Inilah Cara mengatur banyak akun Instagram dengan tim

mengatur banyak akun Instagram 2018

Gimana nih caranya mengatur banyak akun Instagram dengan tim??

Hai, Bro, Sis! Kamu ngerti ga kalau Instagram kini kasih kamu kemudahan untuk bisa mengatur banyak akun Instagram dalam satu aplikasi aja?? Nah, kalau belum ngerti nih, kita kasih kamu cara dan tips untuk mengatur banyak akun Instagram dengan tim!

Sebenernya sih Instagram ini suatu aplikasi sekaligus platform yang mudah banget buat dijalankan! Tapi kamu ngerti ga kalau mengatur banyak akun Instagram bisa menjadi beban tersendiri buat kamu??

Apalagi nih kalau kamu udah menentukan target untuk meningkatkan banyak banget followers Instagram pada masing-masing akun yang kamu kelola itu, Bro, Sis!

Kalau kamu ngerti sebenernya cara mengatur banyak akun Instagram ini ga perlu seharian penuh kamu menggunakan strategi. Kamu hanya perlu temukan tool yang bener, aplikasi yang bener dan jadwal yang kamu pakai untuk ingetin kamu, Bro, Sis!

Simple kan??

Mungkin aja kamu adalah manager social media dengan client dan customer yang sangat banyak banget. Atau bahkan mungkin aja kamu ini menjalankan Instagram unutk berbagai macam bisnis online. Pastinya kamu butuh banget untuk mengatur banyak akun Instagram milik kamu itu!

Ya, apapun alasan kamu dalam menggunakan Instagram, yang pasti ada satu hal yang kamu wajib tau! Kalau kamu menggunakan dan mengatur banyak akun Instagram untuk menghemat waktu, menggunakan cara di bawah ini adalah solusi yang paling tepat!

Note: artikel ini kita ambil dari sumber yang paling kredibel masalah Instagram, yaitu Later.

Gunakan workflow untuk mengatur banyak akun Instagram kamu!

Kalau kamu mau mengatur banyak akun Instagram, satu hal yang paling dominan dan penting adalah kamu harus menjadi pribadi yang terorganisir!

#1 Set platform yang bener dan tepat!

Jadi, langkah awal yang harus kamu tempuh dalam rangka menjalankan dan mengatur banyak akun Instagram ini adalah kamu harus bisa menemukan platform yang tepat dalam masalah ini!

Platform yang tepat ini dalam arti adalah platform yang bisa mengatur jadwal kamu untuk post di banyak akun dalam waktu yang sama. Terus, kamu juga harus pastikan kalau apa yang kamu upload untuk masing-masing akun itu sudah terorganisir dengan baik dan bener atau belum, Bro, Sis!

Kalau kamu bingung untuk mencari aplikasi dan platform yang tepat ini, kamu bisa ko nyoba platform Later untuk satu akun aja. Nah, kalau kamu masih kocar-kacir menggunakan satu akun saja, kamu perlu untuk upgrade Later kamu biat kamu bisa mengatur banyak akun Instagram kamu!

mengatur banyak akun Instagram 2018

Nah, terus, kamu bisa lho buat group untuk masing-masing akun Instagram yang kamu daftarin di Later tadi.

Hal yang paling penting dan menjadi sorotan adalah kamu bisa langsung tentukan konten yang mau kamu post untuk masing-masing akun atau client. Dan, kamu bisa mendapatkan analisa dari grup tersebut. Selain itu, kamu juga bisa dapet akses buat aset dan jadwalin masing-masing post untuk masing-masing akun Instagram.

Nah, kalau kamu udah berhasil menggunakan dan menentukan target kamu di Later ini, kamu akan merindukan satu hal penting. Ya, kamu akan terpacu untuk set up atau membangun workflow konten yang bisa bantu kamu dan tim kamu untuk melakukan proses untuk masa depan!

#2 Bangun konten Instagram kamu!

Satu tugas yang bisa memperlambat kerja kamu dalam menentukan jadwal dan posting adalah mencari apa yang mau kamu jadikan sebagai konten. Tentunya ini menghambat banget buat proses mengatur banyak akun Instagram lho, Bro, Sis!

Hal inilah yang menjadi alasan kenapa proses pencarian konten harus menjadi proses yang terus berkembang dalam minggu-minggu aktif kamu di Instagram. Jadi, kamu dan tim kamu harus menyiapkan konten dalam setiap minggu yang kamu tujukan khusus untuk clients kamu!

