7 Alasan Utama Instagram untuk Bisnis

7 Alasan Utama Instagram untuk Bisnis Online
7 Reason Instagram for Business

Berani Buktikan 7 Alasan Utama Instagram untuk Bisnis ??

Hello, Bro, Sis! Udah marak banget ya yang namanya bisnis online. Disini pebisnis ga lagi pake strategi iklan-iklan jadl lewat TV, radio, dll. Tapi mereka lebih milih buat iklan di social media. Kayak Facebook, Twitter, WhatsApp, dan yang paling trend sekarang adalah Instagram! Tau ga sih kamu apa aja 7 Alasan Utama Instagram untuk Bisnis yang mereka pikirkan??

Fakta Tentang Instagram

Instagram ini udah menjadi favourite dan aplikasi wajib yang musti dimiliki hampir semua kalangan. Faktanya, sampe tahun 2018 terakhir, penggunanya udah mencapai 300 juta! Dan pihak Instagram juga menyatakan kalau tiap harinya ada sekitar 289 juta pengguna aktif!

Ditambah lagi, mereka begitu aktif dalam interaksi dan engagement, Bro, Sis! Tercatat dalam statistic yaitu sebanyak 150 juta post dilakukan pengguna tiap harinya! Wow!

Kalau kamu jeli banget, pasti fakta kayak gini buat kamu tersenyum bahagia! Alasannya sederhana banget, Bro, Sis!

Pengguna Instagram atau Instagram users itu responsive banget! Dengan statisitic yang segitu besar masalah engagement, ini bisa jadi kesempatan buat kamu yang mau kembangin bisnis online kamu!

Tentunya ada beberapa hal yang musti kamu pertimbangin dulu. Karena menurut kita pribadi, ga semua usaha bisa menjadi trending di Instagram.

Fame atau ketenara Brand kamu tergantung banget sama jenis bisnis kamu, tujuan atau goal, dan yang pasti viewers atau customers kamu, bro, Sis!

Nah, karena itulah, disini kita akan bahas 7 Alasan Utama Instagram untuk Bisnis yang bisa kamu pakai referensi.

7 Alasan Utama Instagram untuk Bisnis ini sengaja kita ringkasin buat kamu dari beberapa perusahaan ternama di dunia. Tentunya dalam bidang online marketing!

Kira-kira udah siap belum nih?? Haha… 😀

Kalau udah, langsung aja kita mulai yaa…

Alasan Utama Instagram untuk Bisnis

Ini adalah sekedar referensi yang bisa kamu pilih dan pikirkan. Dengan membaca 7 Alasan Utama Instagram untuk Bisnis ini, kita harap banget kamu bisa milih bisnis yang tepat buat kamu di Instagram. Sekaligus, juga bisa untuk menentukan apakah kamu mau gunakan Instagram sebagai senjata online marketing kamu!

1. Instagram bukan cuman Trending

Instagram bukan suatu trending topic yang tiap orang mau bicara. Tapi lebih dari itu. Faktanya, Instagram kini udah punya sekitar 300 juta pengguna aktif dan sekitar 250 juta post tiap harinya!

Ini adalah bukti kalau Instagram itu udah dipake cepet sekali sama pengguna atau usersnya. Ditambah lagi, algoritma Instagram itu sendiri yang unik banget!

Semua yang kamu post di Insta Story kamu akan otomatis bisa diliat followers kamu, bro, Sis! Plus, ada sekitar 65% dari 100 Brand raksasa di dunia mangkal di Instagram.

So, Instagram buka tempat nongkrongnya anak bayi, bro, Sis!

2. Marketing secara Visual

Sejak tahun 2014, marketing yang paling gencar adalah visual marketing, Bro, Sis! Hampir semua social media raksasa udah melakukan beberapa perubahan algoritma dan fitur khusus untuk memperbanyak konten visual.

Dan memang bener. Konten Visual bener-bener menjadi lebih dan lebih penting, Bro, Sis! Ini peluang besar bagi pengguna Instagram. Alasannya, Instagram adalah tempat dimana kamu bisa membuat dan berkreasi konten visual dengan kualitas terbaik.

Baca: Tips baru! Cara Mengembangkan Tema Visual Untuk Akun Bisnis Instagram

Instagram juga memfasilitasi kamu untuk post foto dan video yang bisa kamu share ke social media lain. Plus, kamu juga bisa embed konten kamu di Instagram ke website dan blog kamu pribadi lho, Bro, Sis!

3. Tingkatkan Brand

Hampir semua orang suka banget Instagram karena ada fitur khusus buat edit foto sebelum post. Fitur ini telah menjadi alternative kamu buat menyampaikan kesan yang di luar konotasinya, Bro, Sis!

Filter di Instagram juga bisa buat kamu tingkatkan kualitas Brand kamu. Contohnya, kalau kamu ada post foto yang keliatan otentik, kamu bisa gunakan filter buat tambah efek antik, Bro, Sis! Atrau kamu juga bisa gunakan fitur vignettes untuk highlight subjek yang kamu post!

Kalau kamu udah post foto-foto modern, kamu juga bisa pilih filter yang bisa buat post kamu makin keren, Bro, Sis! Contohnya, kamu bisa pilih warna yang lebih terang. Plus, kamu juga bisa pilih garis-garis modern yang keliatan kekinian banget.

Foto-foto dan video juga bisa jadi indikator siapa kamu sebenernya, Bro, Sis! Maksudnya bisa jadi ciri khas perusahaan kamu.

Disini ada behind-the-scenes foto atau justru before-after foto, bisa jadi menarik banget buat viewers dan followers kamu, Bro, Sis! Mereka akan membuat kesan kalau kamu ini beda banget! Karakter kamu dan perusahaan kamu kuat banget, Bro, Sis!

