demografi untuk marketing online Instagram

Inilah demografi Instagram untuk marketing online Instagram Terpenting

Intip! Inilah demografi Instagram untuk marketing online Instagram Terpenting

Hai, Bro, Sis! Ingin jadi marketing online di Instagram? Modal 0 rupiah tapi penghasilan berjuta-juta? Inilah hal terpenting yang harus kamu tahu! Ya, demografi Instagram untuk marketing online Instagram yang sangat vital dan terbukti berhasil!

Bro, Sis! Ga kerasa ya Instagram udah berumur 8 tahun sejak pertama didirikan oleh Kevin Systrom tahun 2010 lalu. Perjalanan selama 8 tahun ini telah memberikan banyak sekali keuntungan untuk Instagram sehingga pengguna mereka pada tahun 2018 ini sudah mencapai 1 milyar pengguna di seluruh dunia!

Wow! Hal ini tentunya sangat menarik sekaligus berpotensi untuk menjadikan Instagram sebagai platform untuk mencari uang dan keuntungan yang melimpah!

Ya. Tapi, sebelum memulai masuk ke ranah bisnis tersebut, kita harus mengerti bahwa ada sekitar 1 milyar pengguna Instagram. Siapakah mereka? Siapakah pengguna Instagram ini?

Sebagai seorang marketer, kamu harus tau dan mengerti betul tentang demografi Instagram pada tahun ini dan perkiraan tahun kedepannya. Ini adalah kunci kesuksesan yang permanent untuk bisnis online yang kamu perjuangkan.

Ketika kamu ingin meningkatkan organic reach kamu di Instagram atau justru kamu masih mulai untuk berkampanye, maka demografi Instagram adalah acuan pertama yang kamu pikirkan. Tentunya, hal ini untuk kesuksesan bisnis Instagram kamu ini.

Jadi, siap siap untuk pembahasan kita tentang demografi Instagram untuk marketing online Instagram ini ya!

1. Demografi Instagram Umur

Mungkin saja banyak orang yang berpikir bahwa generasi milenial ini sudah menjadi sasaran utama Instagram. Tapi, perlu diingat bahwa tidak semua pengguna Instagram hanya kids zaman now. Ada beberapa tahapan umur yang sudah di record oleh Instagram sendiri.

Secara umum, dapat diketahui bahwa pengguna Instagram yang berumur dibawah 35 tahun telah mendominasi Instagram ini dengan angka 70 % dari total pengguna Instagram. Jumlah ini bisa mencapai 800 juta pengguna aktif di seluruh dunia.

Untuk lebih jelasnya, ini adalah informasi lengkap tentang jumlah pengguna Instagram berdasarkan umur:

  • umur 13-17: 57 juta (7%)
  • umur 18-24: 270 juta (32%)
  • umur 25-34: 270 juta (32%)
  • umur 35-44: 131 juta (15%)
  • umur 45-54: 68 juta (8%)
  • umur 55-64: 30 juta (3%)
  • umur 65+: 18.3 juta (2%)

Dari sekian banyak jumlah pengguna aktif yang sudah di break down, terlihat bahwa pengguna aktif Instagram terbanyak berkisar antara umur 18-29. Hal ini didukung dengan data dari Pew bahwa ada sekitar 71 persen menggunakan platform ini.

Hal ini sudah mengacu pada kenaikan yang signifikan dari 59% yang terlapor pada 2016 lalu.

Berdasarkan data dari Piper Jaffray 2017 pada Taking Stock With Teens, 24 persen dari total remaja mengaku bahwa Instagram adalah platform dan social media yang paling favorit. Dan Instagram ini menempati urutan kedua setelah Snapchat dengan 47% pengguna favorit.

Inilah demografi Instagram untuk marketing online Instagram Terpenting

Bukan hanya pengguna remaja aja yang menggunakan Instagram.

Dalam demografi Instagram umur 50-64, 21 persen mereka mengaku menggunakan Instagram, naik hingga 18% dari total pada tahun 2018.

Jadi, perlu diperhatikan bahwa target market bukan hanya mereka yang berusia remaja, tapi mereka yang usia produktif kerja juga.

2. Demografi Instagram Jenis Kelamin

Juga berdasarkan Pew Research, wanita lebih banyak menggunakan Instagram daripada pria yaitu sebanyak 39 persen wanita menggunakan Instagram dan hanya 30 persen pria menggunakannya.

Dari pengguna ini juga dapat dipisahkan bahwa pengguna wanita berjumlah 50.3% dan sisanya yaitu sekitar 49.7 persen adalah pengguna pria.

