Cara Membuat Online Shop Social Media

Cara Membuat Bisnis Online Shop Social Media
Cara Membuat Bisnis Online Shop Social Media

Apakah Anda bermimpi untuk punya online shop? Punya plan buat kerja di depan laptop dengan online shop yang berjalan auto pilot?

Entah Anda benar-benar baru atau udah pernah main bisnis online, setidaknya ada 7 step yang bikin Anda sukses berat di bisnis online shop social media.

Kita sih maunya Anda punya online shop yang bagus, ada ide produk, sampai berjalan lancar. Bahkan, Anda juga bisa mendapatkan customer pertama hari ini!

Lebih singkatnya, 7 step untuk bikin online shop di social media adalah:

  1. Tentukan Niche
  2. Pilih antara dropshipping atau produksi sendiri
  3. Tentukan produk yang bakal Anda jual
  4. Pikirkan juga nama brand yang cocok dengan produk
  5. Bikin Social Media

Udah siap belum nih? Kalau udah, kita langsung cabut!

Bisnis online shop di social media nggak bakal bisa berjalan lancar tanpa trik yang udah terbukti. Nggak cuman teori aja, Anda butuh banget trik jualan berdasarkan pengalaman yang terbaik.

Untungnya, Followersindo bakal bantu Anda untuk meningkatkan branding di akun social media Anda. Dengan begini, pengunjung bakal terkonversi jadi pembeli gara-gara kredibilitas akun Anda.

Klik tombol di bawah ini buat join di Followersindo.

Saya Mau

Cara Memulai Bisnis Online Shop

Kita mau tekankan lagi, cara memulai bisnis online shop ini nggak bisa langsung instant jadi. Ada beberapa step yang berurutan yang harus Anda lakukan.

Tentukan Niche

Kalau Anda masih belum kenal sama term ini, santuy aja. Kita bakal jelaskan.

Niche adalah fokus utama yang Anda pilih dalam bisnis. Contoh, Anda mau masuk ke produk apa? Fashion, kosmetik, beauty, atau jasa apapun lah.

Kalau menurut saya sih lebih baik Anda terjun ke niche yang udah besar dan banyak fansnya. Menurut data sih, ada 5 niche terbaik di Instagram saat ini:

  • Fashion
  • Kuliner
  • Beauty
  • Travel
  • Fitness

Nah, jadi pilih aja salah satu dari 5 niche keren itu. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan isi masing-masing niche.

Perlu Anda tau, dalam satu niche masih ada banyak banget pilihan. Contoh simple-nya, fashion. Ada hijab, ada baju atasan, ada jacket, ada celana, ada sepatu, dan aksesoris.

Jelas Anda harus pilih satu atau 2 macam jenis fashion aja. Dengan begitu, Anda bakal fokus untuk melakukan marketing. Faktanya, marketing satu produk dan produk lain itu jelas beda.

Jelas kan?

Pilih Dropship atau Produksi

Kalau saran kita sih, mending Anda pilih Dropship kalau emang masih baru. Resiko produksi itu banyak banget. Belum mikir tentang bahan baku, belum lagi proses, dan belum menentukan margin.

Dropship ini membantu mencegah kerugian gara-gara biaya produksi. Artinya, Anda cukup mendatangkan produk dari supplier. Anda juga harus fokus ke marketing biar hasilnya di luar ekspektasi.

Selain itu, Anda juga hemat resiko. Perhatikan juga tentang margin nya. Syukur-syukur kalau bisa dapat supplier dengan harga beli yang jauh di bawah pasaran. Apalagi kalau produk yang Anda jual itu masih terhitung langka.

Tentukan Produk atau Jasa Online Shop

Siapa bilang sih jualan harus barang fisik yang besar? Sekarang era digital gitu loh! Produk atau barangnya juga kebanyakan digital yang laku.

Masih punya sambungan dengan niche, jenis produk yang Anda ambil juga harus spesifik. Anda bisa pilih baju atasan atau satu fokus lainnya. Kalau emang itu masih kebesaran scope nya, Anda bisa pilih lebih spesifik lagi kayak baju atasan muslimah.

Selain membantu pekerjaan makin ringan, produk atau jasa yang fokus ini juga bisa bikin hasil makin maksimal.

Tapi bukan berarti kita batasin Anda buat main cuman di satu jenis produk aja. Anda juga bisa pilih 2 atau 3 produk yang masih ada keterkaitan dengan produk utama Anda.

Contoh, baju atasan muslimah itu bakal nancep banget sama jilbab atau hijab. Selain itu, hijab juga nggak bisa lepas dari yang namanya aksesoris kayak bros dan lainnya.

Jadi, jualan 1 jenis fashion aja bisa merambah kan?

