Penting! Macam-macam Iklan Instagram Update 2018

Berani Buktikan Macam-macam Iklan Instagram Update 2018!
Iklan Instagram

Berani Buktikan Macam-macam Iklan Instagram Update 2018!

Hello, Bro, Sis! Gimana bisnis nya? Sudah lancar? Alhamdulillah jika sudah lancar. Buat kamu yang belum lancar bisnisnya, yang masih mencari tau tentang lapangan iklan dan strategi yang bisa kamu lakukan untuk iklan, hari ini saatnya memulai, Bro, Sis! Intinya, kali ini kita akan kasih kamu informasi Macam-macam Iklan Instagram Update 2018! yang wajib kamu tau!

Sudah pada buat bisnis online di Instagram? Sudah pada menarpkan tips dan strategi yang kita kasih di artikel-artikle kita sebelumnya??

Kalau belum, kita sugestikan dan sarankan buat baca keseluruhannya.

Baca: Panduan Lengkap Bisnis Online di Instagram

Jika kamu sudah dan menerapkan strateginya, kamu akan menemui pertanyaan tentang bagaimana cara membuat iklan di Instagram tentang produk dan jasa yang kamu tawarkan.

Iklan di Instagram (Instagram Ads)

Sudah bukan rahasia lagi jika ada 2 macam hal yang dilakukan oleh para pebisnis online untuk menarik perhatian customer mereka. 1 cara telah kita bahas dalam artikel lain yang khusus tentang engagement dan perubahan algoritma Instagram 2018. Secara singkat, cara pertama ini lebih menitik beratkan kepada optimasi inti dari akun bisnis Instagram itu sendiri. Mulai dengan optimasi dalam bidang profile hingga konten. Untuk lebih jelasnya, kita sarankan kamu baca sendiri artikelnya.

Baca: Lengkap Update! Perubahan Algoritma Instagram 2018

Sudah mengerti?? Kalau belum, kamu bisa langusnug isi kolom comment di bawah ya!

Jika cara pertama terpenuhi semua, kini tingga kita melakukan hard selling. Mengapa langsung hard selling??

Ya! Karena apa yang kamu lakukan pad acara pertama tadi seutuhnya adalah soft selling.

Macam-macam Iklan Instagram
Hard Sell

Lalu apa cara yang bisa jadi alternative untuk hard selling ini??

Pertanyaan bagus, Bro, Sis!

Jawabannya, IKLAN!

Yuk kita ngaca dulu dengan fakta di lapangan, Bro, Sis! Instagram memiliki lebih dari 800 juta user yang aktif tiap bulannya. Demografinya juga sangat menguntungkan bagi pebisnis, terutama bisnis online. Yaitu, 60% dari total pengguna atu users adalah orang yang berumur dibawah 30 tahun.

Jadi, Instagram adalah salah satu platform yang sangat cocok untuk kamu jadikan sebagai media penghubung kamu dengan para costumer kamu!

Macam-macam Iklan Instagram
Instagram ads

Itu dari segi demografis saja, Bro, Sis! Terus bagaimana dari segi finansial?? Emang berapa fee yang dikeluarkan dalam trading online lewat Instagram ini??

Waduh, Bro, Sis! Okay deh. Menurut salah satu sumber, ada sekitar 6.84 juta US Dollar yang berputar di dunia online. Data ini diambil menurut perhitungan awal 2018 kemarin!

Dilihat dari segi bisnis sendiri, sudah ada sekitar 2 juta lebih bisnis online dengan brand yang luar biasa. Faktanya, mereka tidak hanya menggunakan post dan konten saja untuk menarik perhatian para cosumer mereka. Mereka menggunakan iklan atau yang disebut dengan Instagram Ads.

So, bagaiman dengan bisnis online kamu?? Sudah siap bersaing dengan competitor?? Jika memang kamu sudah menjalankan bisnis online ini, kamu perlu tau lebih lanjut tentang iklan Bro, Sis! Sebelum kamu masuk ke trading dengan competitor raksasa seperti mereka!

Ini dia semua yang perlu kamu tau tentang Iklan di Instagram

Macam-macam Iklan di Instagram

Ya, sudah rahasia umum sih kalau Instagram ini adalah platform dengan fokus ke foto dan video sebagai konten. So dengan fokus itulah kita bisa mengammbil ancang-ancang kira-kira strategi macam apa yang akan kita gunakan.

Nah, Instagram sendiri jika kita perhatikan lebih lanjut menawarkan beberapa macam iklan. Spesifiknya ada 5 maam jenis iklan atau ads yang bisa kamu gunakan.

