Viral! Cara mengatur video Instagram IGTV, Story, Live dan Post!

Viral! Cara mengatur video Instagram IGTV, Story, Live dan Post!

Update! Cara mengatur video Instagram IGTV, Story, Live dan Post!

Hai, Bro, Sis! Kamu pasti ga asing kan kalau denger dan liat kata video Instagram? Nah, tapi pertanyaannya, apakah kamu tau kalau Instagram ini sudah menyediakan suatu peraturan sendiri dalam mengatur video Instagram seperti pada IGTV, Story, Live dan Post??

Nah, mungkin banget deh kamu bertanya kenapa sekarang Instagram lebih dipenuhi dengan konten video daripada foto seperti dulu! Kenapa sih sekarang marketer lebih bisa menggunakan dan upload video daripada sekedar image yang bagus??

Semua tindakan yang dilakukan di Instagram bukan hanya fiktif belaka, Bro, Sis! Kalau kamu tau, Instagram adalah suatu platform yang digunakan khusus dalam masalah upload visual look yang digunakan untuk peningkatan engagement.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan dengan masalah ini adalah dengan memperbanyak konten video yang ada di Instagram. Karena, asalkan kamu tau, video Instagram adalah salah satu dari tools terbaik yang digunakan oleh pihak market di Instagram!

Inilah mengapa kini ada peraturan tersendiri untuk masalah mengatur video Instagram ini, Bro, Sis! Logikanya, kalau format dan ketentuan video Instagram saja tidak pas, maka akan berantakan semuanya kan??

Ya, kita tau kalau foto ini sangat mudah dan bahkan kamu bisa menggunakannya hanya dengan beberapa step edit saja! Tapi, mengatur video Instagram sangatlah penting karena video Instagram sendiri udah buat marketing Instagram menjadi lebih mudah diakses dan ditemukan oleh viewers dan followers mereka.

Apalagi untuk bisnis kecil yang masih membuat dan meraba pasar mereka. Jadi, untung banget kan ada Instagram story, Instagram live, IGTV dan video post kamu!

Kini, kamu udah siap belum buat strategi mengatur video Instagram kamu??

So, dalam bahasan kita kali ini, kamu akan kita ajarin tentang record hingga share video Instagram kamu ini. Juga dalam proses editing, kamu akan kita kasih strategi dan aplikasi yang cocok buat optimasi video yang udah kamu buat!

Strategi mengatur video Instagram 2018!

#1 Cerita singkat video Instagram

Kalau kamu perhatikan, sekrang ini banyak banget ditemukan konten video di Instagram. Asal kamu tau aja, kamu ga bisa jamin kalau upload konten dalam jenis video ini sangat sulit lho, Bro, Sis!

Instagram dulu memang fokus selama dua setengah tahun untuk platform foto. Tapi, setelah itu, Instagram mengeluarkan ide baru dalam menyikapi fenomena, yaitu dengan menggunakan video Instagram. Dan saat pertama kali Instagram memperkenalkan video, tampilannya sangat berbeda dengan video sekarang ini.

Kalau kita kembali ke Juni tahun 2013 lalu, Instagram memperkenalkan fitur video untuk pertama kali. Apa kamu inget kalau dulu, kamu cuman dikasih waktu hanya selama 15 detik untuk tiap video yang kamu upload.

Bahkan kamu ga ada kesempatan untuk bisa mengatur video Instagram kamu dengan leluasa!

Juga, fitur yang disediakan untuk edit video ini hanya tiga belas! Kalah jauh kan dengan fitur yang sekarang, yaitu mencapai 40 fitur editing!

Jadi, hamapir tiga tahun pengguna Instagram menunggu hingga keluarnya limitasi waktu baru yaitu sekitar satu menit (60 detik). Dalam tahun ini juga, Instagram udah kasih fasilitas pengguna Instagram untuk mengambil video dari camera roll!

Jadi, dari situlah upload video Instagram makin fantastis!

Karena Instagram udah berhasil memberikan inovasi terbaru tentang video dan cara mengatur video Instagram ini, brand sangat berkesempatan untuk berkembang lewat video Instagram ini.

Jadi artinya, kamu bisa melakukan investasi dengan jalan mengatur video Instagram agar bisa menarik perhatian followers dan audience kamu!

Ga lama setelah itu, Instagram kembali memberikan kabar baik untuk pengguna Instagram. Kini mereka difasilitasi dengan Instagram live yang bener-bener berhasil buat platform Instagram yang aktif di foto menjadi video!