Dari pengelompokan yang lebih spesifik lagi, wanita yang menggunakan Instagram ini bisa dibagi berdasarkan demografi Instagram lainnya, yaitu berdasarkan umur. Dari data yang sama, jumlah wanita sangat banyak dibandingkan pria. Tapi, pada demografi berumur 18-34 tahun jumlah pengguna Instagram bergender pria lebih besar daripada wanita.

Dengan begini, hanya perlu menentukan target dengan produk atau jasa yang pas untuk pengguna Instagram.

3. Demografi Instagram Tempat Tinggal

Selanjutnya, dalam menentukan target, faktor geografis juga sangat penting untuk diperhatikan. Karena, pengguna akun bisnis Instagram akan mengetahui secara pasti siapakah yang mereka tuju dengan memperhatikan tempat dimana target kita akan kita tuju.

Menurut penilitan Pew juga, terdapat pengguna yang bervariasi. Rata-rata dan sebagian besar pengguna Instagram adalah mereka yang tinggal di perkotaan, yaitu sebanyak 24 persen. dari keseluruhan total pengguna, juga terdapat 34 persen pengguna yang berlokasi pada area pinggiran kota. Sissanya, yaitu sekitar 25 persen dari total keseluruhan, mereka berada pada area pedesaan.

Inilah demografi Instagram untuk marketing online Instagram Terpenting

Jika kita perhatikan, maka pengguna ini juga memiliki perbedaan yang mencolok. Beberapa brand besar membuat strategi dengan cara mereka menerka kebiasaan yang muncul. Strategi yang paling mendominasi adalah dengan menerapkan strategi posting outdoor. Seperti yang dilakukan oleh REI dengan hashtagnya yang terkenal yaitu #OptOutsite dia berhasil membuat 10 juta post yang disukai pengguna Instagram di seluruh penjuru dunia.

Jadi, kesempatan seperti inilah yang perlu diperluas sehingga pemilik brand bisnis online Instagram dan juga marketing bisa menitik beratkan pada keunikan tersendiri. Seperti halnya dengan REI ini, mereka hanya menggunakan strategi simple yaitu pemandangan menarik outdoor.

Ditambah lagi, strategi semacam ini juga ditiru oleh beberapa pihak dengan konsentrasi negara yang berbeda. Hasilnya, sangat luar biasa.

Dan statistik dari Instagram sendiri menunjukkan bahwa Instagram memiliki kenaikan pengguna yang sangat signifikan. Indonesia merupakan peringkat ke 4 dengan statistik dan urutan sebagai berikut:

  • USA (Amerika): 120 Juta pengguna
  • India: 67 Juta pengguna
  • Brazil: 63 Juta pengguna
  • Indonesia: 59 Juta pengguna
  • Turkey: 36 Juta pengguna
  • Russia: 33 juta pengguna
  • Jepang: 24 Juta pengguna
  • UK (Inggris): 23 Juta pengguna
  • Mexico: 21 Juta pengguna
  • Jerman dan Itali: 18 juta pengguna

Sudah barang pasti bahwa Indonesia adalah negara yang berpotensi penjualan terbesar di dunia. Dengan demikian, maka yang penting untuk menyusun strategi yang bisa menjaring mereka yang ada di berbagai kawasan di Indonesia.

4. Demografi Instagram Pendapatan

Instagram adalah platform dan aplikasi yang banyak digunakan oleh masyarakat. Mulai dari mereka yang berprofesi sebagai karyawan kantor, hingga mereka anak-anak selebriti dan anak-anak muda di masyarakat.

Indonesia sendiri masih belum pernah diadakan survey secara lanjut tentang jumlah pendapatan masing-masing pengguna Instagram ini. Untuk sekedar refleksi saja, pengguna Instagram di Amerika telah dipecah menjadi beberapa grup menurut pendapatan mereka.

  • kurang dari 30.000 Dollar: 44% pengguna
  • 30.000-60.000 Dollar: 45%
  • 60.000-70.000 Dollar: 36%
  • 80.000-100.000 Dollar: 46%
  • lebih dari 100.000 Dollar: 60%

Maka dengan begini bisa disimpulkan bahwa kesempatan apapun akan muncul untuk para pemilik bisnis online. Entah mereka yang menjual produk dan jasa dengan harga yang fantastis atau hanya dengan harga standard saja.

5. Demografi Instagram Pendidikan

Pengguna Instagram bukan hanya mereka yang bekerja, tetapi juga kebanyakan adalah mereka yang menempuh pendidikan, terutama mereka yang sedang kuliah.