Eits, 1 lagi hal yang perlku kamu tau dan tanamkan dalah pikiran kamu, Brop, sis! Sejak 2012, Instagram sudah mejadi bagian dari Facebook. Jadi, ada hubungan antara Instagram dangan Facebook, Bro, Sis! Terutama dalam bidang bisnis!

Instagram ini secara langsung nyambung dengan Facebook, Bro, Sis!

Dengan demikian, kamu diharapkan untuk bisa mengabil keuntungan menggunakan Facebook Ad Manager itu. Keuntungannya adalah kamu bisa membidik secara lebih luas lagi audience kamu, Bro, Sis!

So, inilah beberapa tipe Instagram Ads yang umum dipakai.

Photo Ads

Iklan foto atau photo ads ini bisa digunakan oleh bisnis online dengan menyusun beberapa foto sekaligus! Kalau kamu sudah bisa membuat konten foto yang luar biasa bagus dan berkualitas, alternative ini bisa mnejadi pilihan utama kamu!

Salah satu bisnis online yang paling terkenal dalam menggunakan photo ads ini adalah parachute home. Disini, pihak Parachute mengiklankan produknya yang berupa 60-night trial tempat tidur. Lebih menariknya algi, dia menggunakan CTA yang berupa Shop Now. Dengan strategi semacam ini, sudah barang tentu calon pembeli dan customer tidak akan merasa dipaksa dan terbebani untuk berbelanja.

Semua Hal Tentang Iklan Instagram Update 2018!
Parachute Home

Kerennya lagi, Bro, Sis! Parachute ini post-post nya bisa sangat berbeda dengan yang lain lho, Bro, Sis! Dari segi tema dan feel yang sangat menakjubkan! Strategi yang dipasang adalah dengan post yang menunjukkan kondisi dan suasana kamar tidur yang autentik, nyaman dan luas. Kesannya adalah terlihat mewah dan bisa membangkitkan gairah untuk bermimpi indah.

Iklan ini dipasang dengan tujuan untuk menarik perhatian customer dengan rata-rata umur antara 18-54 tahun. Nah, jika kamu udah tanya berapa rate yang dihasilkan dan apakah effective, kamu akan sangat terkejut sekali.

Masalahnya ada sekitar 5.4 rate baru yang naik dengan hanya menggunakan platform Instagram photo ads ini lho, Bro, Sis! Data menunjukkan bahwa ada kenaikan yang sangat signifikan dengan perbandingan 1:2 dari yang lama.

Biasanya, strategi untuk CTA sendiri, Parachute Home ini memakai beberapa variasi. Diantaranya adalah:

  • Apply Now
  • Book Now
  • Contact Us
  • Get Direction
  • Learn More
  • Get Showtime
  • Download

Video Ads

Jika yang pertama adalah foto, kini kita akan bahas tentang ads yang ga kalah menarik dan booming lho, Bro, Sis! Yap! Video.

Sudah bukan rahasia lagi kalau orang-orang udah gila banget dengan video. Menurut penelitian, pengguna atau user lebih sering menghabiskan waktu menonton video di Feed Instagram mereka. Lebihn jelasnya, sebanyak 80% dari total per tahunnya!

Itulah sebabnya, post video ini mengalami kenaikan yang sangat signifikan. Data statistic menunjukkan bahwa jumlah post videi di tahun lalu saja, 2017, suda mencapai 4 kali lipat dari post video di tahun 2016!

So, inilah kesempatan emas yang kamu ga boleh sia-siakan, Bro, Sis!

Kamu Harus Tau Semua Hal Tentang Iklan Instagram
Instagram Video Ads

Contoh

Bisnis yang sangat sukses dalam menerpkan strategi ini adalah OGX. OGX adalah perusahaan yang menyediakan jasa perawatan rambut bagi wanita. Hebatnya, perusahaan ini sudah international.

Kira-kira kamu tau ga kenapa perusahaan bisnis online ini sangat sukses, Bro, Sis?

Seperti yang kita jelaskna di artikel-artikel sebelumnya mengenai bisnis online ini, perusahaan bisnis online yang satu ini ternyata sudah menerapkannya, Bro, Sis! OGX konsisten dengan embel-embel dan jargon “Rock What you’ve Got”.

Dengan embel-embel ini, bisnis online ini mengajak wanita dunia yang begitu berbeda 1 dengan lainnya untuk tidak merendahkan yang lain. Dalam konsep ini, perbedaan bukan suatu hal yang dipermasalahkan, tapi harus dirayakan! Terutama dalam hal penampilan rambut!

