Sukseskan Dirimu dengan Affiliate Marketing Online Instagram

affiliate marketing Instagram 2018

Buktikan Sendiri Untungnya menjadi affiliate marketing Instagram Online

Facebook mempunyai marketing yang sangat handal. Tapi, untuk masa sekarang ini, kamu hanya perlu menggunakan Instagram untuk menjadi affiliate marketing Instagram terbaru. Mengapa aplikasi ini sangat penting bagi mereka yang bergerak di affiliate marketing?? Ya, karena faktanya saja Instagram udah mempunyai lebih dari 400 juta pengguna aktif di seluruh dunia.

Apa artinya?? Bukannya sama aja ya Facebook dan Instagram ini??

Ya, memang. Dari segi pengguna, maka Instagram masih berada di bawah Facebook. Tapi, lihat bahwa Instagram adalah platform dan aplikasi yang khusus untuk konten foto dan video.

Untuk itulah, Instagram ini sangat berpotensi untuk menjadi platform yang terbaik dalam marketing, terutama untuk affiliate marketing Instagram online ini.

Nah, sebagai affiliate marketer ini, kamu punya beberapa tujuan kunci yang akan untuk mendatangkan traffic ke kamu! Caranya adalah menggunakan channel komunikasi dengan sangat efektif.

Melihat dan memperhatikan jumlah potensi customer yang ada di social media, maka ada banyak sekali peluang yang terbuka dalam masalah marketing ini.

Ya, Instagram saja sudah meninggalkan jauh para pesaingnya yaitu, Tumblr, Twitter, Snapchat, Pinterest dan LinkedIn dan Instagram sendiri sudah menjadi perhatian dalam niche dan market segments. Kesimpulannya, Instagram ini merupakan ladang untuk menimba uang online.

Cara mendapatkan Uang di Instagram

Banyak yang udah tau bahwa Instagram adalah raja da ratu yang bisa menghasilkan uang ribuan dollar per tahunnya. Bahkan ga sampe tahunan, tapi bulanan mereka juga bisa mendapatkan jumlah yang sangat besar. Hanya dengan menggunakannya sebagai ajang posting foto dan video terkeren!

affiliate marketing Instagram 2018

Bahkan, dipercaya juga bahwa selebritis dengan jumlah followers yang bisa mencapai lebih dari 10K atau 10 ribu, mereka bisa menghasilkan uang hingga 300 juta per tahun. Kalau kamu bingung seberapa banyak mereka mendapatkan uang sebulannya, maka kamu tinggal bagi dengan 12.

Ya, itu udah sekitar 20 juta per bulan lah! Itu hanya perlu upload foto dan video yang bahkan itu kalau menurut kita bukan kerja lho, Bro, Sis!

Nah, kira-kira kamu tau ga sih ada hal penting yang bisa kamu manfaatkan disini. Yaitu, mereka dibantu oleh yang namanya affiliate marketing Instagram yang khusus untuk membantu mereka dalam promosi.

Identifikasi Jumlah Pengguna Instagram dan Budget yang dimiliki

Instagram sendiri udah menyediakan fasilitasnya untuk membantu pengguna Instagram ini dalam mencapai kesuksesannya di bidang bisnis. Terutama tentang fitur-fitur Instagram di bidang bisnis yang udah dirilis beberapa tahap terakhir.

Jadi, intinya, kamu bisa menggunakan Instagram ini sebagai ladang penghasilan baik secara langsung maupun tidak langsung. Untuk penjelasan secara lengkap ada di bawah ini.

Cara langsung untuk mendapatkan uang di Instagram

Sebagai seorang Instagrammer atau pengguna sejati Instagram, kamu bisa manfaatkan aplikasi keren ini untuk sumber penghasilan lho, Bro, Sis! Cara nya macama-macam banget!

Pertama, kamu bisa menjual foto kamu untuk digandengan oleh beberapa perusahaan terkeren, baik secara lokal terlebih internasional. Strategi yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan perjanjian bahwa perusahaan ini harus membayar hanya untuk mendaatkan tag dari foto keren kamu itu!

Ya, kalau kamu perhatikan, strategi semacam ini kayak strategi Google Adsense lah! Ya, memang pada saat-saat seperti ini, kamu bisa saja meniru strategi yang sama dari platform yang berbeda!