Jumlah konten yang kamu dan tim kamu butuhkan sangat tergantung pada client dan customers kamu. Bahkan lebih dari itu, kamu harus menitik beratkan proses pencarian data konten ini berdasarkan seberapa sering kamu upload konten, dan macam konten yang mereka sediakan buat kamu!

Secara umum, ada dua tipe konten yang akan kamu gunakan dalam konten ini di Instagram. Mereka dalam pencarian dan pembuatan konten.

Pencarian konten adalah fase dimana kamu mencari dan mengumpulkan informasi mengenai konten yang akan kamu buat, Bro, Sis dari social media. Sementara itu, pembuatan konten adalah konten yang akan kamu buat dengan brand foto dan video yang udah kamu atau client kamu sediakan!

Curated Content (Konten Dasar)

Kalau kamu mengambil dan mengatur banyak akun Instagram milik client kamu, maka kamu perlu banget untuk memastikan bahwa kamu punya panduan konten clients ini. Guna dari panduan ini adalah untuk mempermudah kamu dalam menentukan strategi yang pas untuk kamu gunakan.

Jadi, panduan ini juga bisa kamu gunakan untuk membatasi jumlah gerak dari strategi ini. Misalkan kamu bisa menentukan tipe konten apa yang bisa kamu repost dan apa  aja yang kamu ga boleh upload sebagai konten post!

Dari sini ngerti kan, Bro, Sis!

Kamu harus pastikan kalau konten yang kamu upload ini bukan hanya cocok dengan selera client dan customer kamu. Tapi, lebih penting dari itu, kamu juga bisa menggunakannya untuk post yang banyak dicari dan direpost.

Nah, jadi kamu juga harus pastikan kalau kamu teruskan baca blog ini sampe selesai biar kamu tyau gimana strategi yang pas buat masalah yang satu ini!

Created Content (Konten Tersedia)

Kalau strategi ini bener-bener beda dari strategi pertama di Instagram tadi, Bro, Sis! Jadi, kalau kamu udah berhasil mengatur banyak akun Instagram, kamu perlu banget ngerti yang namanya konten tersedia ini.

Nah, jadi, initinya, disini kamu udah punya konten yang mau kamu publish. Dan kamu udah bisa stock menjadi jadwal.

Kita bahas cara yang bisa kamu lakukan dengan aplikasi dan platform dari Later ya, Bro, Sis!

Jadi, kalau kamu menggunakan Later, kamu akan bisa membuat jadwal yang pas buat masing-masing created content kamu! Caranya juga sangat simple dan gampang ko, Bro, Sis!

Kamu bisa menggunakan cara upload dari gallery atau library kamu di komputer, atau bahkan kamu juga bisa tuh menggunakan cara sinkronisasi dari Google Drive atau Dropbox kamu!

mengatur banyak akun Instagram 2018Hal yang perlu kamu perhatikan adalah apakah dalam library dan gallery kamu itu udah cukup buat konten kamu atau ga! Nah, kalau kamu udah berhasil menyediakan kedua jenis konten ini, kamu bisa langsung membuat plan buat workflow.

Baca: Mengundang Customer dengan Kreativitas Konten Bisnis di Instagram

Strageti Membuat workflow mingguan Instagram

Kalau kamu udah berani berpikir untuk mnagtur banyak akun Instagram, berarti kamu harus berpikir satu hal yang mendalam. Ya, kamu harus menentukan apakah kamu bisa membagi waktu kamu secara efisien dan efektif atau tidak.

Mengapa??

Ya, karena dalam masalah ini, kamu pasti butuh untuk melakukan jadwal posting. Jadi, kamu butuh banget untuk buat workflow Instagram yang bener-bener kamu gunakan untuk menentukan tingkat keyakinan bahwa kamu udah konsiten banget.

Intinya, workflow ini bisa kmau gunakan dalam jangka panjang untuk clients dan customers yang kamu tangani! Jadi, kamu bisa menghemat waktu kamu dalam berpikir dan melakukan tugas kamu!

Apa kamu perlu banget buat minta persetujuan dari client kamu untuk melakukan posting??