Dengan Instagram story inilah Instagram membuat konten video menjadi lebih dominant di platform ini. Dan, kerennya lagi Instagram udah buat konten ini lebih mudah diakses, Bro, Sis!

Dengan naiknya durasi dan lamanya video tersebut di tahun 2016, maka kualitas video juga ikut terangkat!

Nah, untuk kalangan bisnis, kamu dipastikan bisa untuk upload konten dengan kualitas terbaik! Ya, kamu bisa melakukannya dengan fitur keren ini, Bro, Sis!

Dengan Instagram story ini, marketing bisnis ga perlu khawatir tentang kualitas. Karena, sudah barang pasti kalau kualitas video di Instagram ini otomatis dipoles oleh algoritma Instagram yang super keren!

Nah, ga cuman fitur ini aja, Bro, Sis! Instagram juga kasih kamu fitur dan keunggulan yang sama dalam masalah Instagram Live. Instagram menawarkan alasan kuat kenapa Instagram Live ini dirilis.

Ya, dalam masalah dokumentasi, suatu hal dan fenomena yang sedang terjadi memang menjadi sorotan utama dalam membuat video. Dan dengan inilah kamu ga perlu khawatir masalah mengatur video Instagram dan juga kualitasnya!

Dan yang terakhir ada IGTV.

Disamping IGTV ini adalah fitur terbaru dalam sejarah perkembangan video Instagram, IGTV udah berhasil memberikan bukti otentik bahwa dialah yang menjadi aset untuk bisnis!

Dan ga sama dengan video channel lainnya, yang terdapat juga di Instagram, IGTV ini memiliki aplikasi khusus yang berdiri sendiri!

Integrasinya dengan Instagram sudah berkembang menjadi suatu yang dominant dan terlihat banget! Tapi, kita bisa berharap lebih banyak bahwa bisnis bisa menggunakan IGTV ini dalam strategi marketingnya!

Kenapa kamu musti bisa buat dan mengatur video Instagram

Disamping foto masih sangat umum di Instagram, video Instagram kini juga udah mulai memberikan kontribusi tersendiri. Bukan hanya masalah popularitas!

Berdasarkan apa yang diperoleh dari eMarketer, kalau foto Instagram itu bisa dan memang ditujukan untuk engagement, tapi engagement ini berhasil lebih cepat didapat dengan video di Instagram.

“Engagement rate untuk video yang di upload di media publikasi terbaik bisa naik hingga 53% tiap tahunnya di Mei, lebih tinggi 46% pertumbuhan engagement yang terjadi pada foto”

Tapi, disamping rate engagement ada banyak faktor yang melatar belakangi investasi video Instagram. Tapi, hal utama dalam masalah ini adalah karena Instagram video bisa memberikan interaksi yang lebih kompleks, story atau cerita yang lebih mendalam yang tentunya ga bisa di share lewat foto.

Entah itu kamu mau berusaha membangun awareness di kampanye kamu, promosi produk terbaru, memberikan edukasi ke audience dan followers, atau lainnya, video sebenernya kasih kamu kesempatan itu story-telling.

Itulah kenapa banyak bisnis sekarang yang menggunakan video sebagai salah satu strategi mereka, Bro, Sis!

Nah, karena kamu udah tau kenapa kamu harus menggunakan dan mengatur video Instagram, sekarang adalah waktu yang pas buat kita untuk mengetahui format video masing-masing dan tips serta strategi yang bisa kamu gunakan!

Gimana sih cara buat, share, dan mengatur video Instagram??

Video Instagram tampil dengan banyak bentuk dan ukuran, dan terdapat di channel Instagram. Inilah bagaimana kamu bisa buat, share, dan mengatur video Instagram! Simak ya!

#1 Reguler video Instagram post

Originalitas! Ya, seperti yang udah kita diskusikan bareng, video Instagram post ini udah diperkenalkan sejak tahun 2013! Instagram ga membatasi lagi video kamu hanya hingga 15 detik aja, tapi kamu bisa upload video dengan durasi maksimal 1 menit!

Inilah salah satu strategi yang bisa dimanfaatkan untuk memberikan hasil yang maksimal pada bisnis!

Dan hal yang menurut kita paling keren adalah kamu ga perlu menggunakan kamera DLSR untuk mendapatkan kualitas terbaik di video Instagram ini. Kamu bisa banget lho membuat video yang keren hanya dengan camera smartphone dan aplikasi edit!