Dengan kata lain, kalau kamu memilih Instagram untuk menjadi sumber penghasilan kamu secara langsung, maka kamu harus ikut campur dalam mendapatkan perhatian audience atau bahkan kamu juga bisa menjual foto ini.

Baca: Mengundang Customer dengan Kreativitas Konten Bisnis di Instagram

Pastinya, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan secara efektif dan berhasil untuk mendapatkan penghasilan yang sesuai dengan akun kamu di Instagram. Untuk itu, ikutin terus ini ya!

Cara Tidak Langsung Mendapatkan Uang di Instagram

Jika strategi pertama tentang menjual foto dan mentarget foto kamu untuk dilihat banyak viewer menurut kamu kurang menantang atau menarik, maka kamu bisa menggunakan cara tidak langsung untuk bisa mendapatkan uang. Jadi, kamu ga perlu menjual foto atau bahkan identitas brand kamu.

Caranya??

Ya, sabar dong! Dengan cara dan analogi yang sama dengan website untuk mendapatkan viewer hingga kamu bisa menjual produk dari supplier kamu, maka kamu bisa menggunakan kegiatan periklanan. Kamu bisa mendapatkkan traffic yang sangat besar dari Instagram kamu ini!

Pastinya, kamu bisa menggunakan hal ini untuk memacing viewer kamu ke website kamu sendiri atau website mereka yang kamu ajak bekerja sama.

Inilah startegi affiliate marketing Instagram yang bisa kamu coba untuk mengembangkan kesuksesan yang kamu jalankan untuk bisnis online kamu di Instagram.

Langkah gampang menghasilkan uang dari akun Instagram kamu

Ada beberapa metode yang bisa kamu gunakan untuk mengawali karir kamu di Instagram. Tapi, ayo kita bahas satu per satu aja ya biar ga bingung!

Tapi kamu musti inget bahwa semua hal yang kamu lakukan adalah tergantung pada tujuan kamu membuat akun Instagram ini! Biar lebih jelas lagi, ayo kita pelajari per bab nya!

Kumpulkan Uang dari foto kamu di Instagram

Kalau kamu adalah orang yang paling tertarik dengan bagian artistik, maka kamu bisa mencoba untuk menjual foto di Instagram yang udah kamu edit berdasarkan niche atau topic tertentu.

Kamu bisa menggunakan niche berupa kuliner, travel, blog, tutorial, dll. Nah, kalau kamu sekarang masih bingung dan ga bisa nentukan apa yang cocok buat niche, maka kamu bisa langsung search di Google dengan kata kunci situs stok foto.

Nih lagi ya, kalau kamu emang usaha buat Instagram yang bertahan lama dan memperoleh angka engagement yang tinggi, maka kamu harus membuat Instagram tersebut bisa merealisasikannya dengan cara menambahkan hashtag!

Gunakan Hashtag untuk Mendapat Like dan Followers

Foto-foto yang keren itu sangat penting memang untuk perkembangan Instagram kamu. Tapi kamu harus tau bahwa kamu juga perlu untuk menggunakan hastag pas untuk bisa menambah jumlah viewers kamu!

Pada dasarnya, Instagram udah kasih kamu update informasi tentang semua ini, yaitu bahwa Instagram bisa buat promosi akun kamu untuk dikenal banyak orang hanya dengan menggunakan hashtag ini!

Disini, ada 2 pendapat umum tentang hashtag ini. Ya, emang sih kamu harus pilih salah satu yang memang cocok banget buat foto yang kamu upload! Pastinya salah satu dari mereka bisa lebih baik dari 1 lainnya.

Pandangan pertama, kamu harus menggunakan banyak hashtag yang emang terkait dengan post kamu ini, yang mana bener-bener menjadi keyword utam dari apa yang kamu post. Beda banget dengan website, traffic ke Instagram kamu tergantung banget dari hashtag yang kamu gunakan di masing-masing foto.

Ada beberapa aplikasi dan tools yang bisa kamu gunakan untuk mencari hashtag ini secara efektif. Contohnya aja kamu bisa menggunakan All Hashtag dimana kamu bisa menggunakan keyword dengan jumlah yang fantastis, yaitu sekitar 30 hashtag hanya untuk sekali post foto atau video.

Nah, pendapat kedua ini lebih teori deh!