Kalau ya, kamu harus bisa bagi waktu kamu dan bekerja 2-3 minggu sebelumnya. Jadi, kamu bisa menentukan pilihan untuk mengatur strategi di masa datang. Terus, kamu juga nga perlu tergesa-gesa kan kalau semisal ada hal yang butuh perbaikan??

Enaknya lagi, kalau kamu udah fix, kamu tinggal share jadwal yang udah kamu buat dengan client atau customers kamu. Caranya, kamu hanya tinggla klik share aja. Jadi, kamu ga perlu buat akun untuk customer kamu buat login.

Penjadwalan post

Nah, seandainya kamu udah bekerja dengan tim dan partner untuk mengatur banyak akun Instagram sekaligus, kamu perlu banget buat bagi tugas dengan mereka.

Contoh aja nih ya, kamu masih mengerjakan jadwal dan plan untuk 2-3 minggu ke depan, maka partner dan tim kamu bisa pakai waktu itu buat bekerja sesuai apa yang dia bisa kerjakan.

Jadi, hal ini memastikan bahwa ga ada waktu yang terbuang dan ga ada waktu senggang. Selain itu, semua orang yang tergabung dalam tim bisa bekerja sesuai dengan jadwal yang ditentukan secara terus menerus dan tidak putus.

Ditambah lagi, kamu bisa banget buat menyisihkan 2-3 minggu sebelumnya untuk mendapatkan konten yang kamu mau dengan menggunakan Later’s Visual Planner. Dengan kamu bisa melihat semua view di Instagram dan seperti apa feed kamu, maka kamu bisa akses jika kamu memperhatikan dengan seksama estetis Instagram kamu!

Tips keren lainnya yang bisa kamu pilih ketika kamu harus menetukan jadwal adalah mengecek jam berapa saja audience kamu akan bisa berinteraksi dengan kamu! Jadi, dengan menggunakan sedikit analisa, kamu bisa memastikan kalau dalam kurun waktu tertentu, kamu bisa mendapatkan engagement sesuai dengan apa yang kamu mau!

Jadi, secara gambalng dan jelas, inilah beberapa hal yang patut kamu pedulikan ketika kamu berniat untuk melakukan planning dengan mengatur banyak akun Instagram sekaligus!

  • Cek kelendar promosi customer atau clients kamu ya!

Jadi, kamu harus menemukan beberapa hal disini. Apakah ada kegiatan event pada hari dan minggu ini? Apakah ada program harian launching atau tidak?? Jadi, hal ini yang perlu kamu lakukan adalah untuk berintegrasi dengan customers kamu di Instagram tentang jadwal dan kalender!

  • Cek hashtag holiday kamu!

Kamu juga harus bisa pastikan kalau ada perayaan, events atau bahkan liburan nasional yang ada. Inget, beberapa dan keseluruhan dari event ini harus sesuai dan cocok banget berdasarkan customers atau clients kamu ya!

mengatur banyak akun Instagram 2018

Kamu juga ga boleh sampe lewatkan hashtag yang masih trending hingga kini!

  • Gunakan preview

Nah, disinilah yang penting, Bro, Sis! Pastikan kalau kamu bisa menentukan bagaimana feed kamu ketika nanti udah kamu publish! Jadi, sangat penting untuk memastikan kalau flow dari foto kamu itu keliatan tepat dalam artian kalau kamu ga posting dan upload konten yang sama persis dengan konten yang udah kamu upload.

Inilah salah satu bagian dari menggunakan strategi estetis. Tapi, kalau kamu bisa nyepetin waktu seklai dalam seminggu untuk melakukan review, kamu pasti bisa membuat progress yang luar biasa, Bro, Sis!

Baca: 2 Aplikasi Terbaik dan Termurah untuk Auto Post di Instagram

Tulis Caption kamu!

Kalau kamu pernah bilang caption itu ga penting banget, kamu salah besar, Bro, Sis! Kamu perlu ngerti kalau sebernarnya captions ini penting banget lho untuk bisnis followers atau customer kamu.

Jadi caption inilah yang menjadi alasan utama bagaimana customers kamu berinteraksi dan melakukan engagement langsung dengan followers dan potensial mereka.

Jadi, kamu harus pastikan kalau kamu bisa optimasi mereka dengan bener dan maksimal, Bro, Sis!

Inilah beberapa steps yang bisa kamu gunakan dalam optimasi captions kamu dan pastikan kalau kamu udah bener-bener bisa dapetin caption seperti yang kamu harapkan!