Faktor ini justru sangat penting bahwa pengguna Instagram di Indonesia sebanyak 54 persen adalah mereka yang aktif dan lulusan perguruan tinggi, sedangkan sisanya adalah mereka yang masih menempuh pendidikan SMP dan SMA dan mereka yang sudah berkeluarga.

Inilah demografi Instagram untuk marketing online Instagram Terpenting

Jika diperhatikan lebih dalam lagi, mahasiswa adalah tahap dimana seorang remaja beralih pada dewasa. Dalam hal ini sangat mungkin adanya hal yang tidak bisa dikontrol oleh orang tua mereka karena alasan bahwa mereka sudah memiliki kebebasan untuk mengatur dirinya sendiri.

Dilihat dari sudut pandang bisnis, mahasiswa sudah diberikan kebebasan untuk mengatur uang saku yang mereka dapat dari orang tua mereka atau bahkan dari kerja sampingan mereka.

Dan tak perlu lagi penelitian bahwa kebanyakan dari konversi penjualan adalah mereka mahasiswa. Baik itu dari segi fashion, kuliner, hingga merchandise tertentu.

Strategi Marketing Instagram dari Demografi Instagram 2018

Instagram bisa disebut sebagai rumahnya engagement antara brand dan followers mereka. Dalam kenyataannya, hal ini ga berlebihan karena Instagram memiliki jumlah engagement yang lebih dari platform lainnya!

Kalau kamu ga percaya, kamu bisa liat nih statistik marketing dari demografi Instagram

#1 Instagram memiliki jumlah engagement foto 23% lebih tinggi dari Facebook

Angka engagement adalah permainan Instagram. Instagram udah dikenal banget dengan kemampuannya dalam rate engagement yang tinggi.

Kamu bisa liat statistik ini dari beberapa kenyataan tentang Instagram bahwa Instagram punya reach yang lebih rendah dari Facebook, tapi angka engagement yang lebih tinggi.

Biasanya angka engagement ini didapet dari jumlah audience dan viewers yang sangat tinggi tingkat interaksi dan entusiatik mereka.

Nah, inilah angka yang paling penting dalam masalah Instagram. Bahkan inilah indikator tersendiri dari platform Instagram ini.

#2 Engagement total suatu brand adalah paling tidak ada 4% dari seluruh followers mereka!

Yah, angka 4% sih ga begitu banyak. Bahkan menurut kamu mungkin sedikit banget.

Tapi kalau kamu tau, Instagram ini masih jauh lebih baik dari Facebook dan Twitter. Kedua platform ini hanya memiliki tingkat engagement rata-rata hanya sekitar 0,1% dari seluruh followers.

Jadi, Instagram masih memegang rekor untuk tingkat engagement yang tinggi banget, yaitu 23%!

#3 Brand dan total perusahaan online Instagram mendapat 10X engagement daripada Facebook

Brand ga cuman cari reach dan engagement dari followers baru mereka di Instagram, tapi lebih dari itu! Mereka bahkan mendapatkan sekitar 10X lipat engagement yang mereka dapet dari Facebook!

Inilah demografi Instagram untuk marketing online Instagram Terpenting

Hal ini tak lain dikarenakan Instagram adalah platform terbaik dalam urusah share konten foto dan video! Jadi, udah dapat dipastikan lagi kalau konten foto dan video ini sangat menunjang keberhasilan suatu brand karena kebanyakan pengguna internet lebih memilih konten ini daripada teks!

Ya, kalau kita inget, Facebook masih menempati urutan pertama dari segi jumlah pengguna dan reach, tapi Instagram adalah peringkat satu dalam hal engagement dan konversi, Bro, Sis!

Demografi Instagram # Hubungan Brand dan customer

#1 70% pengguna internet mencari brand di Instagram

Kalau kamu tau, pengguna Instagram kebanyakan adalah customer dari brand dan perusahaan raksasa di dunia!

Jadi, kalau kamu ingin sukses dalam bisnis online, kamu sebaiknya menggunakan Instagram sebagai media dan senjata!

Pengguna Instagram ini suka banget liatin apa yang dilakukan oleh brand atau perusahaan. Jadi, langkah terbaik kamu adalah dengan menggunakan setting dari profile kamu! Jika tidak, kamu akan kehilangan mereka!

#2 80% pengguna Instagram udah follow minimal satu brand!

Selanjutnya, kalau pengguna Instagram ini udah kepoin suatu brand, berarti mereka udah mulai tertarik dengan brand itu! Jadi, ga heran deh kalau kebanyakan dari pengguna Instagram udah follow minimal satu perusahaan atau brand di Instagram.