Pendapat yang berbeda dari hashtag ini bilang kalau kamu menggunakan hashtag yang banyak banget dalam post kamu, makan kamu akan keliatan kalau kamu emang butuh viewer. Jadi, kamu hanya perlu sisipin beberapa aja yang paling cocok dengan foto kamu itu.

Atau kalau gak, foto itu adalah kunci utama kamu bisa dapetin viewer kan?? Ya, mulai dari likes ke post kamu sampe mereka jatuh cinta denganmu dan bersedia menjadi followers kamu!

Untuk memilih hashtag, kamu harus tau strategi yang tepat. Untuk itu baca artikel kita tentang hashtag ini ya!

Baca: Cara Membuat Hastag Ampuh Untuk Marketing Online di Instagram

Gunakan Instagram untuk Menghasilkan Uang dari Link Affliate

Kalau dalam istilah blogging, kamu pasti sering banget kan ngomong tentang optimasi SEO untuk promosikan product kamu ke public. Nah, tapi walaupun kamu itu publisher buku atau blog atau bahkan seorang pengiklan, kamu bisa menggunakan Instagram ini lho!

Instagram untuk Affiliate Publisher

Instagram untuk akun publisher ini adalah jaringan baru yang bener-bener berpotensi menjadi besar. Ya, hanya riset dikit aja kamu udah bisa ko nemuin page yang emang menjadi target yang ga hanya buat kamu bisa promosi produk kamu kan??

Caranya gimana?

Ya, gampang aja. Kamu tinggal cari dan temukan cara bagaimana akun kamu itu bisa mendapatkan banyak followers yang ciri-ciri dan sifatnya sama dengan taget market yang kamu incer!

Kamu bisa aja ko gunakan fasilitas analitik kalau kamu mau. Analitik ini ga cuman buat kamu dan perusahaan kamu aja, kamu bisa bisa menggunakan analitik ini untuk perusahaan lain yang sama kayak perusahaan kamu itu.

Instagram untuk Iklan Affiliate

Instagram adalah tool dan platform yang kuat banget dan sebagai seorang affiliate iklan, kamu bisa menggunakan akun yang sukses ini untuk mendatangkan traffic ke halaman utama kamu di website. Atau bahkan kamu juga bisa menggunkannya buat website kamu sendiri lho!

affiliate marketing Instagram 2018

Aplikasi social media ini udah kasih kamu kesempatan buat track link yang kmau kasih di Bio Profile atau diskripsi dari masing-masing post. Sangat disarankan kalau kamu menggunakan link-link yang pendek (gunakan goo.gl) untuk mempertahankan integritas Brand kamu dan menghindari kesan brand kamu seperti kondisi depan toko.

Beranggapan bahwa kamu ini sedang menjual banyak banget produk, kamu bisa menyesuaikan hashtag dan foto yang tergantung banget dengan produk yang kamu promosikan. Dengan begini, kamu akan bisa menggunakan Instagram sebagai media yang fleksibel dan pastinya jauh lebih mudah daripada harus berurusan sama SEO.

Kalau akunya ga punya banyak followers atau traffic gimana dong??

Cara paling mudah dan cepat dan pastinya murah adalah membeli shout-out. Ini tempat dimana kamu bisa membanyar influencer yang lebih tinggi ranking nya, akun yang pastinya punya banyak banget followers dan pastinya punya banyak engagement dengan para followersnya itu. Tugas influencer ini hanya untuk nambahkan link yang udah kamu buat tadi ke halaman utama.

Kalau kamu bingung gimana caranya, kamu bisa langsung gunakan program Shoutcart dimana kamu bisa temuin akun yang sama dengan kamu dan pastinya punya followers yang akan menjadi customer kamu, Bro, Sis!

Atur Budget untuk Post tersponsor

Banyaknya followers yang harus kamu miliki ketika kamu langsung terjun ke post tersponsor adalah sekitar 1000 followers. Atau bahkan menurut Neil Patel, angka 5000 followers baru cukup buat kamu untuk terjun ke post sponsor ini.

affiliate marketing Instagram 2018

Nah, dengan begini, sudah pasti bahwa kamu ga perlu mengabaikan jumlah followers ini karena kamu memang butuh dan bener-bener perlu untuk mengembangkan hashtag dan juga konten yang pro banget. Kalau kamu udah bisa mencapai hal ini, kamu harus melakukan satu hal penting lainnya, yaitu mencari partner.