4. Bukan cuman buat Perusahaan Produk

Kebanyakan orang sih mikirnya kalau Instagram itu cuman buat bisnis produk. Iklan yang ada di Instagram itu cuman milik perusahaan yang menawarkan produk. Bukan jasa!

Bener?

Salah, Bro, Sis! Nyatanya, kita sebagai salah satu perusahaan jasa juga bisa broadcast lewat Instagram.

Emang sih perusahaan produk punya lebih banyak foto yang buat mereka iklan produk mereka. Tapi bukan berarti perusahaan jasa ga punya tempat di Instagram, Bro, Sis!

Salah satu sumber menyebutkan bahwa ada banyak banget Brand yang bisa kamu contoh. Semua Brand tersebut adalah Brand jasa, bukan produk.

Perusahaan jasa juga bisa berbuat banyak di Instagram. Bedanya, kalau perusahaan jasa haru lebih informative dan kreatif dalam membuat tiap post.

Aslinya, semua foto itu bisa menjadi dokumentasi kegiatan perusahaan jasa dan produk. Terutama untuk perusahaan jasa, share aja foto-foto kegiatan perusahaan kamu. Foto dimana klien kamu berada, kota yang kamu kinjungin, bangunan fisik perusahaan kamu, dll.

Sekali lagi, cuman butuh kreatifitas yang lebih buat perusahaan jasa untuk tiap post. Atau kamu juga bisa gunakan alternative ini. Buat aja video pendek untuk menjelaskan jasa dan menjawab pertanyaan dari clients.

5. Ramah Lingkungan

Ramah lingkungan disini bukan berarti sesuatu yang ga berdampak ke lingkungan, Bro, Sis! Lebih tepatnya kita mau sebut ini “marketer friendly”.

Ga kayak perusahaan social media lain, Instagram ini beda banget. Dari segi algoritma, Instagram ga menggunakan Edgerank atau algoritma lain buat menentukan audience atau viewers kamu.

Maksudnya, tiap post akan bisa ditampilkan di Insta Story dan masih aktif di Gallery kamu yang bisa kamu akses suatu saat.

Nah, kabar baiknya juga, Instagram ini menjaga privasi banget. Khususnya buat percakapan antara customers dan pihak perusahaan.

Kabar bagus ini ditunjang oleh fitur DM atau Instagram Direct Message. Maksudnya, customers bisa langsung chat secara personal ke pihak perusahaan tanpa harus diketahui orang lain.

Lebih jauh lagi, ada iklan perkenalan yang memfasilitasi tiap perusahaan untuk bisa mencapai target dan bahkan lebih dari itu.

Instagram juga responsive banget, Bro, Sis! Karena udah kita jelaskan bahwa engagement itu penting banget bagi perusahaan, Instagram lah yang jadi alternative. Perusahaan bisa langsung berinteraksi dengan audiencenya.

6. Tingkatkan Bisnis dan Traffic

Jelasnya, tujuan utama dari social media adala buat mempercepat pertumbuhan traffic ke bisnis. Beberapa perusahaan produk dan jasa mengaku mereka bisa mendapatkan traffic yang besar banget lewat Instagram.

Mungkin social media yang paling banyak digunakan untuk masalah ini adalah Facebook, Twitter, Linkdln, Google+ dll. Alasannya, mereka menyediakan tempat untuk kasih link dekripsi untuk tiap post.

Instagram sendiri juga menyediakan fitur ini. Tapi bedanya, Instagram cuman kasih kamu 1 spot untuk ini. Yaitu di Bio Profile.

Jadi, kamu musti gunakan kesempatan ini secara bijak, Bro, Sis!

Yang musti kamu inget cuman 1 Bro, Sis! Kamu musti kasih link yang tepat buat orang-orang itu sesuai tujuan. Maksudnya, entah kamu mau buat link itu mengacu ke blog, landing page, atau yang lain, yang pening tepat sasaran.

Untungnya, kamu bisa mengganti-ganti link itu, bro, Sis! Jadi, kamu tinggal menyesuaikan dengan post yang kamu baru update!

7. Track Analisa

Selain tempat buat iklan, Instagram juga sediakan buat kamu biar bisa track bisnis kamu. Di Instagram sendiri sih ga ada fitur buat fungsi ini. Tapi untungnya, kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi.

Baca: Aplikasi Paling Populer untuk Instagram Analytic 2018!

Nah, dari beberapa itu kamu bisa memilihnya dan menjadikan referensi.

Kesimpulan

Dari beberapa keunggulan Instagram yang baru kita ulas, kita saranin mulai sekarang ubah pikiran, Bro, Sis!

Maksud kita adalah manfaatkan apapun yang kita punya. Terutama akun social media kita.

Menguntungkan banget kan misalnya punya akun social media dan bisa menghasilkan uang secara Cuma-Cuma. Apa lagi, kalau kamu bisa mengelola dan mengembangkan bisnis online ini, Bro, Sis!

Dan mulai sekarang, tentukan apa jenis perusahaan yang kira-kira jadi passion kamu, Bro, Sis! Yang tentunya juga bisa dimaksimalkan dengan Instagram!

Okay, deh. Kita rasa pembahasan kita soal 7 Alasan Utama Instagram untuk Bisnis ini cukup dulu ya. Kalau kamu punya pertanyaan atau ada sesuatu yang kamu kurang ngerti, kamu bisa langsung isi kolom comment di bawah ya…

Buat kamu yang suka konten kayak gini, terutama bisnis online di Instagram, kamu bisa langusng kunjungin website utama kita. Click aja link ini Bro, Sis!

Bye, Bro, Sis! Thanks…