Tambah lagi, target pemasaran bisnis online ini adalah wanita millenial dengan umur sekitar 18-34 tahun! Jika kamu tanya mengenai konversi yang didapat perusahaan yang satu ini, kamu pasti akan sangat terkejut!

Dengan menggunakan ads yang ada di Instagram, dia bisa meraup sekitar 61 persen target di U.S atau Amerika. Tambah lagi, dia juga mendapatkan konversi sebanyak 60 persen dari total target di Australia, Jerman, dan Inggris!

Dengan demikian, banyak konversi yang didapat menurut penelitian dan data analisa, OGX memperoleh tingkat 5 kesadaran Brand dari wanita Australia dan kenaikan tajam yaitu 8 persen di U.S atau Amerika!

Nah, 1 hal lagi yang paling menarik adalah strategi Branding dalam post dan ads nya, Bro, Sis!

Jika rata-rata ads yang dibuat adalah 15 detik atau 10 detik, OGX menggunakan 1-2 detik pertama untuk menampilkan Brand!

Dan juga konten yang disediakan sangat kental dan padat, Bro, Sis! Jadi, ga perlu waktu lama untuk melihat ads itu, customers sudah bisa sangat tertarik! Wow!

Carousel Ads

Percaya atau ga, Bro, Sis kalau hampir semua orang itu suka dengan story-telling?? Nah, kamu juga bisa gunakan kesempatan ini, Bro, Sis!

Jadi, hal yang perlu kamu lakukan hanya 1, Bro, Sis! Gunakan iklan dengan post foto dan video tidak cuman 1 aja. Tapi rentetan foto dan video!

Kamu Harus Tau Semua Hal Tentang Iklan Instagram
Carousel Ads

Mengapa harus pakai beberapa foto dan video??

Ya! Sekali lagi, Bro, Sis! Dengan iklan semacam ini, kamu bisa membuat cerita pendek tentang brand kamu, Bro, Sis! Jadi, kamu bisa highlight beberapa produk dan jasa kamu dalam 1 post. Atau bahkan kamu bisa mengunakannya untuk cerita deskripsi produk dan brand kamu. Nah, jika kamu hanya menawarkan 1 produk saja, kamu bisa menjadikan rentetan ini menjadi diskripsi yang lebih lengkap dari yang lain, Bro, Sis!

Contoh

Sebenarnya sangat banyak perusahaan bisnis online yang sudah menerapkan strategi ads semacam ini. Tapi menurut kita, Brand yang plaing menonjol sukses dan populer dengan Carousel Ads ini adalah Kayla Itsines. Dia adalah seorang penemu dan pencetus Bikini Body Guide.

Berbeda dengan yang lain, disini Kayla sendiri bukan mempromosikan gym yang ia miliki, Bro, Sis! Tapi, iklan atau ads nya adalah untuk meingkatkan kesadaran Brand dan juga download aplikasi olahraga gym.

Alasan Kayla menggunakan ads jenis ini adalah dia ingin memperlihatkan kepada customer mengenai detail jenis olahraga ringan atau exercise yang bisa dilakukan dimana saja. Tentu saja, dengan menggunakan tutorial dari aplikasi yang ia tawarkan!

Konversinya??

Jangan khawatir soal konversi, Bro, Sis! Tahu ga kalau target market nya itu wanita dengan umur rata-rata 18-42 tahun. Konversinya bisa mencapai 6.4 juta dan kenaikan level kesadaran Brand bisa mencapai tingkat 21 Bro, Sis!

Sebelum kita ke jenis selanjutnya, Carousel Ads ini cocok banget buat perusahaan bisnis online kuliner dan fashion. Alasannya, jenis ads ini mementingkan konten yang lengkap dan detail.

Biasanya, beberapa CTA yang cocok buat ads jenis Carousel adalah:

  • Apply Now
  • Book Now
  • Contact Us
  • Call Now
  • Download

Story Ads

Jenis yang paling banyak dipakai di Indonesia adalah jenis ini Bro, Sis! Mungkin kamu juga bagian dari mereka yang menggunakan ini!

Ads di story Instagram ini akan muncul pada customers yang menjadi follower suatu Brand tertentu. Dan kamu juga sudah tahu kalau cara kerjanya. Ya, ads itu akan muncul secara layar penuh pada followers itu ketika di post!

Semua Hal Tentang Iklan Instagram Update 2018!
Story Ads

Mengapa post ini bisa menjadi alternative untuk iklan?? Emang bisa seefektif yang lain ya??