Step ini sangat riskan Bro, Sis! Kalau kamu udah menentukan bahwa kamu akan memiliki partner, tentunya kamu juga harus siap untuk menghapus semua brand yang ga sesuai dengan niche kamu. Contoh ya, jika kamu milih fokus di iGaming, kamu ga boleh jual teh pelangsing ya, Bro, Sis!

Aspek paling penting yang bisa kamu pertimbangkan kalau kamu mencari media partner adalah kamu harus bisa mendapatkan followers yang emang sejalan dengan bisnis kamu di Instagram ini. Lagi, kalau kamu mau menjual konten bersponsor, pastikan foto yang kamu gunakan juga ada hubungannya ya.

Beli Followers, Perbanyak Post dan Gunakan strategi Instagram lainnya

Aplikasi followers dan cara-cara atau trik Instagram lainnya inilah yang harus digali setelah ini. Hal ini sangat diperhatikan perusahaan dan brand untuk mengethaui seberapa populer kamu di Instagram dan seberapa banyak kamu bisa menghasilkan engagement!

Bukannya semua point di Instagram itu emang untuk engagement ya??

Ya. Tapi kita lihat. Jika kamu udah beli followers sebanyak 5K atau 5000 followers dan kamu hanya mendapat sedikit engagement, itu artinya kamu sama dengan bunuh diri!

affiliate marketing Instagram 2018Ya kalau kita perhatikan jumlah engagement suatu akun bisa aja dihitung dengan cara (likes+comments)/jumlah followers X 100%.

Nah, kalau kamu udah punya banyak banget followers (beli) terus kamu tidak mendapatkan like dan comment yang sebanyak itu juga, maka pengguna Instagram lainnya akan curiga bahwa kamu punya followers bots atau followers palsu!

Jadi, pastikan bahwa kamu bisa mendapatkan like dari followers yang kamu beli itu. Minimal bisa tembus 60% itu sudah bagus, Bro, Sis!!

Ya, ya ya. Kamu masih bisa melakukan banyak hal tentang affiliate marketing Instagram. Tapi, kalau kamu bingung dan bertanya-tanya tentang bagaimana dan seberapa greget sih cara dan metode dalam mencari uang ini, kamu bisa memperhatikan followers kamu terlebih dulu!

Gunakan Instagram Analytics

Setelah menggunakan beberapa strategi dan cara, langkah terakhir yang perlu kamu lakukan adalah dengan menerapkan proses analisa dari Instagram ini sendiri.

Karena Instagram ini sengaja tidak menyediakan fitur ini, maka satu-satunya jalan adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ya, rata-rata sih bayar ya kalau aplikasi analytic.

affiliate marketing Instagram 2018

Kegunaan dari Instagram Analytic ini adalah tentunya untuk membuat kamu bisa tracking strategi yang udah kamu lakukan. Dengan cara check jumlah engagement dari stratefi yang berbeda tiap post. Jika kamu udah menemukan strategi yang sangat pas, maka gunakan secara konsisten ya, Bro, Sis!

Baca: Aplikasi Paling Populer untuk Instagram Analytic 2018!

Kesimpulan

Ya, memang bisnis Instagram ini sangat ribet. Tapi kamu juga perlu tau bahwa kamu sangat diuntungkan kalau kamu berhasil menjadi affiliate marketing Instagram ini karena kamu udah bisa menjadi salah satu peran di bisnis Instagram walaupun tidak langsung.

Dengan begini, kamu harus tau sesuatu dulu sebelum kamu memulai menjadi affiliate marketing Instagram. Inilah beberapa syarat tersebut:

  • Pilih identitas kamu dengan benar dan konsisten
  • Gunakan dan telitilah dulu dengan menggunakan research jika kamu bermain dengan hashtag!
  • Kerja sama dengan partner yang memiliki niche yang sama ya!
  • Pelajari kompetitor kamu dan catet baik-baik!

Never try, never gain!

Bro, Sis! Akhirnya kita rasa begini aja ya bahasan kita kali ini tentang affiliate marketing Instagram ini. Makasih banget udah mau baca.

Jangan lupa kamu harus punya banyak followers dan engagement kalau kamu mau sukses menjadi affiliate marketing Instagram ini. Jadi, kita saranin deh buat kamu langsung ke halaman utama kita di Followersindo untuk bisa mendapatkan jumlah followers yang banyak dan berkualitas!