  • Pastikan kalau kamu menggunakan CTA terkuat yang bisa kamu pakai

Caption kamu adalah tempat dimana kamu bisa menggiring viewers dan followers kamu untuk melakukan apa yang kamu minta, Bro, Sis!

Jadi, sebisa mungkin kasih mereka panduan untuk kasih kamu comment, klik link yang ada di bio profile kamu, atau bahkan kunjungi toko kamu! Yah, apapun itu yang penting kamu bisa memberikan kejelasan tentang apa yang kamu inginkan mereka untuk lakukan.

  • Tambahin hashtag dari caption saved kamu!

Nah, jadi kita ungkit lagi nih masalah hashtag! Hashtag ini sangat penting dan kamu bisa menggunakan hashtag yang sesuai dengan topic. Jangan lupa untuk simpen hashtag itu di aplikasi andalan kamu ya, Bro, Sis!

Nah, kalau kamu udah nulis tuh konten kamu, maka kamu bisa liat kembali hashtag yang udah kamu daftar di aplikasi ini. Pilih yang sesuai dengan caption dan konten kamu.

Selamat ya, sebentar lagi kamu akan bisa memberikan kemudahan buat pelanggan dan customer kamu untuk mengetahui siapa kamu!

Satu hal yang penting disini adalah entah itu kamu mengatur banyak akun Instagram dengan tim atau dirimu sendiri, kamu harus pastikan untuk menyempatkan sedikit waktu untuk melakukan proofreading. Dengan strategi inilah konten kamu bisa semakin keren dan berkualitas!

Baca: Cara Membuat Hashtag Ampuh Untuk Marketing Online di Instagram

Jadi, kalau kamu melakukan hal ini, kamu yakin ga akan ada typo yang terjadi dalam tiap post kamu, Bro, Sis!

Selamat ya, kamu udah berada dalam step akhir dari bahasan kita kali ini. Nah, karena kamu udah melewati semua proses yang ada, kini tinggal giliran kamu buat kasih clients kamu laporan tentang apa yang udah kamu lakukan. Tentunya tentang strategi yang kamu gunakan untuk mengatur banyak akun Instagram dalam bisnis kamu di Instagram.

Berikan Laporan Pekerjaan mengatur banyak akun Instagram ini!

Nah, kini kamu tinggal tahap finalizing, Bro, Sis!

Jadi, setelah semua kerja keras tentang menagtur banyak akun Instagram ini, kamu tinggal menyerahkan smeua laporan ke clients kamu!

Dengan ini, kamu bisa menggunakan fitur Instagram analytic untuk menentukan keberhasilan strategi yang kamu gunakan. Tentunya, dengan hal ini juga, kamu akan bisa memberikan pencerahan pada diri kamu sendiri dan tim kamu untuk menetapkan strategi yang terbaik pada masa depan.

Inilah point penting yang musti kamu kasih garis bawah. Kamu ga perlu selalu kasih laporan setiap hari ke clients kamu. Hal terpenting adalah kamu bisa memberikan report seberapa besar pengaruh kamu terhadap apa yang udah kamu lakukan dengan mengatur banyak akun Instagram ini!

Mereka hanya butuh untuk mengetahui seberapa besar kontribusi konten kamu ke mereka, perubahan engagement yang meningkat, dan seberapa banyak akun itu udah berkembang!

Kamu bisa aja menggunakan Instagram insight untuk mengatur semua ini. Nah, dengan fitur ini, kamu bisa memperoleh metrsic yang bermacam-macam yang membantu kamu dalam proses perubahan engagement yang udah kamu hasilkan.

Kesimpulan

Wuuh, capek ya, Bro, Sis!

Instagram memang menyediakan kemudahan untuk bisnis di Instagram ini. Tapi kamu harus bisa memberikan solusi terbaik mengenai planning dan timing kalau kamu mengatur banyak akun Instagram sekaligus!

So, mungkin segini aja ya bahasan yang bisa kita kasih hari ini. Semoga bisa menambah pengetahuan kamu tentang bisnis Instagram dan membuat kamu menjadi lebih matang, Bro, Sis!

Nah, kalau kamu tertarik dan masih penasaran tentang Instagram ini, kamu bisa langsung ke halaman utama website kita. Kamu cukup klik link ini dan kamu bisa mendapatkan banyak banget referensi tentang Instagram disana!

So, yeah, Bye Bro, Sis!