Branding (nama brand, warna, logo, sampai tone)

Pertanyaan kita, mau Anda jual ke siapa produk atau jasa itu? Tentu dong kalau produk muslimah anak muda nggak cocok buat dipakai orang tua.

Inilah yang namanya branding, yaitu cara orang melihat dan menilai Anda. Logikanya, kalau Anda kenalan sama orang secara langsung maka orang itu bisa kenali Anda dari penampilan.

Karena main social media online, maka satu-satunya jalan buat Anda biar bisa dikenal banyak orang adalah dengan optimasi branding.

Secara umum, optimasi branding ini meliputi nama, username, logo / foto profil, bio, dan CTA. Penjelasannya kayak gini:

  • Nama: gunakan nama asli, jangan sampai nama alay yang kebanyakan huruf
  • Username: usahakan buat perpaduan antara nama asli dan jenis niche yang Anda kerjakan
  • Logo / Foto: Usahakan pakai logo dengan ukuran yang udah disesuaikan dengan masing-masing social media ya
  • Bio: gunakan bio yang menarik dan mewakili apa yang Anda lakukan sekarang atau produk yang Anda jual
  • CTA: Pastikan juga buat menyisipkan link website atau social media lain yang Anda punya sehingga bisa menyebar

Waktu bikin logo, pastikan memperhatikan simbol dan warna dengan baik. Kalau target Anda emang anak remaja, pastikan buat pakai warna yang cerah dan energik. Contohnya kayak biru, kuning, dan orange.

Aspek Branding Online Shop

Sebaliknya, kalau emang target Anda adalah orang tua, pakai aja warna yang lebih gelap dan mantap. Biru tua, coklat, hitam putih, itu cocok banget.

Pastikan buat pakai juga font yang sesuai dengan karakter brand yang udah Anda bentuk. Kalau perlu, sewa designer buat 1 projek ini aja. Dengan begitu, Anda punya waktu yang cukup buat menyiapkan step selanjutnya.

Sekarang bicara masalah tone yang bekaitan dengan gaya bahasa dan style Anda dalam berkomunikasi. Ini menentukan konten dan caption yang bakal Anda pakai.

Yah kalau targetnya anak muda sih, bahasanya ya yang selow, santuy dan populer. Pastikan buat pakai emot biar kelihatan makin hidup.

Beda lagi kalau Anda memilih orang tua sebagai target. Bahasa harus baku, sopan, dan terkesan legal.

Udah ngerti ya? Yuks lanjut kalau udah ngerti.

Sekali lagi, langkah Anda bakal berhambat gara-gara branding yang nggak bagus! Kalau bisa kita sarankan, lebih baik Anda pakai jasa Instagram untuk menambah branding dengan cepat.

Kalau emang Anda nekat buat menambah secara manual, kita nggak tau seberapa lama Anda bakal sukses. Kita pernah mengalaminya lebih dari 7 tahun. Terus, apa masih sabar menunggu selama itu?

Mending percayakan branding Anda ke Followersindo. Layanan Instagram bisa Anda pakai untuk meningkatkan interaksi dengan cepat. Terbukti 10 ribu followers cuman dalam waktu 30 hari aja.

Saya Mau

Bikin Social Media Buat Online Shop

Terakhir, langsung aja eksekusi online shop Anda dengan social media. Nggak cuman gara-gara populer aja, social media juga punya peran yang besar buat konversi penjualan.

Statistik menunjukkan kalau social media masih jadi senjata para marketer online buat meningkatkan traffic ke website. Ada beberapa macam social media yang sering banget buat bikin strategi marketing. Instagram, YouTube, Facebook, sampai Pinterest juga efektif banget buat jualan.

Saran kita sih, pastikan paling nggak Anda punya 3 atau 4 akun social media. Hubungkan semua itu dalam sekali post. Artinya, Anda cuman perlu bikin 1 konten posting yang bakal langsung disebarkan ke semua channel social media.

Kalau perlu, lakukan juga endorse biar followers brand ambassador Anda jatuh ke pekukan Anda. Udah banyak banget yang membuktikan cara ini dan udah berhasil.

Kesimpulan

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam bikin bisnis online shop. Entah apapun produk yang Anda jual, pertikan 5 Step ini dilakukan dengan benar. Jangan harap bakal dapat customer cuman dengan berdiam diri aja.

Kalau emang mau hasil yang lebih, pakai juga strategi social media marketing. Anda bakal jadi salah satu online shop dengan omset ratusa juta per bulan kalau sampai semua step dan marketing Anda pakai.

So gimana menurut Anda? Apakah ada masukan atau saran buat kita?

Isi aja di kolom komentar ya biar kita bisa update sesuai dengan ide Anda.