimasi post, tugas tidak berhenti. Permasalahan selanjutnya adalah bagaimana strategi post.

Strategi Upload Post

Konsistensi dalam perusahaan selain dari konten juga dari segi strategi post. Maksudnya adalah dalam melakukan upload post juga harus diperhatikan beberapa element.

Mengapa demikian?

Ya. Karena konten adalah suatu yang ditunggu-tunggu oleh para viewers. Makasudnya adalah dengan upload post yang terjadwal, viewers akan begitu menantikan konten baru yang di upload.

Statistic dari Union Metric, salah satu perusahaan terbesar aplikasi Instagram, telah dapat membuktikannya.

Faktanya, ada sekitar 1,5 post yang di upload tiap harinya. Hal ini mengindikasikan bahwa tidak ada hubungan yang secara langsung mengenai banyaknya post yang di update tiap hari dan jumlah engagement.

Kesimpulannya, tidak perlu memperhatikan berapa jumlahnya, akan tetapi, yang sangat perlu adalah untuk memperhatikan kualitasnya.

Adapun permasalah ayang sangat sering muncul adalah mengenai jadwal yang terbengkalai. Contohnya, jika minimal 1 hari diharuskan upload 1 post, maka pasti ada beberapa hari yang terlewat karena urusan lain.

Tentunya hal kecil yang seperti ini akan menghambat adanya konsistensi suatu perusahaan.

Solusinya, cukup mudah! Gunakan aplikasi!

Panduan Bisnis di Instagram
Jadwal Post di Instagram

Dalam urusan ini, akan dibutuhkan waktu yang lama dan panjang dalam pembahasan. Jadi kita sarankan untuk membaca artikel kita khusus mengenai aplikasi ini.

Baca: 2 Aplikasi Terbaik dan Termurah untuk Auto Post di Instagram

Analisa Jejak Instagram Bisnis

Jadi sampai disini saja kah langkah-langkah ini?

Sttt… Belum selesai!

Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah menganalisa keefektifan dari semua strategi yang kita gunakan tadi!

Ini adalah rahasia para pengguna akun bisnis terbesar di dunia.

Mereka melakukan analisa apakah efektif strategi yang telah di plan dan diwujudkan. Dengan adanya analisa ini, maka akan ada hasil yang signifikan dalam artian perkembangan.

Semakin dianalisa, akan semakin kelihatan apasaja yang kurang. Dan dari kekurangan itu, sudah pasti bisa diperbaiki dan dijadikan sebagai peningkatan.

Untuk analisa ini, diperlukan suatu aplikasi. Telah banyak perusahaan jasa yang membuat aplikasi untuk analisa.

Untuk lebih lengkapnya, baca: Aplikasi Paling Populer untuk Instagram Analytic 2018!

Kesimpulan

Memulai sesuatu bukanlah hal yang mudah, Bro, Sis. Perlu adanya pemikiran dan pertimbangan yang benar-benar matang. Apalagi sebuah bisnis online di Instagram.

Ada banyak hal yang perlu diketahui dalam membuat bisnis online sukses melalui Instagram. Dengan demikian diperlukan bimbingan khusus mengenai pembuatan bisnis online ini.

Semua hal mengenai bisnis online di Instagram, termasuk bisnis online shop, telah dikemas di Update 2018! Panduan Bisnis di Instagram ini.

Instagram adalah kesempatan emas untuk mengembangkan bisnis online. Syaratnya, ikuti jejak kesuksesan perusahaan raksasa di dunia. Terapkan Update 2018! Panduan Bisnis di Instagram ini dengan tanpa ada yang tertinggal.

Okay, Bro, Sis. Akhirnya pembahasan kita mengenai Update 2018! Panduan Bisnis di Instagram ini selesai juga.

Jika ada masalah atau pertanyaan, silakan isi kolom comment di bawah ini!

Selamat mencoba dan semoga sukses selalu.