View this post on Instagram

🇫🇷✨ 23 OCTOBER ✨🇫🇷 Glossier.com

A post shared by Glossier (@glossier) on

Sebelum kita masuk ke cara share video Instagram, kita harus banget buat atu format dan sepsifikasi dari video Instagram ini sendiri:

  • Video format: MP4
  • Panjang/durasi: 3 derik hingga 60 detik
  • Size: Instagram ga melimit size file, tapi kita kasih kamu rekomendasi untuk kasih video yang ukurannya ga sampe 50 MB
  • Orientasi: Kotak, tegak, dan horizontal
  • Ratio: minimum 1.91:1 dan maksimal 4:5

Nah, untuk masalah share, sebenernya ada dua pilihan yang bisa kamu manfaatkan!

Untuk masalah formay video yang lebih lengkap, kamu bisa langsung baca di artikel kita lainnya!

Baca: Beginilah ukuran dan dimesi foto Instagram 2018

#Opsi 1: Shoot Video dari aplikasi Instagram

Sangat ga umum untuk bisnis dalam mendapat video langsung dari aplikasi Instagram. Apalagi kini dengan fitur pre-recorded video ini! Kalau kamu mau contoh, inilah caranya!

Mulai dari tap “+” di bawah screen smartphone kamu dan pilih opsi video! Kalau kamu mau ambil langsung, maka kamu bisa klik tombol bulat di tengah!

Tips: Tap di bagian video yang akan kamu ambil untuk menyesuaikan exposure dan fokus kamera kamu!

Selama kamu udah record, kamu harus tetap memperhatikan screen kamu untuk melihat sudah berapa lama kamu merekam video kami ini! Kalau video kamu udah ada tampilan garis vertikal, artinya kamu udah melewati tanda 3 detik pengambilan video!

Kamu bisa aja lho kasih beberapa shoot hanya dalam satu video penuh dengan menekan dan menahan tombol record, terus kamu kasih tombol pause, dan tekan tombol record lagi!

Kalau kamu mau hapus video sebelumnya, kamu hanya perlu klik Delete dan tap lagi buat konfirmasi!

Saat kamu udah selesai shooting, kamu bisa klik tombol Next di pojok kanan atas screen smartphone kamu!

Nah, kini kamu bisa melakukan beberapa hal yang berbeda untuk mengatur video Instagram kamu! Kamu bisa menambah filter, zoom, bahkan menambah sound atau musik di video kamu itu!

Kalau kamu mikir masalah cover, kamu bisa milih cover kamu di pojok kanan bawah, Bro, Sis!

Menekan tombol Next akan menggiring kamu ke halaman publish  dimana kamu bisa menulis caption, tag orang dan lokasi, dan beberapa hal lainnya!

Saat ini, kamu ga bisa tag pproduk di Instagram video kamu. Tapi, adanya fitur tentang penambahan di platform shopping akan kasih kamu kesempatan untuk menayangkan apa yang akan terjadi di masa depan!

Hal lainnya yang musti kamu inget dan perhatikan adalah kalau kamu mengambil video dari Instagram langsung, kamu akan mendapat ration 1:1. Nah, kalau kamu ga suka dengan ratio ini, kamu bisa milih opsi kedua yang akan kita bahas ini!

#Opsi 2: Upload pre-recorded video

Nah, kalau yang pertama adalah kamu dikasih kesempatan untuk mengambil langsung video dari aplikasi Instagram dengan camera roll, kini kamu bisa melakukan editing dulu di cideo yang udah pernah kamu ambil sebelumnya!

Cara uploadnya juga sangat mudah kok, Bro, Sis! Kamu hanya pilih tombol “+” seperti yang kamu gunakan di cara satu. Tapi, di bawah screen kamu, kamu harus milih tombol bulat yang ada di pojok kiri bawah itu, Bro, Sis!

Dengan begini, kamu bisa scroll di camera roll atau gallery kamu buat milih video yang kamu inginkan.

Kalau kamu udah dapet nih, kamu bisa langsung milih apakah kamu mau share langsung dengan ratio kotak atau kamu bisa juga milih size penuh dengan klik “dimensions”.

Kamu bisa juga lho mengubah video kamu menjadi Boomeranghnaya dengan klik tombol Boomerang. Tapi kamu harus install Boomerang ini dulu ya untuk bisa akses ke fitur Boomerang ini!

Atau kamu juga bisa membuat post carousel dengan berbagai macam video hanya dengan menekan tombol “album” di sebelah kanan screen smartphone kamu!

Opsi lain yang bisa kamu gunakan adalah dengan upload banyak video yang kamu share sebagai satu video aja, Bro, Sis! Kalau kamu mau melakukannya, kamu hanya perlu klik Next dan klik Trim di bawah screen kamu!