Begini, Bro, Sis! Sebagai pemilik dan pengatur bisnis online, kamu harus jeli sekali. Sudah kita jelaskan di artikel kita sebelumnya, salah satu mindset bisnis online sukses di Instagram adalahdia berani mencoba dan mengalahkan rasa takut!

Baca: Mindset Pengusaha Sukses Bisnis Online di Instagram

Peluang yang bisa kamu manfaatkan untuk menjadi acuan adalah Pengguna Instagram.

Instagram memiliki 300 juta pengguna aktive yang melihat story tiap harinya! Dan data di Indonesia sendiri, pengguna Instagram sebanyak 45 juta! Jadi, ini adalah kesempatan emas yang ga boleh disia-siakan!

Bro, Sis! Asal kamu tahu, dengan adanya format lain dari Instagram ads, kamu bisa menarget audience kamu dan milih cara mereka melihat ads kamu itu! Karena Instagram Story itu masa berlakunya hanya 24 jam atau sehari-semalam, bisa jadi Insta Story ini adalah alternative terbaik kamu dalam memasang iklan dan promosi terbaru bisnis online kamu!

Dan juga pihak bisnis online bisa diuntungkan dengan fitur-fitur yang ada di Insta Story itu sendiri. Seperti filter, video effects, dan text menarik serta kreasi promosi yang keren banget!

Ya! Jika kamu bisa memaksimalkan semua fitur-fitur itu, ads kamu tidak akan dicurigai sebagai iklan. Justru para customer kamu akan mengira kalau itu hanya post! Dan itu keren banget lho, Bro, Sis! Berarti soft-selling kamu memang bener-bener bagus! Ditambah, kamu juga bisa menggunakan CTA atau swipe-up yang bisa mengantarkan customer kamu langsung ke website kamu, Bro, Sis!

Canvas Story

Jenis ads terakhir adalah jenis canvas yang disediakan oleh Facebook! fungsi dari canvas Facebook ini sendiri adalah untuk membuat video di Instagram yang sudah disesuaikan untuk HP dan sangat cepat loadingnya!

Facebook juga memfasilitasi keperluan canvas ini. Seperti templates yang sangat berguna untuk mempermudah kamu merancang semuanya! Dan juga, jika kamu bosen dengancanvas yang sudah disediankan pihak Facebook itu, kamu juga bisa berkreasi dengan membuat canvas kamu sendiri!

Contoh yang paling terkenal adalah Birchbox. Birchbox ini adalah layanan email subscribe yang bergerak dalam bidang kosmetik dan produk kecantikan.

Semua Hal Tentang Iklan Instagram Update 2018!
Canvas Ads

Awalnya, Birchbox ini menggunakan canvas ads untuk membangun kesadaran Brand. Dan ads ini khusus di launched di Perancis. Hasilnya, Birchbox kini menjadi trend global, Bro, Sis!

Canvas ads ini juga dilengkapi denganadanya swipe-up yang digunakan untuk link langsung ke URL website untuk penawaran spesial yang kamu pasang di ads itu, Bro, Sis!

Nah, keuntungan yang diperoleh Birchbox, bisnis online ini bisa mendapatkan jumlah klik 4 kali lipat dari sebelumnya! Nilai yang hasilkan juga sangat excellent. Yaitu sekitar 50 persen lebih tinggi dari platform yang lainnya!

Kesimpulan

Salah satu penentu keberhasilan sebuah brand dalam mencapai tujuan adalah dengan iklan. Terutama juga dalam bisnis online di Instagram.

Suatu brand perlu membuat iklan untuk memberikan informasi kepada customer tentang apapun yang bisa menjelaskan produk atau jasa yang sedang di promosikan. Dengan memperhatikan macam-macam iklan di Instagram ini, diharapkan bisnis yang kamu kelola bisa menembak sasaran langsung dengan jenis iklan yang sesuai juga.

Iklan merupakan ujung tombak yang akan berkonversi pada kenaikan dan perkembangan jumlah konversi serta tujuan suatu brand!

Okay deh, Bro, Sis! Thanks udah menyempatkan waktu buat baca artikel kita tentang Macam-macam Iklan Instagram Update 2018! ini. Semoga bisa menjadi referensi yang menguntungkan untuk bisnis online kamu!

Kalau kamu suka konten bisnis online, terutama mengenai brand di Instagram dan strateginya, kamu bisa langsung kunjungi website utama kita. Banyak sekali informasi yang bisa kamu jadikan referensi untuk kemajuan bisnis onliune dan brand yang sedang kamu pimpin. Cukup click disini ya, Bro, Sis!

Bye, Bro, Sis!