Inilah demografi Instagram untuk marketing online Instagram Terpenting

Jadi, kalau kita satukan fakta pertama dan kedua, maka kita bisa simpulkan satu hal penting tentang demografi Instagram ini. Ya, kalau pengguna Instagram udah aktif kepoin kegiatan perusahaan atau brand, dan mereka masing-masing udah milih satu perusahaan atau brand yang mereka suka, otomatis Instagram adalah pilihan terbaik yang bisa kamu gunakan saat ini!

#3 60% pengguna internet menemukan produk baru di Instagram

Lebih dari setengah pengguna internet udah percaya bahwa Instagram adalah tempat terbaik untuk menemukan produk baru yang mereka cari!

Bahkan lebih dari setengah pengguna Instagram mengaku bahwa mereka udah menemukan berbagai produk baru di platform keren ini!

Ditambah lagi, mereka sangat terbuka banget dalam masalah pembelian. Nah, hal inilah yang mau kamu denger kan??

Tentunya ya! Karena, brand atau perusahaan ingin banget tuh menemukan platform yang bisa menghasilkan konversi secara langsung. Dan buktinya, Instagram bisa melakukannya kan, Bro, Sis??

#4 Post dengan tag location bisa mendapat 79% engagement lebih dari lainnya!

Nah, kalau kamu menggunakan tag location, kamu ga hanya dibantu oleh Instagram untuk ditemukan orang. Instagram bahkan dengan sangat keren membantu kamu bisa melakukan engagement yang lebih hanya dengan menggunakan tagging ini!

Faktanya, kamu bisa menggunakan location ini sebagai geotagging. Dengan cara inilah kamu bisa meningkatkan dan menambah hasil reach kamu di platform keren ini.

Tak hanya itu, Instagram juga kasih kamu kepastian bahwa post kamu akan muncul secara otomatis ketika ada pengguna Instagram yang melakukan search dengan mencari location yang kamu pasang.

#6 Story ads meningkatkan jumlah recall, pembelian dan CTR!

Dalam kenyataannya, Instagram ads memang menjadi salah satu tumpuan perusahaan dan brand untuk meningkatkan jumlah engagement mereka!

Hasil dari dua penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari penggunaan Instagram ads ini. Inilah details nya!

  • A DiGiorno menyatakan bahwa Instagram ads ini udah membantu mereka dalam mencapai 20 juta reach, 6 point kenaikan pembelian dan adanya 8 point kenaikan recall.
  • A Gap Campaign menunjukkan hasil bahwa ada 17 point kenaikan recall, 4 point kenaikan DM, dan yang paling fantastis adalah mereka mendapat kenaikan sebesar 73% CTR!

Keren kan, Bro, Sis!

Kesimpulan

Bukan merupakan rahasia lagi jika demografi untuk marketing online Instagram ini sangat penting bagi pemilik bisnis dan malah-malah untuk mereka yang menjadi marketer.

Dengan adanya insight dari demografi inilah marketing bisa menentukan arah majunya bisnis online yang menjadi modal utama dalam Instagram.

Tapi, demografi untuk marketing online ini tidak akan berhasil jika salah satu syarat bisnis online Instagram tidak terpenuhi. Yaitu pemilik brand bisnis online harus mempunyai jumlah followers yang banyak.

Mengapa?

Alasan logis dan sangat sederhana adalah karena masing-masing post akan terlihat oleh followers saja. Jika suatu brand hanya memiliki followers dalam rate yang kecil, maka kemungkinan perkembangan bisnis online mereka tidak akan bisa lancar.

Tapi, perkembangan ini akan terbuka lebar jika mereka sadar bahwa followers mereka sudah banyak dan kesempatan post mereka akan semakin besar untuk dilihat dan menjadi konversi yang mereka inginkan.

Kembangkan dan gunakan Instagram sebagai sarana kesuksesan kamu!

Nah, kalau kamu tertarik menjadi influencer atau marketing, lebih baik kamu membaca bagaimana medan bisnis Instagram ini agar kamu bisa mengambil ancang-ancang!

Baca: Update 2018! Panduan Bisnis di Instagram

Okay deh! Kita rasa bahasan kita tentang demografi Instagram ini sampai disini saja ya, Bro, Sis! Makasih banget udah nyempetin waktunya! Mudah-mudahan artikel ini bisa membuka wawasan kamu tentang bisnis Instagram.

Mau lebih banyak sumber tentang bisnis di Instagram?? Ya, click saja link ini, Ya, Bro, Sis!