Nah, disinilah kamu bisa meilih trim video kamu dengan klik video yang udah kamu pilih. Atau kamu juga bisa klik “+” untuk menambah clips di Instagram video kamu ini.

Mudah banget kan sebenernya mengatur video Instagram ini!

Nah, kalau kamu mau upload banyak video Instagram, kamu bisa membuat trim ini setelah kamu pilih Next.

Tapi, durasi paling lama video kamu adalah 60 detik. Jadi, dalam proses trimming ini, kamu perlu inget terus hal itu ya!

Kalau kamu udah mengatur video Instagram kamu ini, kamu hanya perlu melakukan finishing. Kamu bisa mengatur cover, tambahkan filter, caption, dan publish deh!

Jenis Post Instagram video

Sebenernya ga ada batasan dalam apa yang kamu lakukan di video Instagram kamu. Itulah mengapa kamu bisa menemukan banyak banget video post di Instagram feeds.

Jadi, suatu ide yang bagus kalau kamu bisa memikirkan tujuan sebelum kamu post dan mengatur video Instagram sebagai konten kamu. Inilah beberapa contoh video yang berhasil menarik perhatian dan meningkatkan angak engagement suatu pengguna Instagram.

#1 Gunakan video Instagram post kamu untuk promosi

Karena video mempunyai kemampuan untuk menyampaikan informasi yang sangat banyak hanya dalam waktu yang sedikit saja, mereka adalah aset yang sangat besar bagi kelangsungan hidup bisnis di Instagram. Terutama dalam masalah promosi produk dan jasa.

Kamu hanya perlu berpikir tentang seberapa banyak produk yang bisa kamu promosikan hanya dalam waktu kurang lebih satu menit (60 detik).

Terlebih lagi, menurut penelitian dari Hubspot, sebanyak 64% customers cenderung membeli produk dengan cara online setelah mereka berhasil menonton video. So, menggunakan Instagram video sebagai ajang untuk menampilkan dan memamerkan produk kamu adalah cara terbesar yang bisa kamu lakukan untuk menambah ROI.

#2 Mulailah mengatur Instagram video untuk memberikan kepercayaan masyarakat

Sharing video Instagram yang menunjukkan pesan brand atau perkenalan etika perusahaan kamu adalah cara yang bagus untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat, followers dan juga customers kamu!

Salah satu contoh terbaik dalam masalah ini datang dari @munchery. Jasa pengantar makanan ini sering banget share tentang konten video yang sangat relevant ke target mereka dan menyediakan nilai untuk mereka.

 

#3 Gunakan strategi mengatur video Instagram untuk memberikan edukasi ke audience kamu!

Punya ide bagus buat kamu share di Instagram video kamu?? Ya ga berat-berat lah, seperti resep makanan atau cara berdandan?? Apapun tujuan dan alasan kamu dalam menggunakan video Instagram, hal terpenting yaitu video Instagram yang ringan dan enak banget bisa mendorong kamu untuk menghibur dan memberikan edukasi ke audience dan followers kamu!

Check aja nih gimana @buzzfeedtasty menggunakan video Instagram yang menarik banget buat sharing video resep makanan:

View this post on Instagram

Honey balsamic brussels sprouts… for your honey 😉🍯

A post shared by Tasty (@buzzfeedtasty) on

Atau kalau kamu Sis orang yang suka dandan, nih coba deh liat feed dari @milkmakeup ini.

Point pentingnya adalah kalau kamu punya topic keren yang mau kamu share di Instagram, maka kamu bisa menggunakannya dengan Instagram video!

Kesimpulan

Nah, ternyata dalam mengatur video Instagram aja butuh tutorial dan strategi khusus. Karena, apapun yang berkaitan dengan Instagram pastinya berkaitan dengan interaksi dan engagement kan, Bro, Sis? Jadi, jangan pernah menganggap sepele tentang berbagai macam hal di Instagram!

Inilah kesempatan emas untuk menambah engagement dan konversi bisnis kamu dengan menggunakan video Instagram!

So, mungkin ini aja ya bahasan kita masalah cara mengatur video Instagram ini. Semoga bermanfaat untuk keberhasilan bisnis online kamu di Instagram.

Oh iya, Bro, Sis! Kita mau ingetin kamu buat baca artikel kita di halaman utama blog kita. Disana, kita kasih kamu referensi lengkap tentang Instagram, mulai dari trik dan tips, bisnis, hingga fitur terbaru Instagram.

Caranya, kamu cukup klik link ini ya, Bro, Sis!